Comscore Tracker

5 Cara Menunjukkan Penyesalan Buatmu yang Sulit Meminta Maaf

Jangan sampai orang menganggapmu sombong ya

Tak semua orang punya nyali yang besar untuk meminta maaf atas kesalahan yang diperbuatnya. Ada pula beberapa orang yang sulit mengucapkan maaf, meskipun di dalam hati dia mengakui kesalahannya. Meskipun kamu termasuk salah satu orang yang berat berkata maaf, tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menebus kesalahan yang telah kamu perbuat. 

Misalnya dengan lima cara berikut ini. Dengan melakukan kelimanya bisa jadi niat baik untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar menyesal. Yuk segera praktikkan!

1. Tetap baik padanya meskipun dia bersikap dingin kepadamu

5 Cara Menunjukkan Penyesalan Buatmu yang Sulit Meminta Maafpexels/Elijah O'Donnell

Pertama-tama kamu harus tetap bersikap baik padanya. Bukan berarti menganggap seperti gak pernah terjadi apa-apa ya. Tapi mencoba untuk mengambil kembali hatinya yang sempat kamu lukai.

Walaupun dia membalasnya dengan sinis atau dingin, jangan sampai kamu terbawa emosi. Anggap ini sebagai hukuman karena kamu telah mengecewakannya. Percaya deh, cepat atau lambat dia juga akan luluh dengan kebaikanmu kok.

2. Berikan hadiah secara spontan tapi jangan terlihat seperti menyuap

5 Cara Menunjukkan Penyesalan Buatmu yang Sulit Meminta Maafpexels/Vlada Karpovich

Tak perlu menunggu dia berulang tahun, berikan hadiah secara spontan meskipun gak ada momen spesial. Kamu bisa basa-basi ingin membeli baju itu karena ada diskon buy one get one, dan kamu langsung ingat padanya. Tapi kamu harus berhati-hati ya, jangan sampai niat baikmu ini disalah artikan sebagai suap, lho. 

Baca Juga: 5 Alasan yang Bikin Kamu Gak Perlu Minta Maaf dalam Urusan Asmara

3. Ketika dia kesulitan jadilah orang pertama yang menawarkan bantuan

5 Cara Menunjukkan Penyesalan Buatmu yang Sulit Meminta Maafpexels/Andrea Piacquadio

Ini adalah kesempatan emas bagimu, begitu tahu dia sedang ada masalah jangan ragu untuk menawarkan bantuan. Jadilah orang pertama yang terlihat paling peduli padanya. Meskipun awalnya ragu-ragu, tapi berkat kegigihanmu pada akhirnya dia akan menceritakan masalahnya ke kamu. Nah, kalau sudah begitu, itu artinya dia gak marah lagi dan bisa menerimamu kembali sebagai temannya seperti dulu. 

4. Berikan pujian atas prestasi atau kerja keras yang dia lakukan

5 Cara Menunjukkan Penyesalan Buatmu yang Sulit Meminta Maafpexels/cottonbro

Meskipun kelihatannya seperti sedang peres, namun gak ada salahnya memberikan pujian atas prestasi yang dia dapatkan. Misalnya dia baru saja memenangkan kompetisi matematika tingkat nasional. Berikan ucapan selamat yang tulus sebagai teman. Dengan begitu dia akan merasa diperhatikan olehmu. Lagi pula, siapa sih yang gak senang dipuji?

5. Jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama kedua kalinya

5 Cara Menunjukkan Penyesalan Buatmu yang Sulit Meminta Maafpexels/mentatdgt

Terakhir, setelah kamu mulai mendapatkan kepercayaannya lagi dan situasinya kembali normal, ingat baik-baik untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Pastikan dia percaya kamu sudah jera dan tidak akan coba menyakitinya lagi. 

Meskipun permintaan maaf gak pernah keluar dari mulutmu, namun dengan menunjukkan kelima iktikad baik tadi dia akan merasa kamu sedang menyesali perbuatanmu dan ingin mendapatkan maaf darinya. Gimana, layak dicoba kan?

Baca Juga: 5 Alasan Penting Tetap Minta Maaf meski Kamu Gak Merasa Salah  

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya