Comscore Tracker

5 Hal di Sekelilingmu yang Patut Disyukuri, Hidup Itu Indah!

Contohnya adalah kesehatan tubuh yang sering lupa disadari

Katanya hidup itu harus seimbang. Kadang melihat ke atas untuk memperoleh motivasi dan kadang melihat ke bawah supaya kamu bisa lebih bersyukur.

Tapi sebenarnya, gak perlu repot-repot membandingkan dirimu dengan orang lain, agar bisa mensyukuri hidup kok karena sejatinya banyak sekali hal di sekelilingmu yang memang pantas diapresiasi. Seperti lima di antaranya berikut ini.

Mungkin selama ini kamu jarang memperhatikannya, tapi beberapa hal kecil tersebut nyatanya bisa membuatmu lebih menikmati dan mensyukuri hidup, lho.

Penasaran apa saja lima hal yang dimaksud? Keep reading, ya!

1. Bangun pagi dalam keadaan segar dan sehat

5 Hal di Sekelilingmu yang Patut Disyukuri, Hidup Itu Indah!ilustrasi bangun pagi (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Mungkin bagimu bangun di pagi hari adalah rutinitas yang biasa. Tapi pernahkah kamu merenung sejenak setelah membuka mata dan mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan karena kamu bisa bangun dalam keadaan segar dan sehat?

Bayangkan jika hari itu kamu bangun dengan keadaan tubuh yang tidak fit, pasti mau memulai aktivitas ringan saja rasanya jadi berat banget. Makanya, penting untuk selalu mengucap syukur atas kesehatan yang diberikan padamu ya karena sehat itu lebih berharga dari harta yang melimpah sekali pun. 

2. Pekerjaan yang kamu miliki saat ini walaupun gajinya masih kecil

5 Hal di Sekelilingmu yang Patut Disyukuri, Hidup Itu Indah!ilustrasi kerja kantoran (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sudah 7 tahun bekerja di sebuah perusahaan, tapi gak juga naik jabatan mulai membuatmu mengeluh. Bagaimana tidak, kebutuhan pokok semakin meningkat, tapi pemasukan masih jalan di tempat. Kamu pun khawatir gak akan bisa bertahan hidup dengan gaji yang pas-pasan begini. 

Memang kalau dipikir berat pasti jadi berat. Namun akan terasa ringan jika kamu mau tetap mensyukuri apa yang ada di depan mata. Lebih baik punya pekerjaan dengan gaji kecil, ketimbang tidak bekerja sama sekali, kan?

Apalagi jika saat ini kamu belum punya pandangan tentang pekerjaan yang lain kecuali datang kesempatan untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik. Kalau bisa diambil, kenapa tidak, kan?

Baca Juga: 5 Motivasi Ini Membuatmu Bersyukur meski Gaji Masih Pas-pasan

3. Keberadaan keluarga yang selalu kasih dukungan dan doa secara tulus

5 Hal di Sekelilingmu yang Patut Disyukuri, Hidup Itu Indah!ilustrasi ibu dan anak gadisnya (pexels.com/Elina Fairytale)

Tidak semua orang beruntung sepertimu. Punya keluarga yang utuh dan harmonis di mana mereka selalu memberimu dukungan penuh selama apa yang kamu lakukan itu positif. Ada lho orang yang kurang beruntung karena keluarganya masa bodoh tentang dirinya.

Hal semacam ini juga pantas kamu syukuri karena ketika sedang berada di titik terendah, kamu gak bakal merasa sendirian. Ada ayah, ibu, dan saudara-saudaramu yang bakal mengulurkan tangan mereka.

Setidaknya kamu gak perlu khawatir terpuruk atau khawatir tanpa ada seorang pun yang mau menemani dan memberimu penghiburan.

4. Punya lingkar pertemanan yang positif akan menjauhkanmu dari perilaku buruk

5 Hal di Sekelilingmu yang Patut Disyukuri, Hidup Itu Indah!ilustrasi ngobrol sama teman (pexels.com/Sam Lion)

Selain keluarga, punya inner circle yang positif juga layak kamu syukuri. Sebab dengan begitu, kamu sudah membuktikan bisa memilih teman yang baik sehingga pergaulanmu sehari-hari juga gak bakal mengarah ke tindakan yang buruk.

Berkawan sama mereka juga membuatmu jadi belajar tentang banyak hal. Karena pasti teman-temanmu ini punya latar belakang yang berbeda-beda, kan?

Sebab sejatinya ilmu itu bisa diperoleh dari mana saja. Tidak hanya di bangku sekolah atau kuliah, hanya dengan mengobrol sama teman misalnya, bisa menambah pengetahuan juga, kok.

Makanya, bersyukurlah kalau kamu punya banyak teman yang bisa memberimu ilmu yang bermanfaat secara tidak langsung. 

5. Segala masalah yang datang silih berganti, tanpa sadar telah menempamu jadi pribadi yang lebih baik lagi

5 Hal di Sekelilingmu yang Patut Disyukuri, Hidup Itu Indah!ilustrasi orang bahagia (pexels.com/Amina Filkins)

Pasti kamu sempat kesal ketika diminta mensyukuri cobaan atau masalah yang tengah menimpamu, kan? Tenang, jangan terbawa emosi dulu, deh.

Maksudnya mensyukuri masalah itu karena di balik kesusahan tersebut ada hikmah yang bisa diambil sehingga tanpa sadar setiap perkara yang hadir dalam hidup akan menempamu untuk menjadi lebih baik lagi.

Ternyata banyak juga hal-hal di sekitarmu yang layak dijadikan alasan untuk senantiasa bersyukur, ya! Oleh karena itu, gak ada salahnya mulai sekarang kamu berusaha untuk melihat segala sesuatu dari sisi positifnya yang dimulai dengan selalu mensyukuri hal kecil yang ada di sekitarmu.

Karena jika pikiran dan tindakanmu positif, niscaya akan menghasilkan sesuatu yang baik kok. 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Kurang Bersyukur dalam Hidup, Jadi Sulit Bahagia!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya