Comscore Tracker

5 Sikap Ini Membuatmu Sering Dikucilkan Teman, Benahi yuk!

Mulai dari kerap ingkar janji sampai bersikap jumawa

Dalam pergaulan kita memang dituntut untuk bisa menjaga dan juga membawa diri. Tampil apa adanya memang gak salah, tapi tetap harus menghargai orang di sekelilingmu, ya. Jangan sampai jatuhnya kamu malah bertindak seenaknya dan merugikan orang lain. 

Seperti ketika kamu kerap kali menunjukkan kelima sikap di bawah ini. Tidak hanya orang di sekitarmu saja yang merasa kesal dan dirugikan, dirimu pun bisa kena batunya. Salah satunya dengan dikucilkan dari pergaulan. Lantas sikap buruk apa saja yang perlu kamu benahi? Berikut daftarnya.

1. Hobi menebar janji tapi gak pernah ditepati

5 Sikap Ini Membuatmu Sering Dikucilkan Teman, Benahi yuk!ilustrasi ditagih janji (pexels.com/cottonbro)

Boleh dibilang kalau soal berkata-kata manis kamulah jagonya. Bahkan banyak teman yang sudah jadi korbannya. Kamu kerap menjanjikan sesuatu hal pada mereka, hingga membuatnya percaya. Tapi sayangnya, janji hanyalah sekadar janji. Hampir semuanya gak pernah kamu tepati. 

Mulai dari urusan sepele seperti berjanji bakal datang ke acara reuni tepat waktu. Sampai soal janji mau mentraktir teman-teman satu jurusan saat ulang tahunmu kemarin. Sekali dua kali ingkar janji masih bisa ditoleransi, deh. Tapi kalau keseringan begini siapa juga yang gak kesal. 

2. Suka menyombongkan diri

5 Sikap Ini Membuatmu Sering Dikucilkan Teman, Benahi yuk!ilustrasi orang pamer (pexels.com/cottonbro)

Salah satu sifat seseorang yang paling bisa bikin kesal melihatnya adalah sombong. Sayangnya, sifat itu tertanam kuat pada dirimu. Sudah jadi rahasia umum, deh tiap kali kumpul bareng kamu selalu 'cari panggung'. Menceritakan segala sesuatu tentang dirimu yang dipenuhi dengan kemewahan. 

Padahal gak ada satu pun teman yang ingin tahu tentang hal itu. Bukan cuma karena mereka tidak peduli, ya tapi semua yang kamu ceritakan itu sudah terpampang di media sosial. Ya, tak hanya melalui ucapan lisan saja, kamu juga rajin banget posting tentang hartamu di Instagram, kok.

3. Gak bisa menjaga rahasia teman alias doyan bergosip

5 Sikap Ini Membuatmu Sering Dikucilkan Teman, Benahi yuk!ilustrasi menyebar gosip (pexels.com/Keira Burton)

Sebagai sesama teman wajar, dong jika kalian saling berbagi cerita bahkan sampai menceritakan masalah yang terbilang pribadi. Tapi tahu gak, sih? Ketika temanmu sudah membeberkan rahasianya, itu berarti doi percaya banget sama kamu. Jangan sekali-kali mengkhianati kepercayaannya itu, lho. 

Sialnya, fakta membuktikan sebaliknya. Justru kamu dengan teganya menjadikan kisah itu sebagai bahan gosip sama teman-temanmu yang lain. Jelas ini membuat kawanmu marah sekaligus kecewa, dong. Siapa juga yang rela masalah pribadinya jadi konsumsi publik? 

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Ditunjukkan jika Kebaikanmu Tidak Dibalas Orang

4. Sering marah gak jelas dan tahu-tahu mendiamkan orang

5 Sikap Ini Membuatmu Sering Dikucilkan Teman, Benahi yuk!ilustrasi marah ke teman (pexels.com/Liza Summer)

Sakit hati sama sikap teman itu hal yang wajar. Namanya juga bersosialisasi. Kadang kamu harus mendengar perkataan yang menyakitkan hati. Maupun perilaku orang di sekitarmu yang membuat batinmu terluka. Hanya saja, cara meluapkan emosi tersebut jangan kekanak-kanakan, ya. 

Misalnya seperti marah-marah gak jelas ke orang yang tidak tahu apa-apa. Belum lagi ketika kamu suka mendiamkan orang tanpa sebab. Hanya karena si A adalah teman dekat orang yang bikin kamu kesal, eh dia harus kena batunya dan ikut mendapat perlakuan buruk darimu. Sikap ini, nih yang pada akhirnya justru membuatmu dikucilkan pula oleh orang-orang di sekitarmu. 

5. Terkenal pelit dan gak suka berbagi

5 Sikap Ini Membuatmu Sering Dikucilkan Teman, Benahi yuk!ilustrasi nongkrong bareng (pexels.com/ELEVATE)

Berhemat, sih boleh-boleh saja tapi gak harus membuatmu jadi orang yang pelit juga, ya. Apalagi berat jika harus berbagi ke sesama teman. Padahal saat sedang kesusahan, mereka gak segan-segan memberimu bantuan, lho. Gantian, dong ketika ada teman yang minta tolong, sekiranya mampu ya dibantu. Sifat pelit yang mendarah daging begini justru bisa jadi bumerang untukmu. Tak hanya dicap kikir, tapi kamu juga bakal dijauhi oleh teman-temanmu. 

Sekarang sudah gak bingung, kan kenapa kok makin lama teman-temanmu semakin berkurang. Bahkan yang dulunya dekat bagai sahabat, sekarang jadi jarang balas pesan singkat darimu. Bisa jadi, itu dikarenakan tanpa sadar kamu sering menunjukkan kelima sikap tadi. Nah, sekarang kalau sudah tahu apa sebabnya, yuk mulai berbenah dan menjadi lebih baik lagi. 

Baca Juga: 5 Sikap yang Bisa Ditunjukkan Saat Menghadapi Orang yang Ceplas-ceplos

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya