Comscore Tracker

5 Cara Simpel Agar Kamu Lekas Akrab dengan Tetangga di Lingkungan Baru

Biar gak jadi bahan gosip

Menempati rumah baru praktis membuatmu harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru pula. Sebagai makhluk sosial, sudah jadi kewajiban bagimu untuk membaur dengan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu yang baru. Terlebih menjalin hubungan baik dengan para tetangga. Karena mau bagaimana juga, saat kesulitan mereka jadi orang terdekat yang bisa dimintai bantuan. 

Namun gak jarang, untuk mulai akrab dengan tetangga kamu masih merasa canggung. Terkadang juga takut kalau dikira sok dekat. Tenang, gak perlu panik. Kamu bisa mencoba lima cara simpel ini supaya lekas akrab sama tetangga. Dijamin deh, kalau hubunganmu dengan warga setempat sudah terbangun harmonis, kamu juga bakal betah tinggal di lingkungan yang baru ini. 

1. Adakan syukuran dengan mengundang warga sekitar

5 Cara Simpel Agar Kamu Lekas Akrab dengan Tetangga di Lingkungan Barupexels/August de Richelieu

Setelah menempati rumah baru, gak ada salahnya mengadakan syukuran dan doa bersama dengan mengundang tetangga sekitar. Dalam acara ini, kamu dan keluarga bisa sekalian memperkenalkan diri. Dengan mengundang mereka datang ke rumahmu, bisa membuatmu lebih percaya diri dan berani untuk memulai pembicaraan.

Warga sekitar juga akan menganggapmu sebagai orang yang punya sopan santun, serta jauh dari kata sombong. Percaya deh, selepas acara syukuran tersebut kamu akan lebih luwes mengobrol dengan tetangga. 

2. Belanja ke warung atau tukang sayur terdekat

5 Cara Simpel Agar Kamu Lekas Akrab dengan Tetangga di Lingkungan Barupexels/Min An

Daripada jauh-jauh pergi ke supermarket, gak ada salahnya untuk belanja di tukang sayur atau warung dekat rumah. Biasanya di sana banyak ibu-ibu yang berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Walaupun gak berminat ikutan bergosip lama-lama, namun setidaknya kamu jadi familier dengan mereka. Jadi lebih mudah hafal deh sama nama-nama tetangga. Lain kali kalau bertemu di jalan kamu gak bingung saat mau menyapa. 

Baca Juga: 10 Kelakuan Tetangga yang Bikin Auto Nyengir Hingga Ketawa Sinis

3. Menyapa duluan ketika bertemu dengan tetangga

5 Cara Simpel Agar Kamu Lekas Akrab dengan Tetangga di Lingkungan Barupexels/Craig Adderley

Saat hendak keluar rumah dan berpapasan dengan tetangga, jangan pelit untuk menebar senyum dan menyapa duluan. Kesan ramah yang kamu tunjukkan bisa membuat tetanggamu merasa dihargai. Lain kali, pasti mereka gak akan ragu buat menyapamu lebih dulu. Enak kan, kalau bisa akrab dengan tetangga?

4. Jangan ragu untuk ikut kegiatan setempat seperti arisan atau ronda

5 Cara Simpel Agar Kamu Lekas Akrab dengan Tetangga di Lingkungan Barupexels/Craig Adderley

Sebagai warga baru kamu gak boleh bersikap pasif dan harus aktif ikut berkegiatan. Coba untuk luangkan waktu mengikuti agenda lingkunganmu. Seperti ronda, arisan RT atau RW, dan juga kerja bakti.

Kalau memang waktumu benar-benar gak ada untuk ikut giliran ronda, setidaknya kamu bisa ikut arisan atau mengusahakan untuk hadir saat ada kerja bakti. Menutup diri dari kegiatan di lingkungan setempat hanya akan membuatmu terlihat anti sosial. 

5. Sekali-kali gak ada salahnya membagi hasil masakan pada tetangga dekat rumah

5 Cara Simpel Agar Kamu Lekas Akrab dengan Tetangga di Lingkungan Barupexels/August de Richelieu

Meskipun gak ada momen spesial seperti ulang tahun, lebaran, hari natal, atau hari kemerdekaan, tapi gak ada salahnya kamu berbagi hasil masakanmu kepada tetangga di sekitar rumah.

Apalagi kalau kamu hobi bikin kue, ini bisa jadi salah satu cara untuk membangun silaturahmi dengan tetangga. Siapa tahu kan, selanjutnya mereka tertarik untuk memesan kue buatanmu. Nah, bisa buat bisnis sampingan nih. Gimana, tertarik mencoba?

Itu tadi lima cara simpel supaya lekas akrab dengan tetangga saat kamu baru pindah rumah. Gak ada salahnya dicoba, kan? Semoga membantu, ya!

Baca Juga: 10 Omongan Tetangga Julid Ini Bikin Netizen Bingung Harus Berbuat Apa

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya