Comscore Tracker

Meski Bikin Jengkel, 5 Sikap Ini Justru Membuktikan Dia Sahabat Sejati

Dia gak segan menegur dengan keras saat kamu berbuat salah

Menurutmu sahabat sejati itu seperti apa? Apakah yang sudah saling mengenal sangat lama atau dia yang paling mengerti kamu luar dan dalam? Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau yang namanya teman dan sahabat itu punya porsi yang berbeda. Belum tentu temanmu bisa disebut sahabat, meskipun kalian sudah akrab sejak kecil. 

Lalu teman yang seperti apa dong, yang layak disebut dengan sahabat? Nah, meskipun kadang bikin jengkel, tapi lima sikap berikut justru jadi bukti kalau dia adalah sahabat sejati untukmu. Biar gak penasaran, cek artikelnya di bawah ini yuk!

1. Jangan harap dia membela ketika kamu berbuat salah, justru temanmu ini akan memaksamu minta maaf

Meski Bikin Jengkel, 5 Sikap Ini Justru Membuktikan Dia Sahabat Sejatiunsplash/Roberto Nickson

Misalnya nih, kamu lagi berantem sama pacar gara-gara dia menolak mengantarmu belanja. Padahal kamu sendiri tahu pacarmu sedang sibuk dengan pekerjaannya. Saat mengadu ke temanmu ini, bukannya didukung dan dibela kamu justru dimarahi habis-habisan olehnya. Bahkan dia sedikit memaksa kamu buat minta maaf ke pacar. 

Kesel sih, kan mau curhat eh kok malah dia belain pacar kamu. Kamu sampai mikir sebenarnya teman dia itu kamu atau cowokmu nih! Tenang, sebelum terlanjur emosi coba pikirkan lagi deh. Memang yang dia sarankan itu ada benarnya, lho. Bukan membela pacarmu, tapi menurutnya tindakanmu itu sudah kelewatan dan kekanak-kanakan. 

2. Dia selalu terus terang jika merasa tersinggung dan gak enak hati akan ucapan atau tindakanmu padanya

Meski Bikin Jengkel, 5 Sikap Ini Justru Membuktikan Dia Sahabat Sejatiunsplash/Obie Fernandez

Biasanya orang memilih diam dan pura-pura tidak masalah ketika perasaannya disinggung oleh orang lain. Padahal dalam hati sih ingin sekali marah dan membalas. Beda cerita kalau dia adalah sahabat sejatimu. Jika tersinggung oleh ucapan atau tindakanmu, gak perlu pikir panjang lagi dia bakal mengatakannya dengan jelas. 

Kadang itu sempat membuat kalian bersitegang. Kamu merasa tidak sengaja melukai perasaannya, sementara dia hanya ingin membela harga dirinya. Selain itu, sahabatmu ini juga mau memberimu pelajaran, lho. Jangan sampai karena ucapanmu yang kadang tak terkontrol, orang lain jadi tersinggung. Sehingga itu membuat kamu dibenci banyak orang. 

3. Temanmu ini sangat senang memberikan kritik, tapi anehnya meskipun bikin jengkel tapi masukan dia banyak benarnya lho

Meski Bikin Jengkel, 5 Sikap Ini Justru Membuktikan Dia Sahabat Sejatiunsplash/Taisiia Stupak

Boleh dibilang sahabatmu ini merupakan kritikus yang handal. Mulutnya pedas dan gak jarang kamu suka dibikin down dengan ucapannya, ketika mengomentari sikap dan penampilanmu. Contohnya saat kamu keluar malam dengan pakaian minim, dia akan mengritisimu secara sadis. 

Tapi meskipun sakit hati oleh penilaiannya kamu sadar juga, bahwa apa yang dia bilang selalu benar dan demi kebaikanmu pula. Alhasil, walau sambil marah-marah kamu tetap mengganti pakaianmu dengan yang lebih santun. 

Baca Juga: Seperti Sahabat, 9 Potret Kedekatan Para Artis dan Asisten Pribadinya

4. Jarang sekali dia memberimu pujian, tapi sekalinya kamu memperoleh prestasi dia adalah orang pertama yang turut bangga kepadamu

Meski Bikin Jengkel, 5 Sikap Ini Justru Membuktikan Dia Sahabat Sejatiunsplash/Omar Lopez

Banyak teman-teman di sekitarmu yang hobi memberikan pujian. Seperti mengatakan kamu cantik, baik, pintar dan lain sebagainya. Beda cerita sama sahabatmu ini, dia bahkan hampir gak pernah memujimu terang-terangan. Ini karena dia tahu betul, kamu gak memerlukan sanjungan yang sifatnya basa-basi. Ukuran kecantikan kan relatif, apalagi pintar dan baik. 

Tetapi sekalinya tahu kamu memperoleh prestasi, dia termasuk orang pertama yang mengaku ikut bahagia dan bangga terhadapmu. Baru deh, pujian-pujian itu bakal meluncur dari bibirnya. 

5. Meskipun sudah berusaha tegar, tetap saja kamu gak bisa menyembunyikan kesedihanmu darinya

Meski Bikin Jengkel, 5 Sikap Ini Justru Membuktikan Dia Sahabat Sejatiunsplash/Andreea Pop

Di saat kamu sedang ada masalah yang cukup berat, terkadang justru ingin menyembunyikan kesedihan dari orang-orang di sekitarmu. Kamu tetap tampil ceria di depan mereka dan berlagak seolah baik-baik saja. Padahal hatimu sedang tersakiti dan pikiranmu kacau balau saat ini. 

Orang lain sih boleh saja kamu tipu, tapi tidak bagi sahabat karibmu ini. Sampai jengkel deh rasanya main drama-dramaan dengannya. Karena dia selalu bisa menebak isi hatimu seperti apa. Meskipun kesal karena ketahuan lagi ada masalah, tapi pada akhirnya kamu bakal terbuka dan berkeluh kesah padanya. Sebagai sahabat dia juga selalu pasang badan untuk membantumu sebisanya. Salut deh sama persahabatan kalian! 

Ternyata meskipun suka bikin jengkel tapi apa yang dilakukan sahabatmu selama ini semata-mata demi kebaikanmu juga. Kalau sebelumnya kamu masih suka kesal sama olahnya itu, mulai sekarang coba lebih membuka pikiran dan mengesampingkan emosi, ya! Kamu beruntung, lho memiliki sahabat yang begitu peduli padamu layaknya saudara sendiri. 

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Dimiliki Sahabat Ini Bisa Kamu Tiru & Terapkan Lho!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya