Comscore Tracker

5 Sikap Buruk yang Seharusnya Sudah Hilang Saat Usiamu 20 Tahun

Ingat kamu bukan lagi anak kemarin sore

Begitu menginjak usia kepala dua, otomatis statusmu akan beralih dari remaja ke dewasa. Tak jarang pula di usia 20 tahun tersebut, kamu dituntut untuk bisa berpikir lebih matang dan bertindak dengan bijak. Kebiasaan kurang baik yang dulu kerap dilakukan, juga harus pelan-pelan kamu tinggalkan. 

Seperti lima sikap buruk di bawah ini. Ketika usiamu sudah masuk dua dekade, baiknya kamu sudah tidak melakukannya lagi kalau gak mau disebut kekanak-kanakan. 

1. Iri pada pencapaian hidup orang lain

5 Sikap Buruk yang Seharusnya Sudah Hilang Saat Usiamu 20 Tahunpexels/ bruce mars

Tiap orang punya waktu yang gak selalu sama dalam mencapai sebuah keberhasilan. Cepat atau tidaknya kesuksesan itu, tergantung dari jeri payah masing-masing orang. Jadi, sebagai seseorang yang telah dewasa, seharusnya kamu memahami itu dan gak lagi mudah merasa iri atas pencapaian orang lain. 

Daripada makan hati karena dengki, baiknya kamu jadikan mereka sebagai motivasi. Jika dia saja mampu sukses, tentu kamu juga bisa. Tinggal bagaimana caramu meraih kesuksesan itu dengan jalan yang benar. 

2. Bergantung sepenuhnya kepada orangtua

5 Sikap Buruk yang Seharusnya Sudah Hilang Saat Usiamu 20 Tahunpexels/ Creative Vix

Meskipun saat ini kamu belum menikah, gak ada salahnya di usia yang sudah berkepala dua ini, kamu belajar hidup mandiri. Mulai dari mengurus kebutuhan pribadi, sampai mencoba peruntungan di dunia kerja profesional demi mendapatkan tambahan uang jajan. Kalau kebetulan kamu masih kuliah, bisa mencari kerja paruh waktu. Seperti menjaga toko, atau menjadi penulis lepas.

Gak perlu malu apalagi gengsi. Justru akan terlihat memalukan jika di usiamu yang sudah matang ini, kamu masih saja bergantung sepenuhnya pada orang tua. 

3. Mengabaikan tanggung jawab begitu saja

5 Sikap Buruk yang Seharusnya Sudah Hilang Saat Usiamu 20 Tahunpexels/ bruce mars

Sebagai orang yang telah dewasa secara usia, mentalmu pun harus ikut matang. Salah satunya dengan menunjukkan kalau kamu adalah seseorang yang mengerti akan tanggung jawab. Jika sekarang kamu masih berstatus mahasiswa, sebisa mungkin segera selesaikan masa studimu supaya tepat waktu, dengan hasil yang memuaskan. 

Sementara kalau kamu sudah bekerja, gak ada salahnya untuk melakoni pekerjaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai, kamu membuat orang lain kecewa karena masih saja memelihara sikap kurang bertanggung jawab sampai sekarang. 

Baca Juga: Buruk Bagi Mental, Ini 5 Bahaya Sikap Positif yang Dipaksakan

4. Kurang bijak dalam mengelola keuangan

5 Sikap Buruk yang Seharusnya Sudah Hilang Saat Usiamu 20 Tahunpexels/ bruce mars

Masuk usia ke 20 tahun, tandanya kamu gak lagi bisa seenaknya menghambur-hamburkan uang untuk urusan yang tidak penting. Semakin bertambahnya usia, prioritasmu juga akan berubah. Mungkin lima sampai tujuh tahun lagi, kamu akan menikah dan itu memerlukan persiapan yang panjang.

Jika sekarang kamu masih saja betah berleha-leha, bukan gak mungkin masa depanmu bakal menjadi suram dan gak tahu arah tujuannya. Maka penting buatmu untuk belajar mengelola keuangan dengan bijak. Tak lupa kamu wajib menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. 

5. Tidak punya prioritas hidup dan rencana masa depan

5 Sikap Buruk yang Seharusnya Sudah Hilang Saat Usiamu 20 Tahunpexels/ Pixabay

Terakhir, mulai saat ini kamu mesti menentukan prioritas hidupmu untuk ke depannya. Pada umur berapa kamu berencana menikah, dan apa saja hal yang perlu kamu capai sebelum berumah tangga nanti. Bila perlu buat catatan dan pengingat. Agar hidupmu semakin terarah, jelas, dan gak hanya santai tanpa punya target yang harus segera direalisasikan. 

Itu tadi lima sikap buruk yang sebaiknya sudah kamu hilangkan ketika berumur 20 tahun. Memang nantinya akan sulit membuang semua kebiasaan tersebut. Tapi mesti diingat, bahwa sekarang sudah saatnya kamu bergerak untuk memperbaiki diri, dan menjadi pribadi yang tak hanya matang secara usia, tapi juga dalam bersikap.

Baca Juga: Niatnya Perhatian, 5 Sikap Ini Malah Bikin Orang Lain Sebal

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya