Comscore Tracker

5 Ciri Kamu Telah Berada di Lingkungan Pertemanan yang Sehat, Cek!

Persahabatan ini patut dipertahankan!

Selain didikan dari orangtua, pergaulan juga bisa memengaruhi sifat dan sikap seseorang, lho. Bayangkan jika kamu berada di lingkar pertemanan yang kurang baik. Bisa-bisa cepat atau lambat kamu bakal terpengaruh sama hal-hal yang negatif pula. Makanya, penting untuk memastikan bahwa saat ini kamu sedang menjalin persahabatan dengan orang-orang yang punya pemikiran dan sikap positif. 

Nah, lima ciri berikut ini bisa jadi tanda kalau kamu telah memilih teman-teman yang tepat dan menjadikanmu berada dalam lingkungan pertemanan yang sehat. Yuk segera cek!

1. Obrolan di antara kalian jauh dari gosip dan lebih berbobot

5 Ciri Kamu Telah Berada di Lingkungan Pertemanan yang Sehat, Cek!unsplash.com/Priscilla Du Preez

Bisa dibilang kalian hampir tidak pernah termakan gosip. Meskipun sedang kumpul dalam formasi kurang lengkap, salah satu teman yang tidak hadir tak lantas jadi bahan pergunjingan.

Daripada membahas kehidupan pribadi seseorang, kalian lebih senang membicarakan topik yang lebih berbobot. Seperti obrolan soal tips kecantikan, hobi sampai peluang berbisnis. Mantap deh!

2. Masing-masing tahu batasan dan bisa menghormati privasi temannya

5 Ciri Kamu Telah Berada di Lingkungan Pertemanan yang Sehat, Cek!unsplash.com/AllGo - An App For Plus Size People

Meskipun kalian terbilang teman dekat yang kenal belasan tahun, tapi itu gak menjadikan alasan untuk saling mengulik kehidupan pribadi satu sama lain. Kalau memang temanmu gak terbuka dan cerita soal masalahnya, kalian juga gak akan tanya macam-macam.

Masing-masing dari kalian sangat tahu batasan dan dapat menghormati privasi satu sama lain. Ini nih, yang menyebabkan persahabatan kalian jauh dari pertengkaran. Keren!

3. Saling mendukung dalam kebaikan dan gak ada kata iri

5 Ciri Kamu Telah Berada di Lingkungan Pertemanan yang Sehat, Cek!unsplash.com/CoWomen

Melihat salah satu teman berhasil dalam bisnis barunya, membuat kalian geng-nya turut gembira juga. Gak ada tuh rasa iri atau dengki di hati, justru kesuksesan itu bisa membuat yang lain termotivasi untuk segera menyusul.

Selama hal yang dilakukan positif, teman-temanmu akan selalu saling support. Tak hanya lewat kata-kata penyemangat saja, tapi juga bantuan saat benar-benar diperlukan. Patut dicontoh nih!

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Overthinking, Tawarkan Bantuan Ya!

4. Mereka gak segan menegur keras saat ada teman yang berbuat salah

5 Ciri Kamu Telah Berada di Lingkungan Pertemanan yang Sehat, Cek!unsplash.com/Priscilla Du Preez

Berbeda ketika ada salah satu sahabatmu yang berbuat salah, yang lain pasti akan langsung memberikan teguran keras. Seumpama temanmu hampir saja terjerumus dengan narkoba.

Sebagai orang-orang terdekatnya, kalian pasti pasang badan dan berusaha menjauhkannya dari barang haram tersebut. Sebab tak ada satu pun dari kalian yang ingin temannya salah langkah dan menyesali perbuatannya seumur hidup. 

5. Kalian punya kegiatan rutin yang bermanfaat bagi orang lain

5 Ciri Kamu Telah Berada di Lingkungan Pertemanan yang Sehat, Cek!unsplash/Phil Coffman

Tak hanya sekadar nongkrong, persahabatan kalian juga telah membuahkan kegiatan yang positif. Seperti misalnya, kamu dan teman-temanmu mengadakan arisan bulanan, atau rutin mengumpulkan donasi untuk disalurkan pada orang-orang yang membutuhkan.

Selain bisa mempererat tali silaturahmi, kegiatan tersebut juga sebagai ajang mencari keberkahan bersama-sama. Makin adem deh pertemanan kalian dilihatnya. 

Kamu patut bersyukur dan bangga memiliki teman-teman seperti mereka. Tetap jaga kekompakan kalian dan jangan sampai putus persahabatan ya! Karena friendship goals yang kayak gini nih, yang bakal mengantarkanmu meraih kesuksesan bersama. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Sahabat Mengabaikanmu Semenjak Pacaran

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya