Comscore Tracker

Terlalu Lama Menganggur? Mungkin 5 Pola Pikir Ini Harus Kamu Ubah

Gak harus kerja sesuai ijazah, kok!

Setelah lulus sekolah atau kuliah, tentunya kamu ingin cepat-cepat dapat pekerjaan, dong. Akan tetapi kenyataan gak selalu manis seperti yang kamu idam-idamkan selama ini. Terpaksa kamu harus gigit jari dulu di rumah karena belum bertemu 'jodoh' pekerjaan yang diinginkan. Tapi kalau terlalu lama menganggur begini ya gak enak juga.

Tidak hanya bikin gabut, kamu juga merasa malu pada teman-teman, tetangga dan kedua orangtuamu. Padahal usaha untuk melamar pekerjaan gak kurang-kurang kamu lakukan, lho.

Upayamu itu sudah benar. Tapi mungkin lima pola pikir berikut harus diubah dulu. Coba cocokkan kelima poinnya, apakah sesuai dengan kondisimu saat ini atau tidak.

1. Tabungan masih banyak, jadi santai saja dulu sambil nunggu panggilan kerja

Terlalu Lama Menganggur? Mungkin 5 Pola Pikir Ini Harus Kamu Ubahilustrasi orang bersantai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Demi menghibur diri kamu selalu berkata demikian. Mentang-mentang punya cukup tabungan dari sisa uang jajan selama sekolah dulu, eh kamu jadi santai-santai begitu. Kamu malah enggan mencari kerja atau melirik kesempatan yang ada gara-gara terlanjur bergantung pada tabungan itu. 

Sementara yang namanya uang kalau diambil sedikit-sedikit juga lama-lama bisa habis, lho. Bayangkan saat tahu tabungan mulai menipis, eh ternyata kamu belum juga mendapat panggilan kerja. Mau gimana coba? Makanya, jangan suka terlena dan mulailah mencari pekerjaan sebelum uang tabunganmu terkuras.

2. Pekerjaan itu harus sesuai sama ijazah kalau tidak percuma sekolah tinggi-tinggi

Terlalu Lama Menganggur? Mungkin 5 Pola Pikir Ini Harus Kamu Ubahilustrasi orang merenung (pexels.com/Sasha Kim)

Baru saja menyandang gelar sarjana membuatmu gengsi kalau harus bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan ijazahmu. Selain itu, kamu juga merasa sayang kalau harus melakoni pekerjaan yang gak sejalan sama jurusan kuliahmu selama ini. Buat apa capek-capek kuliah empat tahun kalau pada akhirnya gak bisa bekerja di bidang yang sesuai titel?

Nah, pemikiran yang seperti ini nih yang seharusnya diubah. Sebagai lulusan baru kamu memang gak bisa banyak tuntutan sebab secara posisi dirimu belum punya pengalaman kerja sama sekali.

Tidak ada salahnya mencoba kesempatan yang ada terlebih dahulu. Buktikan kemampuanmu di sana dan jadikan pekerjaan pertamamu sebagai 'guru' yang memberikan banyak pelajaran dan ilmu baru.

Baca Juga: Sudah Lama Menganggur? Ini 5 Tips Kembalikan Produktivitas Bekerja

3. Kalau gajinya cuma segitu sih mana mau terima kerja di situ?

Terlalu Lama Menganggur? Mungkin 5 Pola Pikir Ini Harus Kamu Ubahilustrasi wawancara kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Sebenarnya bukan gak pernah dapat tawaran kerja, bahkan setelah lulus kuliah kamu sempat diiming-imingi pekerjaan. Akan tetapi setelah melihat nominal gajinya, kamu pun jadi urung mengambil tawaran tersebut. Keputusan ini mungkin didasari karena kamu merasa kemampuanmu gak layak dibayar dengan pendapatan yang minimalis begini. 

Tapi kalau mau dilihat dari sisi lain, gak ada salahnya kok menerima pekerjaan itu. Itung-itung buat menambah pengalaman kerja saja. Nanti sekiranya kamu sudah puas 'belajar' di kantor tersebut, bisa cari pekerjaan lain yang dirasa lebih menjanjikan. 

4. Usaha itu butuh modal, jadi mending nunggu dapat kerja kantoran saja, deh!

Terlalu Lama Menganggur? Mungkin 5 Pola Pikir Ini Harus Kamu Ubahilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sempat terlintas di pikiranmu untuk mencoba peruntungan di dunia usaha. Tapi karena terkendala modal, niat itu pun harus kamu lupakan. Pada akhirnya kamu cuma bisa menunggu keberuntungan saja, nih. Siapa tahu dalam waktu dekat ada kesempatan kerja yang sesuai denganmu. 

Sementara sebenarnya punya keinginan untuk merintis usaha mandiri itu sudah bagus, lho. Setidaknya kamu punya niat. Soal modal itu bisa dicari, kok. Kalau memang punya ide usaha yang menarik dan sudah diperhitungkan untung ruginya, coba saja mulai. Siapa tahu ini jadi awal ladang rezeki bagimu. 

5. Masih lajang gini, nganggur setahun dua tahun lagi gak masalah kali

Terlalu Lama Menganggur? Mungkin 5 Pola Pikir Ini Harus Kamu Ubahilustrasi orang malas (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Sama halnya dengan perkara tabungan tadi, nih. Karena merasa usia masih muda belia kamu jadi makin santai mencari kerja. Apalagi statusnya masih lajang alias belum menikah. Kalau harus makan apa adanya dan gak jajan-jajan dulu karena gak ada duit sih masih bisa tahan. Jadi misalnya harus nganggur satu dua tahun lagi karena memang lagi sulit cari lowongan kerja, ya gak masalah deh.

Aduh, padahal mumpung masih muda harusnya kamu lebih bekerja keras, lho. Jangan pasif menunggu bola doang, tapi berusahalah buat menjemput kesempatan itu. Sayang tenagamu kalau cuma dipakai buat nahan lapar saja. Mending digunakan untuk kerja keras. Jadi nanti saat sudah tua kamu tinggal menikmati hasilnya. 

Usaha serta doa memang dua hal yang sangat penting dalam hal apa pun, termasuk ketika kamu sedang mencari kerja. Tapi jika sampai sekarang kamu masih saja nganggur, cobalah introspeksi diri dan ubah pola pikirmu. Niscaya, mencari pekerjaan tidak akan terasa sulit seperti sebelumnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Fresh Graduate saat Menganggur

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya