Comscore Tracker

Bukan Pelit, Ini Tanda Temanmu Hanya Sedang Berusaha Irit

#IDNTimesLife Ada kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi

Melihat teman yang sering berat mengeluarkan uang dari dalam dompetnya, bukan berarti dia termasuk tipe orang yang pelit, lho. Kamu harus mengkaji lebih jauh lagi sebelum menyimpulkan kalau dia, tuh benar-benar kikir. Jangan sampai dugaanmu itu tak beralasan dan hanya berdasarkan penilaian secara subjektif saja. 

Bisa jadi saat ini temanmu itu sedang berusaha irit. Memang kelihatannya jadi kaya orang pelit, namun ada alasan di balik sikapnya ini, dong. Misalnya sedang ada kebutuhan mendesak yang harus dibiayai. Nah, biar yakin si dia gak pelit dan hanya mau super irit saja, coba cek dulu kelima tandanya di bawah ini, ya. Baru, deh kamu boleh menilai dengan adil. 

1. Membawa bekal makan dari rumah dan suka menolak kalau diajak ke kantin

Bukan Pelit, Ini Tanda Temanmu Hanya Sedang Berusaha IritPexels.com/Alexander Suhorucov

Ciri yang paling terlihat adalah, temanmu ini mendadak rajin banget bawa bekal ke kantor. Gak hanya pas tanggal tua, bahkan setelah terima gaji pun dia tetap bawa bekal dengan menu yang sederhana.

Kalau tahu begini, jangan diledekin, ya. Maklumi juga, jika tiap kali diajak mampir ke kantin dia suka menolak. Mungkin pikirnya daripada uang habis cuma buat beli makanan enak, lebih baik ditabung biar uangnya cepat terkumpul banyak. 

2. Tiap kali harus patungan uang, dia selalu memberi dengan nominal kecil

Bukan Pelit, Ini Tanda Temanmu Hanya Sedang Berusaha IritPexels.com/Kindel Media

Ceritanya ada teman satu kantor yang habis lahiran, nih. Nah, sebagai rekan kerja satu ruangan, kalian punya ide buat patungan beli kado untuk si baby.

Gak usah heran kalau pas dimintai uang iuran temanmu ini cuma kasih sedikit. Bukannya pelit, ya tapi mungkin dia memang hanya punya budget segitu. Bisa jadi saat ini dia lebih butuh banyak uang daripada kalian, lho. 

3. Dia memang sulit memberikan bantuan materi tapi soal tenaga jangan ditanya

Bukan Pelit, Ini Tanda Temanmu Hanya Sedang Berusaha IritPexels.com/International Fund for Animal Welfare

Memang kalau soal keluar uang, temanmu lagi berat banget melakukannya. Tapi jika diminta menyumbang tenaga dia bakal berdiri paling depan, lho. Bahkan temanmu ini gak segan-segan melakukan pekerjaan terberat dibandingkan yang lain.

Ini semata-mata untuk menebus, karena dia merasa gak bisa membantu banyak perkara materi atau uang. Salut, deh! Masih ada niat baik begitu.  

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Persahabatan agar Bertahan Lama hingga Kalian Menua

4. Akhir-akhir ini dia mulai membatasi diri untuk ikut hangout dengan kalian

Bukan Pelit, Ini Tanda Temanmu Hanya Sedang Berusaha IritPexels.com/Keira Burton

Kalau boleh jujur, sih pengin juga bisa jalan-jalan tiap weekend sama teman-teman. Tapi apa boleh buat, kebutuhan hidup lagi mendesak banget. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, sebagai pekerja lepas dia lagi sepi job.

Ya, mau gak mau uangnya harus diirit-irit dulu. Salah satunya dengan membatasi pergi keluar dan jajan. Maklumi, ya kalau dia suka menolak tiap kali diajak hangout

5. Kalau pun ikut ngumpul, ya paling pesan menu yang termurah. Gak usah ditanya lagi apa alasannya

Bukan Pelit, Ini Tanda Temanmu Hanya Sedang Berusaha IritPexels.com/Gary Barnes

Sekalinya mau datang pas diajak ngumpul, kamu lihat dia cuma pesan kentang goreng ukuran kecil dan es teh. Heran, padahal dulu hampir semua menu dia cobain, lho. Eh, sekarang kok pesanannya jadi minimalis gini, ya?

Sementara teman yang lain asyik menikmati makanan, dia minum sedikit demi sedikit dan makan kentangnya juga sepotong-sepotong. Suka kasihan gak, sih lihatnya kalau begini? 

Nah, sekarang sudah paham kan bedanya pelit sama irit? Kalau memang kelihatannya temanmu sedang berhemat, ya sebagai sahabatnya kamu harus mendukung, dong. Caranya adalah dengan tidak mendesaknya untuk menghambur-hamburkan uang terus. Kalau lagi kumpul bareng, kalian bisa patungan beli menu makanan dengan porsi besar. Kan, bisa tuh dimakan ramai-ramai. Lebih asyik dan bikin makin akrab juga, kan? 

Baca Juga: 10 Balasan Chat Paling Irit, akan Ngajak Berantem Kali Nih

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya