Comscore Tracker

5 Kegiatan Ini Murah dan Menyenangkan, Bisa Jadi Hobi Barumu!

Sekali-kali coba sesuatu yang beda

Menjalani rutinitas yang monoton, kadang bikin kamu merasa sangat bosan. Rasanya ingin melakukan aktivitas baru yang belum atau jarang dikerjakan sebelumnya. Supaya hari-harimu gak terasa menjemukan gitu. Tapi bingung juga harus melakukan apa. Selain itu, kamu juga khawatir nantinya akan menghabiskan banyak uang. Bukannya senang, eh malah tekor. 

Tenang, gak semua aktivitas yang mengasyikkan itu perlu banyak biaya, kok. Ada berbagai macam hal simpel serta murah meriah yang dapat kamu coba di rumah. Seperti lima kegiatan di bawah ini, nih. Selain tidak membuat dompetmu tipis, ini juga bisa membantumu untuk relaks sejenak, lho. Apa saja kegiatan yang dimaksud? Berikut rangkumannya.

1. Berkebun

5 Kegiatan Ini Murah dan Menyenangkan, Bisa Jadi Hobi Barumu!ilustrasi orang berkebun (pexels.com/Anastasiya Gepp)

Lahan kosong di depan rumah rasanya sayang kalau dibiarkan begitu saja. Sekarang saatnya merombak dan melakukan sedikit renovasi sederhana, supaya teras rumahmu terlihat lebih indah dan asri. Caranya dengan menanami beberapa tanaman hias di sana.

Mulailah dengan membeli bibit tanaman yang kamu suka. Gak harus mahal, kok. Paling penting perawatannya tidak susah untuk ukuran pemula. Jika lahanmu terbatas, penggunaan pot bisa jadi alternatif simpel, lho. Akan ada kepuasan tersendiri, ketika melihat bibit tanamanmu mulai tumbuh. 

2. Memasak

5 Kegiatan Ini Murah dan Menyenangkan, Bisa Jadi Hobi Barumu!ilustrasi masak bareng (pexels.com/cottonbro)

Sehari-hari kamu selalu memesan makanan dari aplikasi online. Belum lagi menu yang di-order cuma itu-itu saja. Pantas lama-lama kamu merasa bosan dan jadi kurang nafsu makan. Coba, deh sekali-kali masak sendiri untuk makan siangmu besok. Jangan beralasan gak jago masak, ya. Selama ada niat dan usaha pasti bisa, kok.

Lagi pula sekarang banyak tutorial memasak yang bisa kamu sontek di Youtube. Pilih menu yang simpel-simpel saja. Misalnya, nasi goreng atau sup ayam. Isiannya juga bisa disesuaikan sama seleramu. Kalau baru pertama kali masak begini pasti menyenangkan banget, deh. Mulai dari belanja bahan, memasak, sampai icip-icip semua bikin semangat.

3. Karaoke di rumah

5 Kegiatan Ini Murah dan Menyenangkan, Bisa Jadi Hobi Barumu!ilustrasi karaoke di rumah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Siapa bilang menyanyi itu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang punya suara indah saja? Kamu yang mengaku suka fals ketika bernyanyi pun bisa, kok melakukannya. Kalau biasanya kamu pergi ke tempat karaoke bersama teman sepulang kerja, coba sekali-kali lakukan kegiatan tersebut di rumah. 

Kamu bisa membeli beberapa kaset karaoke dan juga mikrofon untuk dipakai sendiri. Selain lebih murah karena bisa digunakan jangka panjang, kamu juga gak perlu merasa malu sama teman-temanmu. Karena suaramu paling ancur di antara mereka. Bernyanyi, tuh bisa membantumu meluapkan emosi, lho. Apalagi lagu yang dipilih pas sama suasana hatimu saat itu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pekerjaan untuk Kamu yang Hobi Membaca, Keren Banget!

4. Olahraga

5 Kegiatan Ini Murah dan Menyenangkan, Bisa Jadi Hobi Barumu!ilustrasi lari pagi (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Siapa, nih yang sampai detik ini masih mager banget kalau disuruh olahraga? Padahal olahraga itu penting untuk menjaga kebugaran tubuh, lho. Makanya, kalau kamu merasa jenuh sama rutinitas sehari-hari, berolahraga bisa jadi salah satu solusi tepat. Gak perlu sampai pergi ke gym segala, kok.

Kamu bisa melakukan olehraga ringan di rumah. Seperti squat atau plank. Atau sebelum sarapan sempatkan waktu untuk jogging keliling komplek. Selain sehat, kamu juga bisa sekalian cuci mata, kan? Siapa tahu ada anak tetangga yang lagi lari pagi juga. Kalian yang tadinya kurang akrab jadi makin kenal, deh.

5. Tidur siang

5 Kegiatan Ini Murah dan Menyenangkan, Bisa Jadi Hobi Barumu!ilustrasi tidur siang (pexels.com/Polina Kovaleva)

Jika memang kamu sedang merasa malas banget beraktivitas, mending manfaatkan waktu luangmu untuk tidur siang. Jarang-jarang, kan bisa istirahat total begini? Biasanya selalu sibuk kerja dari pagi sampai malam.

Nah, biar waktu rehatmu gak terganggu, coba matikan gawai selama tidur siang, deh. Rasanya waktu satu jam cukup, deh untuk mengistirahatkan diri. Setelah bangun tidur nanti, niscaya badanmu akan kembali sehat dan bugar.

Mencoba sesuatu yang baru gak selamanya harus mengeluarkan banyak dana, kok. Dengan melakukan kegiatan sederhana seperti itu saja sudah bisa bikin kamu gembira. Siapa tahu, dari sekadar coba-coba, eh ketagihan dan jadi hobi baru, kan? Gimana, kalau kamu sendiri lebih tertarik sama aktivitas yang mana, nih? Coba lakukan mulai besok, yuk! 

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis Fotografi yang Datangkan Cuan, Bukan Sekadar Hobi!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya