Comscore Tracker

6 Tanda kalau Kamu Termasuk Tipe Teman yang Sok Tahu

Jangan sampai bikin temanmu menjauh ya!

Melihat orang yang selalu berlagak paling pintar pasti membuatmu risi, bukan? Tapi bagaimana bila orang tersebut adalah dirimu sendiri? Di antara teman-teman lainnya kamu paling doyan tampil dan merasa superior. Mungkin kamu gak sadar ketika melakukannya, tapi jika memliki tanda-tanda ini berarti kamu termasuk tipe teman yang sok tahu.

1. Suka menginterupsi pembicaraan orang

6 Tanda kalau Kamu Termasuk Tipe Teman yang Sok TahuPhoto by Andrea Piacquadio from Pexels

Setiap kali ada teman yang sedang berbicara serius, kamu senang sekali menyela. Seolah-olah kamu gak ingin memberinya kesempatan untuknya unjuk gigi. Ini karena kamu paling sebal jika ada orang lain yang terlihat lebih cerdas darimu. 

2. Suka sekali memberikan nasihat pada teman-teman

6 Tanda kalau Kamu Termasuk Tipe Teman yang Sok TahuPhoto by Ketut Subiyanto from Pexels

Melihat ada temanmu yang sedang punya masalah, kamu selalu maju paling depan. Bukan untuk membantunya, tapi justru memberinya nasihat yang sebenarnya gak terlalu penting. Kamu senang terlihat bijak di mata orang lain. Padahal belum tentu juga teman-temanmu berpikir demikian.  

3. Menyepelekan masalah yang sedang dihadapi teman

6 Tanda kalau Kamu Termasuk Tipe Teman yang Sok Tahupexels/Andrea Piacquadio

Selain menjejalinya dengan nasihat dan petuah, kamu juga hobi menyepelekan masalah yang tengah dihadapi temanmu. Menurutmu, persoalan seperti itu gak perlu dibesar-besarkan. Tiap orang pasti pernah mengalaminya, dan bagimu dia hanya sedang melebih-lebihkan situasi supaya mendapatkan perhatian saja. 

Baca Juga: 5 Trik Mudah untuk Bisa Akrab dengan Teman-teman dari Pasangan

4. Suka menebak-nebak jalan pemikiran orang

6 Tanda kalau Kamu Termasuk Tipe Teman yang Sok TahuPhoto by Gustavo Fring from Pexels

Baru juga kenal, kamu sudah berani menebak jalan pemikiran orang. Niatnya sih biar kelihatan supel dan mudah bergaul, tapi nyatanya sikap yang demikian ini malah membuatmu terlihat sok ngerti. Teman-temanmu juga bakal merasa gak nyaman jika kamu terus bersikap demikian. 

5. Gak terbuka dengan saran dan kritikan

6 Tanda kalau Kamu Termasuk Tipe Teman yang Sok Tahupexels/Gustavo Fring

Buntut dari sikap sok tahumu itu adalah kamu jadi merasa paling benar. Gak ada satu pun orang yang boleh menentang pendapatmu. Apalagi ketika mereka memberikan saran dan kritikan. Kedua telingamu akan langsung tertutup dengan sendirinya. Sadar gak sih, sikap yang seperti ini hanya akan membuatmu gak berkembang.

6. Semua omonganmu tanpa dasar alias gak ada buktinya sama sekali

6 Tanda kalau Kamu Termasuk Tipe Teman yang Sok TahuPhoto by Andrea Piacquadio from Pexels

Gemar membual dan meninggi-ninggikan diri di hadapan banyak orang, nyatanya apa yang kamu ceritakan gak ada dasarnya sama sekali. Semakin kentara deh, sifat sok tahumu itu. Ketika ada teman yang lebih pintar dan kritis, di situlah kamu akan kena batunya. Seperti saat ditanya, dari mana kamu mendapat informasi tersebut. Bukannya menjawab, kamu malah sibuk cari-cari pembenaran. 

Nah, itu tadi keenam tanda yang menguatkan jika kamu adalah tipe teman yang sok tahu. Setelah membaca, apakah kamu merasa tersindir atau gak? Jika jawabanmu iya, maka gak ada salahnya ya untuk mengubahnya!

Baca Juga: 5 Tips Mendekatkan Diri dengan Teman-teman yang Lama Tak Bertemu

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya