Comscore Tracker

Hindari 5 Sikap Ini kalau Mau Terlihat sebagai Jomlo Berkualitas

Kamu tetap bisa bahagia meski belum punya pasangan

Terlalu lama sendiri alias menjomlo bagi sebagaian orang menjadi beban tersendiri. Begitu pula denganmu. Awalnya sih cuek. Tapi lama-lama suka kepikiran juga nih kapan kira-kira bisa punya pacar yang mau menerima kondisimu apa adanya. 

Meskipun belakangan kamu sering merasa galau karena status jomlomu ini, namun sebisa mungkin jangan jadi over acting, ya! Dan ada baiknya kamu menghindari kelima sikap di bawah ini deh karena kelimanya bisa menjauhkanmu dari image jomlo yang berkualitas, lho.

Apa saja lima sikap yang dimaksud? Berikut daftarnya yang perlu kamu ketahui.

1. Membandingkan nasibmu dengan orang lain yang sudah punya pacar

Hindari 5 Sikap Ini kalau Mau Terlihat sebagai Jomlo Berkualitasilustrasi pertemanan (pexels.com/Anthony Shkraba)

Melihat orang di sekelilingmu sudah punya pasangan, membuat kamu kerap membandingkan nasib kalian. Betapa beruntungnya teman-temanmu ini karena ada seseorang yang kelihatan sayang dan perhatian sama dia. Sedangkan kamu ke mana-mana selalu sendirian. Orang lain bisa foto mesra sama pacarnya, sementara kamu cuma puas gigit jari saja. 

Padahal belum tentu juga hubungan mereka selalu romantis seperti yang kamu duga. Bisa jadi yang ditunjukkan ke umum itu cuma bagian manisnya saja. Sementara pahitnya berdebat dan bertengkar sama pacar, sengaja ditutup rapat-rapat.

Nah, sekarang gak ada alasan buat iri lagi, kan?

2. Boros dalam menggunakan uang karena merasa berhak membahagiakan diri sendiri

Hindari 5 Sikap Ini kalau Mau Terlihat sebagai Jomlo Berkualitasilustrasi gila belanja (pexels.com/Max Fischer)

Masih single dan punya gaji bulanan dengan nominal yang lumayan, kadang suka bikin kamu berlebihan memanjakan diri sendiri. Alasannya apa lagi kalau bukan status jomlomu ini. Mentang-mentang belum ada yang memberi perhatian, apalagi barang-barang mewah, kamu jadi doyan belanja atas nama self-reward.

Kegiatan menghambur-hamburkan uang ini kamu gunakan sebagai cara untuk menghibur diri. Tanpa kamu sadari, jika lawan jenis melihat sikap ini bisa-bisa mereka merasa ilfeel sebelum mendekat. Kamu bakal dicap sebagai orang yang boros. Dan takutnya, ketika pacaran denganmu mereka akan diminta membelikan ini dan itu.

Baca Juga: 5 Tips Jadi Jomblo yang Gak Membosankan, Berani Coba?

3. Mudah membuka hati untuk sembarang orang, asal bisa lekas dapat pacar

Hindari 5 Sikap Ini kalau Mau Terlihat sebagai Jomlo Berkualitasilustrasi orang kencan (pexels.com/Edward Eyer)

Saking desperate-nya lama gak juga mendapatkan pasangan, kamu jadi berpikiran untuk menempuh jalan pintas. Belakangan kamu semakin mudah membuka hati untuk sembarang orang. Tidak lagi mementingkan yang namanya kriteria harus begini-begitu, asalkan bisa dekat sama lawan jenis, kamu gak peduli lagi mau dia baik atau tidak untukmu.

Hati-hati lho. Keputusanmu ini bisa jadi bumerang. Sebab menurunkan standar pasangan ideal bukan langkah yang tepat. Kamu terlalu berharga untuk mendapatkan pasangan yang biasa-biasa saja. Mending tempa terus dirimu supaya bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi. Pasti nantinya kamu juga bakal dapat jodoh yang sepadan.

4. Rajin nulis status galau di media sosial untuk menegaskan status jomlomu

Hindari 5 Sikap Ini kalau Mau Terlihat sebagai Jomlo Berkualitasilustrasi bikin status galau (pexels.com/Sam Lion)

Rasanya seluruh dunia gak perlu tahu kamu sedang jomlo, deh. Cukup keluarga dan orang-orang terdekatmu saja. Makanya, gak usah rajin-rajin mengunggah status galau di Instagram supaya orang-orang selalu ingat bahwa kamu belum punya pasangan. 

Sadar gak sih, sikapmu ini terlihat menyedihkan, lho. Awalnya memang ada saja yang bersimpati dengan kondisimu saat ini. Usia sudah kepala tiga lebih, eh belum juga ketemu jodoh. Namun lama-lama orang jadi bosan melihat ocehanmu, lho. Masih banyak hal baik tentang dirimu yang bisa dibagikan ke dunia maya, kok. Siapa tahu dengan begitu, ada lawan jenis yang tertarik sama kamu.

5. Menutup diri dari pergaulan karena malu dibilang jomlo abadi

Hindari 5 Sikap Ini kalau Mau Terlihat sebagai Jomlo Berkualitasilustrasi orang menyendiri (pexels.com/Thought Catalog)

Bukan sekali dua kali status jomlomu ini dijadikan bahan lucu-lucuan di tongkrongan. Ditambah lagi, kamu sudah 3 tahun gak punya pacar, makin gencar deh teman-teman menertawakan nasibmu itu. Memang menjengkelkan banget, sih. Kamu pun pantas merasa sakit hati, kok. Tapi jangan sampai hal ini membuatmu menutup diri dari pergaulan, ya. 

Coba bilang dulu baik-baik ke mereka kalau kamu merasa tersinggung dengan candaan tersebut. Jika setelah dikasih tahu sikapnya masih sama saja, ya mending kamu yang hengkang dari pergaulan itu. Cari teman lain yang lebih bisa menghargai dirimu. Bukannya malah menutup diri dan jadi gak punya teman sama sekali, ya.

Menyandang status jomlo bertahun-tahun memang berat. Tapi itu bukanlah aib, kok. Jadi kamu gak perlu menyikapinya secara berlebihan. Bersikap wajar saja. Tunjukkan bahwa kamu punya nilai dan layak mendapatkan pasangan yang terbaik. 

Gimana, apakah selama ini kamu masih sering menunjukkan kelima sikap tadi? Jika iya, ada baiknya segera berhenti melakukannya, ya. Siapa tahu dengan begitu kamu bisa lekas bertemu jodoh.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Disiapkan Para Jomblo Saat Baru Punya Pasangan

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya