Comscore Tracker

5 Adab yang Mesti Kamu Jaga ketika Ingin Curhat ke Teman

#IDNTimesLife Jangan sampai merepotkannya

Kalau lagi ada masalah, curhat ke teman bisa jadi solusi ampuh yang bikin perasaan lebih lega. Daripada dipendam sendiri, menceritakan persoalanmu pada sahabat kan bisa meringankan beban, sekaligus mendapatkan sudut pandang lain sebagai bahan pertimbangan. Tapi meskipun kalian berdua terbilang akrab, tetap saja kamu gak boleh bersikap seenaknya, ya. 

Kamu wajib memegang kelima adab berikut tiap kali akan curhat ke dia. Bukannya apa-apa, namun harus diingat bahwa posisinya kamu yang sedang butuh pertolongan. Jangan sampai niatmu yang sekadar mau berbagi cerita ini, malah jatuhnya jadi merepotkannya, ya. Lalu adab apa saja yang harus diterapkan itu? Kalau penasaran, simak ulasannya di bawah ini, yuk! 

1. Tanyakan dulu apakah dia punya waktu luang atau tidak

5 Adab yang Mesti Kamu Jaga ketika Ingin Curhat ke TemanPexels.com/Eren Li

Pertama-tama pastikan dulu temanmu ini punya waktu sengang atau tidak. Jangan malah menyempil di sela-sela waktu sibuknya. Misalnya saja pada jam makan siang. Memang saat itu dia longgar, tapi masa iya waktu istirahat kantor yang cuma beberapa jam itu mau kamu ambil alih juga?

Jadi lebih baik buat janji dulu dengannya. Atur waktu kapan sekiranya kalian sama-sama luang. Kan, jadinya lebih santai dan gak harus terburu-buru juga.  

2. Sebisa mungkin kamu yang mendatangi dia bukan sebaliknya

5 Adab yang Mesti Kamu Jaga ketika Ingin Curhat ke TemanPexels.com/cottonbro

Sekali lagi perlu diingat bahwa posisinya sekarang kamu yang sedang butuh bantuan. Jadi sebisa mungkin jangan sampai membuat temanmu kerepotan. Makanya, ada baiknya kamu yang mendatangi dia, bukan sebaliknya.

Kalaupun kalian janjian bertemu di cafe, misalnya cari lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya. Gak masalah kamu yang harus menempuh perjalanan dua kali lipat lebih jauh. Daripada harus membuat temanmu kesusahan. 

3. Batasi waktu curhatmu sendiri, jangan terlalu lama

5 Adab yang Mesti Kamu Jaga ketika Ingin Curhat ke TemanPexels.com/Evelina Zhu

Meskipun seringnya kalau sudah asik curhat kamu suka lupa waktu, tapi sebaiknya tetap batasi diri sendiri, ya. Gak boleh menyita waktunya terlalu lama, apalagi sampai membuat temanmu harus pulang larut malam.

Sejak awal tetapkan sendiri berapa lama sesi curhat ini. Bila dirasa sudah cukup, ya jangan dilebih-lebihkan. Ingat, mau meluangkan waktu bukan berarti temanmu gak ada kesibukan lain, ya. Memang dia diam saja karena takut kamu tersinggung. Makanya, kamu yang harus sadar diri dan bisa mengontrol diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuatmu Kesulitan Menemukan Teman Curhat yang Pas

4. Ketika temanmu memberi masukan dan nasihat, dengarkan jangan langsung menyangkalnya

5 Adab yang Mesti Kamu Jaga ketika Ingin Curhat ke TemanPexels.com/Cliff Booth

Di sela-sela obrolan kalian, pasti temanmu akan memberikan tanggapan berupa nasihat atau masukan. Jangan lantas menyangkal bahkan sampai mengabaikannya, tapi dengarkan saja dulu kata-katanya.

Ini bukti, lho bahwa temanmu itu benar-benar memperhatikan dan mendengar dengan seksama apa yang kamu sampaikan. Hargai dia dengan cara menyimak balik, apa yang ingin disampaikannya. Siapa tahu, kan dari situ kamu jadi menemukan solusi untuk masalahmu. 

5. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepadanya

5 Adab yang Mesti Kamu Jaga ketika Ingin Curhat ke TemanPexels.com/Andrea Piacquadio

Setelah sesi curhatmu selesai, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih yang tulus kepadanya. Bagaimana pun juga, temanmu ini telah meluangkan waktu dan energinya untuk mendengarkan keluh kesahmu, lho.

Masa iya, kamu pamit begitu saja tanpa mengatakan terima kasih sama sekali, sih? Dengan berterima kasih, temanmu akan merasa lebih dihargai, lho. Jangan heran kalau suatu saat nanti kamu butuh teman curhat lagi, dengan tangan terbuka dia akan sangat senang mendengarkannya.

Meskipun kadang curhat itu dianggap sebagai aktivitas yang lumrah dan biasa-biasa saja, ternyata penting untuk tetap menjaga adabnya, ya. Jangan sampai, yang tadinya hubunganmu dengan teman baik-baik saja, usai kamu curhat kepadanya malah berubah jadi dingin. Hanya karena kamu lalai menjaga sikap. Yuk, mulai sekarang biasakan untuk menerapkan kelima adab di atas tiap kali ingin curhat ke teman. 

Baca Juga: Harus Jadi Pendengar, 5 Tindakan Gak Sopan Ketika Teman Lagi Curhat

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya