Comscore Tracker

Hati-hati 5 Sikap Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Jadi Bahan Gosip, lho! 

Coba ubah mulai sekarang, ya

Aktivitas bergosip bersama teman memang terasa menyenangkan. Kamu bisa bebas menilai orang lain dari sudut pandangmu, tanpa khawatir dia mendengarnya. Selain itu, membicarakan seseorang dari belakang juga dapat membuatmu seolah terlihat lebih baik dari dia. Benar gak?

Namun bagaimana jika pada akhirnya kamu berada di posisinya? Karena ternyata diam-diam, kamu juga jadi bahan gosip teman-temanmu sendiri. Nah, pasti kesel banget dong. Tapi sebelum marah, coba deh introspeksi diri dulu, siapa tahu nih ada beberapa sikapmu yang memang bisa memancing orang untuk bergosip. Seperti misalnya lima sikap di bawah ini nih.

1. Membicarakan keburukan orang lain

Hati-hati 5 Sikap Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Jadi Bahan Gosip, lho! pexels/ fauxels

Nyatanya suka membicarakan keburukan orang lain, belum tentu membuatmu terlihat lebih baik darinya, lho. Justru karena suka menilai orang seenaknya, teman-temanmu jadi gatal untuk "mengupas" kepribadianmu juga. Alhasil, mereka jadi mencari-cari kekuranganmu untuk dijadikan bahan bergosip saat tak ada dirimu. 

2. Tidak bisa menjaga rahasia dengan baik

Hati-hati 5 Sikap Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Jadi Bahan Gosip, lho! pexels/ fauxels

Suka mengumbar aib atau rahasia orang lain, biasa disebut dengan "mulut ember". Kamu gak akan segan-segan untuk membongkar urusan pribadi orang demi dijadikan bahan berghibah. Padahal, dia sudah percaya sepenuhnya padamu. Gak heran kalau nanti kamu juga bakal mendapat balasan yang setimpal, alias digosipin juga olehnya. 

Baca Juga: 8 Pertanyaan Tes Psikologi Ini Bisa Tebak Sikap Asli Kamu, Mau Coba?

3. Suka pamer dan haus akan pujian

Hati-hati 5 Sikap Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Jadi Bahan Gosip, lho! pexels/ fauxels

Orang yang sombong dan suka pamer, tentu akan jadi sasaran empuk para pencinta gosip. Mereka seolah menunggu-nunggu kejuatan apalagi yang bakal kamu tunjukkan. Memang di depanmu mereka nampak ikut senang, dan memberikan pujian yang kamu dambakan. Tapi belum tentu di belakang, mereka bisa menahan diri untuk tidak bergosip tentang kesombonganmu tadi. 

4. Terlalu mengumbar masalah pribadi

Hati-hati 5 Sikap Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Jadi Bahan Gosip, lho! pexels/ Anastasiya Gepp

Menceritakan masalah pribadi pada orang-orang yang gemar bergosip adalah kesalahan fatal. Ibarat memberi makan ikan-ikan yang kelaparan, kamu harus siap dijadikan bahan gosip berikutnya. Makanya, hati-hati pilih teman curhat, atau lebih baik selesaikan masalahmu sendiri tanpa melibatkan orang lain. 

5. Suka pilih-pilih teman

Hati-hati 5 Sikap Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Jadi Bahan Gosip, lho! pexels/ Daria Shevtsova

Kamu yang gemar membeda-bedakan dalam berteman, gak akan luput dari pergunjingan. Tentu banyak orang yang salah paham dan gak suka dengan sikapmu itu. Padahal, belum tentu sikap pilih-pilih teman itu berarti kamu sombong, ya. Karena lumrah kok, jika seseorang mencari kenyamanan dengan berteman dengan orang-orang yang sepemikiran sama dia. 

Pada dasarnya, kita gak bisa mengontrol orang lain mau berbuat apa. Sebaliknya, kita bisa mengontrol diri sendiri untuk tidak melakukan kelima sikap di atas. Supaya kamu gak jadi langanan gosip terus-terusan. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: 5 Dampak Buruk dari Kebiasaan Pamer, Bisa Jadi Bahan Gosip!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You