Comscore Tracker

5 Manfaat Tidak Terduga saat Kamu Rajin Ikut Arisan, Catat ya!

Punya tabungan hingga bisa liburan

Beberapa dari kalian pasti pernah atau malah sedang mengikuti sejumlah arisan, entah itu arisan ibu-ibu RT hingga arisan alumni sekolah. Tapi ada juga beberapa orang yang sampai sekarang masih ragu ketika diajak bergabung ikut arisan. 

Nah, buat kamu yang ingin coba ikutan arisan tapi masih pikir-pikir, perlu diketahui kalau nyatanya kegiatan arisan ini banyak keuntungannya, lho. Bukan sekadar ajang kumpul-kumpul dan ngocok nama peserta saja, dari rajin ikut arisan kamu bisa mendapatkan lima manfaat tak terduga berikut ini. Ayo, yang sudah lama ikut arisan pasti setuju deh!

1. Uang hasil arisan bisa dijadikan dana tabungan tambahan

5 Manfaat Tidak Terduga saat Kamu Rajin Ikut Arisan, Catat ya!pexels/Andrea Piacquadio

Tentunya selama ini kamu telah menyisihkan sebagian penghasilanmu sebagai tabungan. Nah, dengan ikut arisan uang iuran yang kamu bayarkan tiap bulan bisa juga digunakan sebagai tabungan tambahan. Kamu bisa request pada pengurus arisan untuk mengeluarkan namamu di akhir tahun, misalnya.

Sehingga uang yang kamu dapatkan dari arisan itu bisa kamu gunakan untuk keperluanmu di akhir tahun. Seperti mengadakan pesta kebun di rumah bareng keluarga saat merayakan pergantian tahun nanti. Jadi gak berasa mengeluarkan banyak uang, kan?

2. Buat kamu yang malas menabung, ikut banyak arisan bisa jadi solusi praktis

5 Manfaat Tidak Terduga saat Kamu Rajin Ikut Arisan, Catat ya!pexels/Public Domain Pictur

Sementara buat kamu yang sampai sekarang masih susah banget buat menabung, ikut arisan bisa jadi solusi jitu lho. Ketika kamu membayarkan sejumlah uang tiap bulannya sebagai iuran arisan, tanpa sadar kamu sedang menabung sedikit demi sedikit. Nah, saat namamu keluar nanti, otomatis kamu akan mendapatkan sejumlah uang cash.

Tapi sebaiknya jangan langsung menggunakan uang itu untuk foya-foya, ya! Ada baiknya kamu manfaatkan uang arisan tersebut dengan bijak. Seperti membeli keperluan pokok yang mendesak. 

Baca Juga: 6 Efek Samping Arisan yang Perlu Kamu Waspadai Lebih Dini

3. Bisa bertukar pikiran dan informasi dengan sesama anggota arisan

5 Manfaat Tidak Terduga saat Kamu Rajin Ikut Arisan, Catat ya!pexels/mentatdgt

Ketika ikut arisan, otomatis kamu akan bertemu dengan beberapa orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Dari situ kalian bisa saling bertukar pikiran serta informasi. Meskipun terkadang banyak orang menilai arisan sebagai ajang bergosip, tapi gak sedikit pula kok kelompok arisan yang postif dan informatif.

Kamu juga bisa mengusulkan pada anggota arisan yang lain untuk mengadakan workshop sekali-kali dengan mengundang seorang ahli. Misalnya, kursus singkat membuat kue, atau merangkai bunga. Pasti menyenangkan deh!

4. Membuka peluang bisnis sampingan yang cukup menjanjikan

5 Manfaat Tidak Terduga saat Kamu Rajin Ikut Arisan, Catat ya!pexels/Helena Lopes

Selain bertukar pikiran dan informasi, dari mengikuti arisan kamu juga bisa mencoba peluang bisnis. Banyak kok, anggota arisan yang suka membawa barang dagangannya saat datang ke perkumpulan. Misalkan saja kamu jago bikin camilan, bisa tuh coba bawa beberapa contoh untuk dicicipi. Jika banyak yang suka, otomatis mereka gak akan ragu untuk memesannya.

Selain makanan, kamu juga bisa menawarkan dagangan lain seperti baju, tas, sepatu, dan lain-lain. Biasanya anggota arisan suka membeli barang dengan sistem cicilan atau kredit. Cukup menggiurkan, bukan?

5. Bisa berlibur dengan budget yang murah meriah

5 Manfaat Tidak Terduga saat Kamu Rajin Ikut Arisan, Catat ya!pexels/Te lensFix

Beberapa kelompok arisan tak hanya rutin mengadakan pertemuan sebulan sekali, tapi juga mengagendakan untuk liburan bersama-sama. Biasanya sih mereka mengumpulkan dana secara bertahap yang dibayarkan sebulan sekali.

Pas di akhir tahun atau periode arisan, uang yang terkumpul tersebut akan digunakan untuk biaya liburan bersama. Wah, dengan membayar sedikit demi sedikit kamu sudah bisa liburan ke luar kota nih. Asik banget ya!

Itu tadi lima keuntungan yang bisa didapatkan dari ikut arisan. Gimana, sekarang sudah makin mantap bergabung dengan grup arisan kan? 

Baca Juga: 5 Cara Simpel Agar Kamu Lekas Akrab dengan Tetangga di Lingkungan Baru

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya