Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Tuntaskan Sebelum Menikah, Jangan Jadi Beban

Biar tidak mengganggu rumah tanggamu kelak!

Menikah adalah keputusan besar dalam hidup yang gak bisa diambil sembarangan. Banyak hal yang mesti dipersiapkan, mulai dari finansial sampai dengan mental. Selain itu, kamu juga perlu menuntaskan beberapa hal lain sebelum mantap melangkah ke pelaminan bersama sang pujaan hati. Di antaranya adalah kelima hal berikut ini. 

Jangan sampai ketika sudah berumah tangga nanti, itu menjadi penghalang di antara kalian dan membuat keluarga kecilmu terasa kurang harmonis. Lantas, hal apa saja yang butuh segera diselesaikan sebelum hari pernikahan tiba? Berikut daftarnya yang perlu kamu ketahui. 

1. Utang piutang yang kamu miliki

5 Hal yang Perlu Kamu Tuntaskan Sebelum Menikah, Jangan Jadi BebanPexels.com/Lukas

Penting untuk melunasi segala utang yang kamu miliki selama lajang, sebelum nantinya menikah. Sebab tentunya kebutuhanmu akan kian bertambah setelah berumah tangga.

Rasanya kurang baik kalau itu harus ditambahi dengan beban utang yang gak ada sangkut pautnya dengan istri atau suamimu. Jadi, usahakan kamu membayar semua utangmu terlebih dahulu, ya. 

2. Masalahmu dengan mantan kekasih

5 Hal yang Perlu Kamu Tuntaskan Sebelum Menikah, Jangan Jadi BebanPexels.com/Budgeron Bach

Setelah menikah nanti, istri atau suamimu menjadi satu-satunya orang yang kamu cintai. Gak boleh ada nama wanita atau pria lain di hatimu selain dia. Makanya, jika masih ada masalah dengan mantan yang menganjal, baiknya segera diurus sampai tuntas.

Jangan sampai ketika rumah tanggamu sudah berjalan, si mantan datang lagi mengusik keharmonisan kalian. Tidak mau sampai hal itu kejadian, kan? 

Baca Juga: 5 Sisi Baik & Buruknya jika Pasanganmu Gak Mau Buru-buru Menikah

3. Kebiasaanmu yang suka nongkrong hingga pulang pagi

5 Hal yang Perlu Kamu Tuntaskan Sebelum Menikah, Jangan Jadi BebanPexels.com/Inga Seliverstova

Saat masih lajang, wajar kamu pergi hangout sama teman hingga larut malam. Bahkan, beberapa kali pernah juga pulang pagi. Belum punya tanggung jawab ke istri, sih, jadi gak jadi soal juga selama kamu bisa menjaga diri.

Lain cerita ketika sudah menikah nanti. Kamu gak bisa seenaknya pulang subuh lagi. Makanya, mumpung belum jadi suami orang puas-puasin dulu, deh, main-mainnya. 

4. Tanggung jawabmu kepada adik-adik dan keluarga

5 Hal yang Perlu Kamu Tuntaskan Sebelum Menikah, Jangan Jadi BebanPexels.com/Andrea Piacquadio

Sebagai anak pertama kamu merasa ikut bertanggung jawab memenuhi kebutuhan adik-adikmu. Memang ini tindakan yang mulia, tapi kamu perlu memikirkan masa depanmu juga. Ketika akan menikah, seharusnya tanggung jawab itu gak lagi memberatkanmu.

Artinya, kamu bisa mengelola penghasilanmu untuk membantu saudara dan kira-kira masih lebih dari cukup untuk kebutuhan keluargamu sendiri. Sebab ketika sudah menikah, kewajiban utamamu adalah mendahulukan kesejahteraan keluargamu bukan lagi adik-adikmu. 

5. Mimpi-mimpimu yang ingin digapai sebelum melepas masa lajang

5 Hal yang Perlu Kamu Tuntaskan Sebelum Menikah, Jangan Jadi BebanPexels.com/Riccardo Bresciani

Mungkin kamu punya mimpi yang ingin dicapai selagi masih sendiri. Seperti misalnya, menjelajah beberapa gunung yang ada di Indonesia. Ada baiknya, kalau impian itu kamu selesaikan sebelum menikah.

Karena seperti yang kita bahas di awal tadi, setelah berumah tangga tanggung jawabnya akan bertambah. Waktumu tidak lagi seluang dulu. Tidak mungkin juga, kan, kamu tega meninggalkan istrimu berbulan-bulan hanya demi bisa keliling dari satu gunung ke gunung lain.

 

Segelintir orang masih suka khawatir, jika menikah nanti kebebasannya akan dibatasi. Sebenarnya tidak begitu juga, kok. Asalkan kamu sudah menuntaskan kelima hal tadi, rasanya berumah tangga gak akan terasa seperti masuk ke dalam penjara.

Akan banyak petualangan baru yang kamu temui bersama pasangan. Percaya, deh, daripada sedih menikah itu banyak senangnya. Tinggal bagaimana pintar-pintarnya kamu saja yang untuk mengatur arahnya. 

Baca Juga: Setelah Menikah, 6 Kebiasaan Lama Ini Wajib Kamu Buang Jauh-jauh!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya