Comscore Tracker

Biar Gak Disangka Lebay, Jangan Coba Posting 5 Hal ini di Medsos, ya

#ANGPOIN Bijaklah menggunakan media sosial!

Di zaman sekarang tentunya mayoritas orang memiliki akun media sosial, terkhusus bagi para remaja dan anak muda biar dibilang hits dan kekinian. Namun demikian, selain sebagai ajang unjuk gigi atau sekedar galeri pribadi, nyatanya akun media sosial juga dapat dijadikan gambaran karakter seseorang, lho. Misalnya saja artis-artis yang berlomba tampil sempurna di dunia maya, demi mendongkrak image-nya di dunia hiburan.

Kalau kamu sendiri nih apakah selama ini akun medsos-mu dipenuhi dengan feed yang positif, atau justru sebaliknya? Meskipun terkadang dianggap remeh, tapi salah posting bisa berakibat fatal dan menjadikan orang-orang yang menengok akun Instagram atau Twitter-mu, jadi beranggapan kalau kamu itu lebay, lho. Nah, agar terhindar dari dugaan itu sebaiknya hindari untuk tidak posting lima hal berikut, ya!

1. Mengeluh tentang masalah pribadi terus menerus

Biar Gak Disangka Lebay, Jangan Coba Posting 5 Hal ini di Medsos, yaUnsplash/Go to Cristian Newman's profile Cristian Newman

Namanya juga kehidupan, pasti ada pasang surutnya dong. Masalah silih berganti datang dan pergi adalah hal yang wajar. Bila kamu tengah menghadapi sebuah persoalan, entah itu urusan pekerjaan, asmara atau keluarga mending tahan diri untuk tidak membagikannya di media sosial. Selain gak ada gunanya, toh juga tak semua follower-mu peduli dengan urusan itu.

Semua orang punya masalahnya masing-masing. Jangan terus-terusan mengeluh, dan coba hadapi dengan berani. Kalau memang butuh curhat, lebih baik ceritakan pada sahabat, pacar atau keluargamu saja. Dijamin deh, mereka bakal membantumu dengan tulus.

2. Menuliskan kalimat sindiran yang gak jelas ditujukan untuk siapa

Biar Gak Disangka Lebay, Jangan Coba Posting 5 Hal ini di Medsos, yaUnsplash/ rawpixel

Tak semua orang dengan berani mengungkapkan rasa kesal pada orang lain, secara langsung. Alhasil media sosial jadi sarana untuk meluapkan uneg-uneg tersebut. Membuat kalimat bernada menyindir yang sebenarnya hanya ditujukan pada satu orang. Namun, berhubung nama yang bersangkutan tidak disebutkan gamblang, eh ada saja satu-dua orang yang malah baper dibuatnya. Bila kamu salah satu yang sering melontarkan kata-kata menyindir di Instagram, mending segera hentikan deh.

Selain akibat yang disebutkan tadi, tindakan itu sama sekali gak membantu menyelesaikan masalah dan rasa kesal yang kamu rasa. Mending kumpulkan keberanian untuk mengutarakan apa yang kamu rasakan pada yang bersangkutan.

Baca Juga: 7 Aktivitasmu di Media Sosial Ini Cenderung Berdampak Negatif

3. Sengaja menunjukkan barang-barang mewah sekaligus dengan daftar harganya

Biar Gak Disangka Lebay, Jangan Coba Posting 5 Hal ini di Medsos, yaUnsplash/Eaters Collective

Siapa sih yang gak gatal ingin menunjukkan tas atau sepatu yang baru dibelinya. Apalagi barang-barang tersebut terlihat bagus difoto. Rasa-rasanya bagus juga, kalau di-posting di Instagram. Sah-sah saja sih, kalau kamu mau upload belanjaan di media sosial, tapi gak perlu sampai menunjukkan harganya juga kali, ya.

Coba deh, jujur ketika mencantumkan nominal belanjaan yang kamu beli barusan, niat apa sih yang ada di balik itu semua? Kecuali memang kamu seorang admin online shop, ya. Kalau bukan, mending gak usah share harga segala deh. Percayalah, sebagian orang yang melihat, bukannya kagum malah beranggapan kamu suka pamer.

4. Posting hasil screenshot chat dengan pacar yang isinya terlalu pribadi

Biar Gak Disangka Lebay, Jangan Coba Posting 5 Hal ini di Medsos, yaUnsplash/Tony Tri

Saat ada waktu luang, coba deh iseng cek feed atau insta story teman-temanmu. Ada gak di antara mereka yang hobi upload hasil screenshot percakapannya dengan sang pacar. Entah itu berisi kalimat-kalimat mesra, atau justru perdebatan di antara mereka. Risih gak sih, lihatnya? Apa coba faedahnya orang-orang tahu tentang urusan pribadi orang lain.

Jangan sampai ya, kamu melakukan hal serupa. Mending simpan itu buat konsumsi pribadi saja. Mengumbar masalah pribadi sama saja, tidak menghargai privasimu sendiri, lho.

5. Memperlihatkan foto diri yang kurang sopan demi mendapatkan banyak like

Biar Gak Disangka Lebay, Jangan Coba Posting 5 Hal ini di Medsos, yaUnsplash/Joshua Rawson-Harris

Poin terakhir ini, biasanya sih dilakukan oleh cewek-cewek. Kalau soal foto outfit of the day alias OOTD sih masih wajar ya. Bisa jadi referensi buat follower kamu juga, yang bingung hari ini mau pakai padu-padan outfit seperti apa buat ke kampus atau kantor. Tapi sebelum upload foto OOTD maupun selfie, wajib hukumnya untuk memperhatikan kesopanan, ya. Ingat, kamu hidup di negara yang menjunjung tinggi sopan santun. Hindari untuk memposting foto yang terlalu seksi. Ini demi kebaikan dirimu sendiri kok.

Kamu pasti gak mau kan, jadi bahan obrolan cowok-cowok hidung belang di kolom komentar. Tampil cantik demi mendapat banyak like, gak mesti dengan cara mengumbar diri berlebihan kok.

Jadi, apakah selama ini kamu masih suka upload salah satu dari lima jenis postingan tadi? Kalau iya, segera dihapus dan lebih baik jangan diulangi lagi, ya.

Baca Juga: 5 Tipe Foto Profil di Media Sosial Ini Cerminkan Karakter Aslimu Lho!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya