Comscore Tracker

Pikirkan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Share Percakapan Sama Teman di Medsos

Tolong hargai privasi dia juga!

Hidup di era digital, tentu wajar jika hampir semua orang memiliki setidaknya satu akun media sosial. Sebut saja Instagram, Twiter, atau Facebook. Banyak fitur yang disediakan oleh masing-masing media sosial tersebut. Salah satunya kamu bisa membuat status, membagikan foto, dan juga video. Saking asyiknya main medsos, tanpa sadar kamu jadi ketergantungan. 

Sampai ada momen apa saja, gak pernah luput dari bidikan kamera ponselmu. Tujuannya tentu saja supaya bisa upload di media sosial, dan mendapat banyak view, like, dan juga komentar dari para follower di dunia maya. Di antara banyak hal yang sering diunggah ke media sosial, apakah kamu pernah upload hasil screan shoot percakapan dengan temanmu? 

Jika iya, mending lain kali pikirkan dulu lima hal ini, sebelum terlanjur mengulanginya lagi. Sebab tanpa sadar, perbuatan tersebut bisa berdampak buruk pada hubungan persahabatan kalian, lho. Gak percaya? Simak dulu ulasannya berikut ini!

1. Apa sih tujuanmu share percakapan pribadi itu?

Pikirkan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Share Percakapan Sama Teman di Medsospexels/ Giftpundits.com

Pikirkan dulu, tujuanmu buat mengunggah percakapan tersebut ke media sosial. Karena sadar atau tidak, gak semua pengikutmu di Instagram butuh tahu tentang obrolan kalian. Lagi pula, coba dipikir lagi deh, belum tentu mereka mengerti tentang apa yang kalian bicarakan, jadi gak ada artinya juga kan, percakapan itu diunggah?

2. Cek lagi, adakah kata-kata yang bersifat sensitif atau tidak

Pikirkan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Share Percakapan Sama Teman di Medsospexels/ Pixabay

Kedua, cek lagi deh isi dari tiap kalimat yang ada pada percakapan tersebut. Kira-kira ada gak nih, kalimat atau topik yang bersifat sensitif. Misalnya kalian sedang membicarakan seseorang dan namanya disebutkan, atau ada kata-kata kasar yang tertulis jelas di sana. Ingat, ini bakal dilihat banyak orang, lho. Tetap jaga image dong! 

Baca Juga: 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Jika Akrab dengan Teman-teman Pasangan

3. Jangan sampai percakapan kalian mengandung sindirian pada seseorang

Pikirkan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Share Percakapan Sama Teman di Medsospexels/ mentatdgt

Setelah meneliti isi percakapan yang akan diunggah, gak ada salahnya juga kamu memperhatikan apakah obrolan kalian mengandung unsur sindiran pada seseorang atau tidak. Jangan sampai postingan ini justru jadi bumerang buatmu. Karena belum tentu, orang yang dituju menyadarinya. Bisa saja, justru orang lain yang merasa kalau sindiran tersebut ditujukan kepadanya. Nah, jadi rumit kan akhirnya!

4. Apakah postingan tersebut akan kamu bagikan ke semua teman atau bersifat privat?

Pikirkan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Share Percakapan Sama Teman di Medsospexels/ DoDo PHANTHAMAL

Selanjutnya, kamu juga mesti mempertimbangkan apakah postingan tersebut akan kamu bagikan ke semua orang, atau hanya teman terdekatmu saja yang bisa melihatnya. Ini penting, karena jika ungguhan itu diseting privat, maka kamu akan lebih leluasa untuk mengunggahnya.

Sebab mungkin, teman-teman terdekatmu sudah memahami karakter dan kepribadianmu, sehingga mereka gak akan mudah menilai dirimu hanya karena satu-dua postingan saja. 

5. Belum tentu temanmu berkenan, obrolan kalian jadi konsumsi banyak orang

Pikirkan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Share Percakapan Sama Teman di Medsospexels/ Engin Akyurt

Terakhir dan gak kalah penting adalah, kamu juga harus mempertimbangkan pendapat temanmu. Apakah dia berkenan jika obrolan kalian yang sifatnya pribadi ini, di share ke media sosial? Jika memang dia keberatan, ada baiknya kamu urungkan niatmu itu. Bisa jadi dia merasa tidak nyaman, dan gak mau sampai percakapan kalian jadi konsumsi banyak orang, meskipun isinya sebatas hanya bercandaan saja. 

Jadi, mulai sekarang kamu harus lebih hati-hati saat akan mengunggah chat pribadi ke media sosial, ya. Karena bisa saja, hanya gara-gara satu postingan hubungan pertemanan kalian bisa berantakan. 

Baca Juga: Hindari Kesan Fake, Ini 5 Cara Mudah Memberikan Pujian pada Teman!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya