Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Mencintai Diri Sendiri, Terapkan dari Sekarang

#IDNTimesLife Buat dirimu berharga

Jika ditanya siapa orang yang paling kamu cintai di dunia ini, jawabannya pasti orangtua, saudara, sahabat, pacar, suami atau istri. Jarang banget menjawab dirimu sendiri. Ya, memang orang terdekat itu penting dan pantas dicintai, tapi dirimu juga gak kalah pentingnya, lho. 

Justru yang paling utama itu kamu mesti memperhatikan kebutuhanmu dulu. Baru, deh mencintai orang lain akan terasa lebih mudah. Tidak sulit kok mencintai diri sendiri, kamu bisa menerapkan kelima cara sederhana di bawah ini. Coba, yuk buat dirimu semakin berharga. 

1. Berhenti merendahkan diri di depan orang lain

5 Cara Sederhana Mencintai Diri Sendiri, Terapkan dari SekarangPexels.com/Tim Douglas

Selama ini kamu lebih suka merendahkan diri di depan orang lain. Niatnya memang supaya tidak jadi orang sombong dan bisa menghargai mereka saja, sih. Tapi bila dibiasakan jatuhnya kamu malah seperti tidak menghargai diri sendiri, lho.

Padahal bisa saja kamu punya kemampuan yang setara atau lebih besar dari mereka. Bersikap rendah hati boleh saja, tapi gak perlu sampai segitunya, ya. Kamu juga pantas dihargai, kok selama sikapmu tidak merugikan orang lain. 

2. Jangan malas merawat diri dan menjaga kesehatan

5 Cara Sederhana Mencintai Diri Sendiri, Terapkan dari SekarangPexels.com/cottonbro

Merawat diri adalah hal wajib, tapi masih sering diabaikan oleh banyak orang. Salah satunya kamu. Bukan cuma membeli skincare dan bodycare saja, lho. Bentuk perawatan diri juga melingkupi gaya hidup yang sehat. Tidak merokok, menghindari minum minuman keras, berolahraga dan makan makanan bergizi.

Ayo ngaku, pasti sampai saat ini kamu masih suka abai dengan kesehatan, kan? Makanya, mulai sekarang cintai dirimu sendiri dengan lebih peduli dengan kesehatan. Tidak hanya dari luar tapi juga dari dalam. 

3. Gak boleh pelit pada diri sendiri. Beli sesuatu yang kamu inginkan sebagai reward atas kerja kerasmu

5 Cara Sederhana Mencintai Diri Sendiri, Terapkan dari SekarangPexels.com/Andrea Piacquadio

Setiap hari kamu sudah bekerja keras, banting tulang dari pagi sampai malam hari. Kadang juga mesti lembur hingga larut malam. Tapi, kok rasanya kamu belum menikmati hasil jeri payahmu tersebut, ya? Sebab sebagian besar gajimu habis untuk membiayai kebutuhan rumah dan makan sehari-hari. Belum lagi beberapa cicilan yang harus dipenuhi tepat waktu.

Sekali-kali coba, deh manjakan dirimu. Beli beberapa barang yang memang kamu taksir dari lama. Gak masalah, kok menghabiskan sebagian penghasilanmu untuk belanja. Jadikan itu sebagai reward atas kerja kerasmu selama ini. 

Baca Juga: Ini 6 Hal tentang Self-love yang Kurang Dipahami Orang, Bukan Egois

4. Jika ada yang berkata buruk tentang dirimu jangan sekali-kali dimasukkan ke dalam hati

5 Cara Sederhana Mencintai Diri Sendiri, Terapkan dari SekarangPexels.com/Gabby K

Hidup bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat akan membuatmu bertemu dengan banyak tipe orang. Ada yang baik ada pula yang suka nyinyir. Seburuk apa pun perkataan mereka padamu, selama itu gak sesuai dengan fakta, ya gak usah diambil pusing apalagi dimasukkan ke dalam hati. Toh, orang-orang terdekat yang benar-benar mengenalmu juga tahu yang sebenarnya. 

Terlalu memikirkan pendapat orang membuatmu jadi abai pada kesehatan mental. Seolah-olah semua penilaian mereka harus kamu terima mentah-mentah. Memang kamu gak akan sanggup menutup mulut setiap orang, tapi kedua tanganmu bisa menutup telingamu. Demi kebaikan dirimu sendiri, jangan sedikit-sedikit omongan orang diambil hati, ya. 

5. Jangan berhenti belajar dan perkaya dirimu dengan banyak pengetahuan

5 Cara Sederhana Mencintai Diri Sendiri, Terapkan dari SekarangPexels.com/Liza Summer

Belajar itu tidak hanya dilakukan di bangku sekolah saja. Mentang-mentang sudah lama lulus kuliah dan kini bekerja, kamu merasa gak perlu lagi memperkaya diri dengan ilmu baru. Padahal selagi masih muda, kamu punya banyak kesempatan untuk memperkaya diri dengan pengetahuan.

Sayang, lho kalau kemampuan yang kamu miliki hanya sebatas itu-itu saja. Percayalah, dirimu itu jauh lebih hebat dari yang sekarang, kalau mau terus belajar. Mencintai diri sendiri juga berarti bahwa kamu mau membentuk dirimu menjadi sosok yang punya nilai di tengah masyarakat, lho. 

Ternyata mencintai diri sendiri itu gak susah, kan? Selama ini saja kamu sudah berhasil menunjukkan cinta dan kepedulianmu pada orang-orang terdekat. Tentunya, untuk diri sendiri harus lebih gampang, dong. Secara yang paling tahu tentang kamu, ya hanya dirimu sendiri. Setuju?  

Baca Juga: 5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuh

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya