Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Dinilai Sombong Sama Teman, Catat!

Sering kali gak disadari, nih

Dalam pertemanan baiknya kamu harus pandai menjaga sikap. Bukannya jaim, atau berpura-pura baik tapi lebih pada pintar menempatkan diri. Jangan sampai ucapan atau tingkah lakumu justru membuat orang-orang di sekitarmu menilai kalau kamu itu sombong. 

Meskipun gak bermaksud menyombongkan diri, tapi nyatanya beberapa sikap bisa membuat orang berpikir demikian, lho. Nah, biar gak terlanjur dicap buruk, ada baiknya kamu menghindari 5 kebiasaan berikut, deh. Siapa tahu kan, selama ini kamu tanpa sadar sering melakukannya?

1. Memotong pembicaran karena merasa tahu kelanjutannya

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Dinilai Sombong Sama Teman, Catat!pexels/ Retha Ferguson

Ketika ada salah satu teman yang sedang berbicara, jangan sekali-kali memotong pembicaraannya. Apalagi setelah itu, kamu berlagak sok tahu dan bilang kalau kamu sudah paham akhir ceritanya tanpa dia harus menyelesaikannya. Belum tentu tebakanmu benar, lho. 

Bersikap demikian hanya akan membuatmu terlihat arogan. Hargai mereka yang ingin didengar dan berpendapat. Tahan diri untuk tidak menyela perkataan orang. Kalau kamu di posisi dia, pasti bakal merasa jengkel juga, 'kan?

2. Suka menasihati tapi gak mau dinasihati

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Dinilai Sombong Sama Teman, Catat!pexels/ Christina Morillo

Kamu paling suka memberi nasihat karena merasa diri paling superior di antara teman-teman yang lain. Tapi giliran mereka memberimu nasihat, kamu justru merasa tersinggung dan gak mau mendengarkan. Padahal dengan memberimu masukan, itu tandanya mereka peduli dan ingin kamu jadi lebih baik. 

Hanya orang sombong yang merasa dirinya gak perlu dinasihati. Bagimu, nasihat itu hanya untuk orang yang lemah. Kamu merasa segala persoalan bisa ditangani sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Yakin, nih?

Baca Juga: 6 Tipe Teman Toxic Ini Harus Dihindari Demi Kesehatan Jiwa

3. Sering menceritakan kelebihan diri sendiri, supaya dapat pujian

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Dinilai Sombong Sama Teman, Catat!pexels/ Andrea Piacquadio

Sebenarnya banyak topik asyik yang bisa dibahas saat ngobrol sama teman. Tapi kamu selalu gatal ingin menceritakan tentang dirimu sendiri. Gak masalah sih narsis, tapi jangan berlebihan dan jatuhnya seperti sedang menyombongkan diri.

Misalnya kamu cerita kemarin belanja online habis beberapa juta. Hal semacam itu gak perlu diumbar. Toh, gak ada temanmu yang menanyakan juga, kan? Jujur deh, apa sih motivasimu membeberkan kemewahan itu? Tentunya supaya mendapat pujian dan dianggap "wah", 'kan? Sayangnya, sikap seperti itu hanya membuat temanmu semakin yakin kalau kamu itu orang yang sombong.

4. Gak segan membandingkan dirimu dengan orang lain

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Dinilai Sombong Sama Teman, Catat!pexels/ nappy

Selain menyombongkan soal materi, kamu juga sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Tujuannya jelas supaya terlihat lebih baik dari mereka. Memang bisa saja kenyataannya memang seperti itu. Akan tetapi, gak perlu sampai menegaskan segala kalau nasibmu lebih beruntung ketimbang mereka. 

Ingat ya, langit tidak perlu berkata dirinya tinggi. Karena semua orang juga tahu itu. Mending kamu amalkan ilmu padi deh, di mana semakin berisi semakin merunduk.

5. Orang sombong gak jauh-jauh dari kebiasaan suka pamer

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Dinilai Sombong Sama Teman, Catat!pexels/ Andrea Piacquadio

Terakhir dan gak kalah penting, namanya orang sombong pasti deh gak akan jauh-jauh dari tabiat suka pamer. Entah soal materi yang dia miliki atau kepintaran yang dia kuasai. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, orang yang punya bibit sombong akan memanfaatkan kecanggihan teknologi sebagai panggungnya. Seperti pamer barang-barang branded, sampai nominal uang di rekening. 

Nah, apakah kamu pernah melakukan kelima kebiasaan di atas? Bila iya, lebih baik segera kurangi dan hilangkan, deh. Sebelum terlanjur teman-temanmu jadi ilfeel dan menjauh darimu.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Karena Memiliki Sifat Sombong, Kamu Bukan Nih?

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya