Comscore Tracker

Niat Memuji, tapi 5 Kalimat Ini Justru Bikin Temanmu Risi Lho!

Bahkan bisa berpotensi memicu pertengkaran

Hampir semua orang di dunia ini pasti senang bila dipuji. Di samping itu memberikan pujian kepada seseorang juga merupakan tindakan yang positif, lho. Tahu akan hal itu, makanya kamu sering kali melontarkan pujian kepada teman-temanmu. Terdengar baik sekali bukan? 

Sayangnya, pujian yang kamu berikan malah bisa membuat temanmu ini risi dan ujung-ujungnya sakit hati. Lho, kok bisa? Ya, tentu saja bisa karena kata-kata yang kamu pilih untuk menyampaikan pujian itu ternyata kurang tepat. Misalnya, ketika kamu justru mengeluarkan salah satu dari lima kalimat 'pujian' di bawah ini.

Ayo, simak baik-baik apakah kamu pernah mengatakannya atau tidak?

1. 'Siapa sangka ya padahal dulunya kamu ranking terakhir di kelas, eh sekarang malah paling sukses!'

Niat Memuji, tapi 5 Kalimat Ini Justru Bikin Temanmu Risi Lho!ilustrasi memuji teman (pexels.com/RODNAE Productions)

Bertemu teman sekelas semasa SMA dulu, praktis membuat kalian jadi bernostalgia, dong. Melihat doi sekarang sudah jadi orang sukses, membuatmu kagum sekaligus heran. Bagaimana tidak, karena seingatmu dulu dia termasuk murid yang bandel dan tidak berprestasi. Bahkan langganan jadi ranking satu dari belakang.

Menurut logikamu sih mustahil jika doi bisa sesukses sekarang. Tapi kan kamu kenal dia cuma selama duduk di bangku sekolah saja. Bisa jadi setelah lulus SMA, temanmu ini berubah dan mau bekerja keras. Alhasil, doi bisa sampai di posisinya sekarang.

Apa dia gak sakit hati tuh mendengar ucapanmu barusan?

2. 'Kamu, sih enak mau buka usaha tinggal bilang orangtua. Nah aku mesti cari modal sana-sini dulu'

Niat Memuji, tapi 5 Kalimat Ini Justru Bikin Temanmu Risi Lho!ilustrasi memuji teman (pexels.com/Christina Morillo)

Kita gak bisa memilih mau terlahir di keluarga yang kaya raya atau sederhana. Jadi jangan salahkan takdir temanmu yang dirasa lebih beruntung karena memiliki orangtua yang banyak uang. Kamu juga gak bisa seenaknya bilang begitu, dong. Belum tentu usaha yang dia rintis sekarang ada andil kedua orangtuanya.

Tidak menutup kemungkinan temanmu benar-benar berusaha sendiri dengan mengandalkan kemampuannya. Maka saat ini dia bisa jadi pengusaha sukses. Kamu pun bisa melakukan hal serupa, kok.

Daripada nyinyir dan menuduh yang tidak-tidak, lebih baik tanya temanmu bagaimana caranya dia bisa sukses merintis usaha dari nol. 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Sering Memuji Orang Lain Secara Berlebihan

3. 'Ya jelaslah kamu bisa nikah duluan. Rezeki orang cantik emang beda, ya?'

Niat Memuji, tapi 5 Kalimat Ini Justru Bikin Temanmu Risi Lho!ilustrasi memuji teman (pexels.com/Los Muertos Crew)

Ada saja orang yang berpendapat punya paras good looking itu bikin hidup jadi mudah. Sama halnya seperti yang kamu yakini selama ini.

Padahal kenyataannya tak selalu demikian, lho. Misalnya ada temanmu yang terkenal cantik akan menikah mendahului kalian. Hal ini gak bikin kamu heran karena menurutmu dia pantas nikah duluan karena memang rezeki orang cantik itu beda. Otomatis banyak pria yang antri melamarnya, dong. 

Sementara kamu yang merasa punya tampang pas-pasan ini hanya bisa terima nasib dan memberikan pujian semacam itu. Tapi bukannya tersanjung, yang ada temanmu malah tersinggung, lho. Dia bakal mengira kamu menganggap doi cuma jual wajah saja. Sementara tidak ada hal lain dari dirinya yang bisa menarik perhatian pria, kecuali kecantikannya. 

4. 'Apa sih artinya uang segini buat kamu? Kan sudah sukses kaya raya jangan pelit sama teman, dong!'

Niat Memuji, tapi 5 Kalimat Ini Justru Bikin Temanmu Risi Lho!ilustrasi makan bareng (pexels.com/Los Muertos Crew)

Sebagai sesama teman, wajar saja sih kalau sekali-kali minta ditraktir. Apalagi di momen-momen khusus seperti hari ulang tahun atau ketika temanmu ini lagi ketiban banyak rezeki.

Namun meski dianggap wajar, sebaiknya jangan berlebihan dalam meminta apalagi sampai melontarkan kalimat bernada pujian seperti di atas. Karena ini bukan perkara mampu gak mampu, ya. Cuma lebih ke attitude saja, sih.

Seolah-olah karena dia terlihat paling kaya di antara kalian, makanya soal bayar-membayar tagihan makan, harus selalu doi yang keluar uang. Padahal bisa jadi saat itu temanmu sedang punya masalah finansial.

Gak selamanya, kan orang berada di atas? Makanya hati-hati saat berucap. Karena berawal dari pujian yang berlebihan itu bisa berakhir jadi musuhan sama teman sendiri, lho.

5. 'Aku masih heran lho orang secuek kamu gini, kok bisa baper sama omongan orang sih?'

Niat Memuji, tapi 5 Kalimat Ini Justru Bikin Temanmu Risi Lho!ilustrasi memuji teman (pexels.com/RODNAE Productions)

Meskipun dikenal sebagai pribadi yang cuek dan gak gampang marah, bukan berarti kesabaran temanmu gak ada batasnya. Rasanya wajar bila sekali waktu doi marah besar karena ucapan atau tindakan orang lain kepadanya.

Sebagai teman harusnya kamu bisa maklum. Bukannya melontarkan kalimat seperti itu. Memang niatnya mau membesarkan hatinya lewat pujian, tapi waktunya saja yang gak tepat. 

Masa iya mentang-mentang mendapat predikat sebagai orang tersabar, dia jadi gak boleh baper sama sekali, sih? Lihat dulu dong masalahnya seperti apa. Kalau orang sabar bisa sampai marah pasti perkaranya gak main-main, nih. Mungkin sudah menyangkut privasi atau menyinggung persoalan yang sensitif. 

Memberikan pujian ke orang lain apalagi teman sendiri memang suatu tindakan yang terpuji. Siapa tahu setelah mendengar sanjungan darimu, kawan yang tadinya lagi gak enak hati, eh jadi merasa lebih baik asalkan pujian tersebut bisa kamu sampaikan dengan benar. Gak mau kan karena salah memilih kata, hubungan baik kalian yang jadi korbannya? 

Baca Juga: 5 Keuntungan Punya Circle Pertemanan yang Kecil, Gak Perlu Iri!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya