Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menerima Kritik dengan Lapang Dada

Bisa membantumu untuk lebih berkembang

Terkadang orang lebih suka dipuji daripada diberi kritik atau masukan. Pujian dan sanjungan memang terdengar menyenangkan. Kamu tak hanya gembira menerimanya, tapi juga bisa meningkatkan rasa percaya dirimu. Selama kritik itu membangun, gak ada salahnya kamu terima itu dengan lapang dada.

Banyak alasan kuat kenapa kamu harus bisa membuka diri menerima kritikan tersebut dengan hati yang besar. Seperti enam alasan berikut ini, misalnya. Baca dan resapi supaya kamu gak marah ketika mendapatkan kritikan lagi. 

1. Kamu gak bisa menilai dirimu sendiri

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menerima Kritik dengan Lapang Dadapexels/ Buro Millennial

Kenyataannya kamu gak bisa menilai dirimu sendiri. Hanya orang sombong yang mengatakan dirinya baik dan hebat. Sementara orang rendah diri, akan menganggap dirinya tak berguna. Semua itu semata-mata adalah penilaian menurutmu sendiri yang bersifat subjektif.

Untuk itu kamu butuh 'cermin' agar tahu dirimu yang sebenarnya seperti apa. Nah, orang lain lah yang dapat menjadi cermin tersebut. 

Makanya, terkadang orang memberikan kritikan ke kamu karena mereka bisa menilai kekuranganmu, yang mungkin selama ini belum kamu sadari. 

2. Setiap orang punya kekurangan, begitu pula dirimu

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menerima Kritik dengan Lapang Dadapexels/ Pixabay

Tak hanya kelebihan, sebagai manusia biasa kamu tentu punya kekurangan. Hanya saja entah karena itu tertutupi oleh kelebihan, atau kamu yang gak mau mengakuinya, kekurangan tersebut seolah-olah tidak pernah ada. Tetapi orang lain yang dekat denganmu akan bisa melihatnya. Makanya mereka gak segan untuk memberimu kritik, semata-mata agar kamu bisa memperbaiki diri lagi.

Baca Juga: Saatnya Bangkit, Ini 7 Cara Mengatasi Rasa Takut Dikritik Orang Lain

3. Mendapatkan kritik bukan berarti kamu bodoh

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menerima Kritik dengan Lapang Dadapexels/ Christina Morillo

Salah satu alasan seseorang pantang menerima kritikan adalah karena mereka gak mau dianggap bodoh. Padahal belum tentu orang memberimu kritik karena beranggapan kamu itu bodoh. Bagi sebagian besar orang kritik adalah hal yang biasa. Setiap orang wajar melakukan kesalahan kok, dan orang lain berhak untuk menilai dan memberikan masukannya. 

4. Memberikan kritik padamu itu tandanya mereka peduli

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menerima Kritik dengan Lapang Dadapexels/ fauxels

Sudah bisa dipastikan, kalau orang yang memberikan kritikan ke kamu adalah dia yang peduli padamu. Pikirkan saja, jika dia cuek dan masa bodoh, gak bakal memperhatikanmu apalagi memberikan kritik dan saran. Mau kamu melakukan kesalahan sekecil apa pun juga, itu bukan jadi urusan dia. Apalagi sampai kamu kena masalah karena kesalahan sepele, dia gak bakal ambil pusing karena tidak peduli sejak awal.

5. Dengan menerima kritik itu kamu bisa menjadi lebih baik

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menerima Kritik dengan Lapang Dadapexels/ fauxels

Terakhir dan gak kalah penting, dengan lapang dada menerima kritikan itu akan membuatmu bisa mengoreksi diri sendiri. Alhasil, kamu dapat belajar dari kesalahan dan gak akan mengulanginya lagi. Semakin dikritik dan menerimanya kamu akan semakin berkembang ke arah yang positif. 

Itu tadi enam alasan kamu sebaiknya terbuka menerima kritik dari orang lain. Gak selamanya kan, kritik itu buruk. Jika memang bermanfaat dan membangun gak ada salahnya kamu terima dan pikirkan. Siapa tahu, itu bisa jadi awal untukmu semakin menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Tetap Sabar, Ini 5 Tips Menerima Kritikan Tajam di Tempat Kerja!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya