Comscore Tracker

5 Cara Menyikapi Teman Hobi Menyindir ketika Ada Masalah

Jangan sampai terpancing emosi, ya!

Setiap orang pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Karakter ini pada akhirnya akan mempengaruhi cara seseorang ketika menghadapi masalah, tak terkecuali temanmu. 

Ketika menghadapi masalah yang bersinggungan denganmu, selalu saja dirinya main sindir. Baik di media sosial maupun bercerita ke orang di sekitarmu serta dia. Awalnya kamu gak ambil pusing dengan sikap kekanak-kanakan ini. Namun, ketika dibiarkan, lama-lama rasanya seperti terkena fitnah. 

Jika kamu mengalami hal ini, tenang! Jangan sampai kamu menggunakan otot untuk menanggapinya. Gunakan lima cara di bawah ini untuk menyikapi tingkah lakunya, agar masalah kalian cepat selesai tanpa mencoreng nama baikmu ke depannya. 

1. Jangan terpancing emosi dan anggap sindiran itu bukan untukmu

5 Cara Menyikapi Teman Hobi Menyindir ketika Ada Masalahilustrasi teman ngobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Kamu harus menghadapinya dengan kepala dingin. Usahakan untuk tidak terpancing emosi. Anggap saja isi statusnya di media sosial itu bukan dibuat untukmu, tapi temannya yang lain. Ya, meskipun bila ditilik dari ciri-cirinya, sih, memang lebih mengarah ke kamu. 

Pasang tampang masa bodoh saja. Karena jika diladeni, otomatis kamu malah terperangkap dalam permainannya, lho. Bisa jadi dia berpura-pura gak melakukan apa pun dan bilang bahwa yang dia maksud dalam uanggahannya itu bukan kamu.

2. Lebih baik berkaca, apa kesalahan yang telah kamu lakukan ke dia?

5 Cara Menyikapi Teman Hobi Menyindir ketika Ada Masalahilustrasi introspeksi diri (pexels.com/Engin Akyurt)

Mendapat sindiran bertubi-tubi dari seorang teman tentu membuatmu kesal sekaligus marah. Tetapi sebelum meluapkan emosimu itu, ada baiknya introspeksi diri dulu. Siapa tahu, semua drama ini justru berawal darimu sendiri. Ada tingkah atau perkataanmu yang ternyata menyinggung perasaannya. 

Bukannya langsung menyadari kesalahan dan minta maaf, hari berikutnya kamu malah bersikap seolah-olah gak pernah terjadi apa-apa. Jadi, demi menunjukkan ekspresi kecewa dan sakit hatinya, dia memilih unggah kalimat-kalimat sindiran yang makin jelas untuk kamu. 

3. Hindari melemparkan sindiran balik ke dia sebagai balasan

5 Cara Menyikapi Teman Hobi Menyindir ketika Ada Masalahilustrasi ngobrol bareng (pexels.com/olia danilevich)

Jangan pernah berpikir untuk melakukan hal serupa ketika kamu mendapat serangan semacam ini. Karena jika kamu balik melempar sindiran juga ke dia, masalah kalian gak bakal selesai. Justru yang ada akan bertambah panjang karena muncul persoalan baru. Mungkin, sindiran yang kamu tulis lebih kejam dari apa yang dia bagikan sebelumnya. 

Ujung-ujungnya malah jadi 'perang sindiran', kan? Ingat, kalian sudah sama-sama dewasa. Memadamkan api dengan api hanya akan membuat kobarannya makin besar.

Lebih baik kamu bersikap kalem. Balas dengan cara positif seperti memberi isyarat bahwa semua masalah bisa diobrolkan baik-baik, kok. Siapa tahu dengan melihat responmu ini, dia bisa berubah dan gak main sindir lagi. 

Baca Juga: 5 Tipe Komunikasi yang Menguatkan Ikatan Pernikahan, Hindari Sindiran!

4. Tak perlu mencari dukungan dengan menjelek-jelekkan dia di depan orang lain

5 Cara Menyikapi Teman Hobi Menyindir ketika Ada Masalahilustrasi orang bergosip (pexels.com/nappy)

Terkadang karena takut teman-teman yang lain terpengaruh sama sindirannya, kamu jadi perlu gerak cepat mencari dukungan. Caranya adalah dengan balik menyerang dia dan membeberkan sisi buruknya ke orang lain. Intinya, kamu mau mencari massa pendukung. Coba, deh, pikirkan dulu apa akibatnya kalau kamu nekat memilih cara ini. 

Tak menutup kemungkinan ada orang yang menilai sikapmu itu kekanak-kanakan dan terlihat buruk. Padahal belum tentu sindirian dia selama ini memang ditujukan ke kamu. Bisa saja kamu cuma salah terka. Bukannya mendapat simpati, yang ada image-mu jadi jelek karena terlalu tergesa-gesa mengambil sikap tanpa pikir panjang. 

5. Bila memungkinkan ajak dia bertemu dan ngobrol berdua

5 Cara Menyikapi Teman Hobi Menyindir ketika Ada Masalahilustrasi ngobrol berdua (pexels.com/Mikhail Nilov)

Daripada kamu berburuk sangka dan menyimpulkan sendiri, lebih baik ajak temanmu ini buat bicara empat mata. Bilang bahwa kamu ingin meluruskan situasi yang terkesan canggung di antara kalian. Gak masalah jika kamu tanya terus terang sindiran yang dia layangkan selama ini untuk siapa. Apakah memang benar itu untukmu? Karena kamu sempat merasa tersindir.

Dengan melihat mimik wajahnya secara langsung saat menjawab, tentu kamu bisa membedakan. Dia sedang menyangkal atau memang benar kamu yang salah paham. Memang butuh nyali untuk memulai obrolan ini. Kamu juga harus siap terima risiko malu, jika memang terbukti dia gak menyindirmu. Tapi dengan begitu hatimu bakal merasa lega, kan?

Kesal juga mendapatkan sindiran setiap hari dari orang yang sama. Sementara posisinya kamu gak merasa punya salah apa-apa padanya. Meskipun bikin jengkel, paling penting kamu harus tetap berpikir dengan kepala dingin.

Baca Juga: 9 Quotes Bahasa Inggris Tentang Sindiran, Terdengar Lebih Elegan!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya