Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Punya Bakat Sombong sejak Dini, Hati-hati!

Hanya mau bergaul sama mereka yang satu level, waduh!

Punya bakat menyanyi, memasak, menari, melukis bahkan berbisnis sejak dini pasti bikin kamu sendiri dan keluarga bangga. Sebab, bila ditekuni, bukan gak mungkin, bakat tersebut bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, lho. Tapi bagaimana jadinya jika bakat yang kamu miliki adalah kesombongan? 

Bukannya dapat untung, bisa-bisa itu malah merugikan dirimu ke depannya. Nah, kira-kira apakah benar kamu punya bibit sombong sejak masih muda? Berikut lima ciri yang menguatkan dugaan tersebut. 

1. Harus membeli barang mewah agar terlihat 'wah'

5 Tanda Kamu Punya Bakat Sombong sejak Dini, Hati-hati!ilustrasi orang shopping (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bagimu, penampilan itu nomor satu. Gak cukup dengan terlihat bersih, wangi dan rapi, tapi kamu juga mewajibkan diri untuk tampil glamor. Maka gak heran kalau kamu sering membeli barang-barang mewah dan dengan merk ternama. Supaya terlihat paling 'wah' di antara teman-temanmu. 

Kalau ada budget-nya, sih, gak masalah. Namun gak jarang kamu suka memaksakan diri membeli apa yang gak mampu kamu beli. Sampai harus pinjam uang atau dana tabungan. Karena jika tidak memakai barang-barang branded, kamu jadi merasa kurang percaya diri.

2. Mengunggah setiap kegiatan yang kamu lakukan ke media sosial supaya dipuji

5 Tanda Kamu Punya Bakat Sombong sejak Dini, Hati-hati!ilustrasi berswafoto di cafe (pexels.com/cottonbro)

Kamu termasuk orang yang haus akan pujian. Oleh karena itu, dirimu kerap kali menunjukkan setiap aktivitas mewah ke media sosial, supaya mengundang decak kagum orang yang melihatnya. Gak jarang, nih, kamu maksa pergi ke suatu cafe yang terkenal mahal hanya untuk kepentingan pamer semata. 

Memang, sih, bakal ada saja orang yang merasa iri dan melontarkan pujiannya padamu. Tapi ingat, gak sedikit pula yang justru menganggap kamu, tuh, jumawa. Kalau diteruskan, takutnya makin banyak orang yang kesal dengan sikapmu ini, lho. 

3. Hanya mau bergaul sama mereka yang kamu anggap selevel denganmu

5 Tanda Kamu Punya Bakat Sombong sejak Dini, Hati-hati!ilustrasi pilih-pilih teman (pexels.com/ELEVATE)

Selektif dalam berteman memang gak ada salahnya. Selama tujuannya baik, ya. Seperti demi menghindari salah pergaulan, sehingga nantinya kamu gak terjerumus ke hal-hal negatif. Tapi jika mengklasifikasikan teman berdasarkan tingkat ekonominya, itu sudah keterlaluan. 

Oke, untuk urusan bisnis mungkin masih bisa ditoleransi. Tapi beda cerita dengan kehidupanmu sehari-hari. Masa iya, sih, mau kenalan sama orang harus tanya dulu dia kerja di mana dan berapa penghasilannya dalam sebulan? Kalau begini caranya, jangan marah jika kamu sering dibilang sombong.

Baca Juga: 5 Ciri Orang yang Sombong, Bukan Cuma Suka Pamer

4. Sering memuji diri sendiri di hadapan banyak orang demi terlihat keren

5 Tanda Kamu Punya Bakat Sombong sejak Dini, Hati-hati!ilustrasi menyombongkan diri (pexels.com/fauxels)

Ingat pepatah mengatakan 'langit tidak perlu menjelaskan dirinya tinggi', orang juga sudah tahu sejak dulu. Namun sepertinya, nasihat itu gak mempan bagimu. Tetap saja, kamu suka memuji diri sendiri supaya terlihat pintar dan kaya raya di depan orang lain. 

Malu gak, sih, dengan sikapmu ini? Sementara di atas langit masih ada langit, lho. Siapa tahu, di antara teman-teman yang mendengarkanmu menyombongkan diri itu, ada satu yang lebih tajir melintir darimu. Tapi dia memilih diam dan gak suka pamer sana-sini. 

5. Kamu sering dengan mudahnya menyepelekan kehidupan orang lain

5 Tanda Kamu Punya Bakat Sombong sejak Dini, Hati-hati!ilustrasi menyepelekan teman (pexels.com/Chad Witbooi)

Kamu bukan tipikal orang yang menghargai proses orang lain dan suka menganggap mereka gak sepadan denganmu. Melihat ada teman yang sedang berjuang membangun usaha kecil-kecilan, kamu langsung merasa lebih superior. Karena sudah memiliki karir yang mapan di perusahaan bergengsi. 

Padahal, namanya roda kehidupan pasti akan berputar. Tidak ada yang tahu jika ternyata nanti, ketika temanmu ini sudah menjadi pengusaha sukses, kamu malah harus kehilangan pekerjaan karena kena PHK. Saat itu terjadi, apa kamu masih bisa menyombongkan diri? 

Mengembangkan bakat yang dimiliki memang bagus, kecuali bakat yang dimaksud adalah jadi orang sombong. Jangan sampai, deh, kamu keterusan jumawa hingga dewasa. Nanti malah susah punya teman, lho. So, jika memang kelima tanda di atas ada pada dirimu, sebaiknya segera ubah dari sekarang, ya!

Baca Juga: 5 Cara Ajaib Menaklukkan Rasa Rendah Diri, Bukan Mau Sombong! 

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya