Comscore Tracker

7 Ucapan Ini Pantang Kamu Katakan pada Teman yang Orangtuanya Berpisah

Tolong hargai perasaannya

Mengetahui temanmu menjadi korban perceraian orangtuanya, membuatmu merasa iba sekaligus penasaran. Satu sisi kamu turut prihatin dengan kondisinya, tapi di sisi lain gak dapat dimungkiri ada rasa kepo juga. Meskipun sangat ingin tahu secara detail keadaannya saat ini, ada baiknya kamu gak ikut campur terlalu jauh. 

Ditambah lagi, sampai tega mengucapkan ketujuh kalimat ini. Sebab pantang bagimu sebagai teman untuk mengulik lebih lanjut tentang masalah keluarganya. Biar gak keceplosan ada baiknya kamu tahu apa saja ucapan yang sebaiknya tidak disampaikan pada teman, yang orangtuanya baru saja berpisah. 

1. Bagaimana perasaannya setelah orangtuanya tak lagi bersama

7 Ucapan Ini Pantang Kamu Katakan pada Teman yang Orangtuanya BerpisahPexels.com/Streetwindy

Pertanyaan seperti ini memang gak layak untuk ditanyakan. Gak perlu dipertegas juga kamu seharusnya tahu bahwa dia sedang amat terpukul dan sedih.

Mungkin saat ini dia sedang mencoba menghibur diri dengan cara menemui teman-temannya. Bayangkan bagaimana hancur hatinya ketika kamu dengan entengnya melontarkan pertanyaan seperti itu. 

2. Setelah mereka pisah dengan siapa dia memilih tinggal sekarang

7 Ucapan Ini Pantang Kamu Katakan pada Teman yang Orangtuanya Berpisahpexels.com/Pixabay

Mungkin saja saat kamu berniat mengajukan pertanyaan itu, dia juga tengah dilema menentukan pilihan. Apakah akan tinggal bersama ayah atau ibunya.

Memberinya pertanyaan ini hanya akan membuat temanmu semakin galau dan obrolan kalian malah jadi canggung. Mending kamu diam dan tunggu saja deh. Toh, nantinya juga dirimu akan tahu sendiri, pada akhirnya dia tinggal bersama siapa. 

3. Apa pendapatnya tentang ayah, ibu dan saudara tiri

7 Ucapan Ini Pantang Kamu Katakan pada Teman yang Orangtuanya BerpisahPexels.com/Andrea Piacquadio

Setelah kedua orangtuanya berpisah, ada kemungkinan mereka akan menikah lagi dengan orang lain. Otomatis temanmu bakal memiliki ayah, ibu dan saudara tiri. Pasti tidaklah mudah baginya untuk menerima kondisi itu. Makanya, tahan dirimu untuk gak menanyakan pertanyaan tersebut ya!

Baca Juga: 6 Artis Bollywood dengan Pernikahan Tersingkat, Baru 2 Bulan Cerai!

4. Apakah kedua orangtuanya masih berkomunikasi atau tidak

7 Ucapan Ini Pantang Kamu Katakan pada Teman yang Orangtuanya BerpisahPexels.com/ Andrea Piacquadio

Sudah berlalu sekian bulan lamanya, kamu jadi penasaran apakah ayah dan ibunya masih berhubungan baik atau tidak. Memang ada beberapa pasangan yang tetap menjalin komunikasi dengan baik pasca bercerai, tapi belum tentu dengan kedua orangtua temanmu ini. Jadi, jika memang kamu gak yakin jawabannya bakal menggembirakan, lebih baik tahan diri untuk tidak bertanya. 

5. Apa sebenarnya penyebab mereka berpisah

7 Ucapan Ini Pantang Kamu Katakan pada Teman yang Orangtuanya BerpisahPexels.com/ Sheep

Pertanyaan berikut bisa dibilang sudah kelewatan. Selain menyangkut privasi kedua orangtuanya, temanmu juga belum tentu tahu betul apa yang menjadi akar permasalahan, sehingga membuat orangtuanya harus bercerai. Makanya, pertanyaan semacam itu hanya akan membuka luka yang sudah susah payah berusaha dia sembuhkan sendiri. Memang kamu gak kasihan sama dia?

6. Siapa yang lebih dulu memutuskan untuk bercerai

7 Ucapan Ini Pantang Kamu Katakan pada Teman yang Orangtuanya BerpisahPexels.com/LinkedIn Sales Navigator

Sama halnya dengan yang sebelumnya, pertanyaan ini juga gak kalah sensitif untuk diungkapkan. Sudah kelewat tidak sopan kalau kamu sampai hati mengatakannya. Bercerai bukan sebuah keputusan yang mudah untuk diambil.

Temanmu pasti menyaksikan sendiri, betapa peliknya hubungan orangtua dia ketika akan memutuskan untuk berpisah. Sebagai sahabat, jaga perasaannya dengan tidak menanyakan pertanyaan ini ya!

7. Mengatakan bahwa dia beruntung masih memiliki orangtua

7 Ucapan Ini Pantang Kamu Katakan pada Teman yang Orangtuanya BerpisahPexels.com/VisionPic .net

Mungkin ungkapan ini kamu katakan dengan maksud untuk membuatnya tenang. Tapi bukannya menghibur, mengatakan bahwa dia beruntung masih memiliki orangtua meskipun tak lagi serumah, hanya akan membuat perasaannya kembali hancur.

Tidak ada keluarga yang utuh, kecuali mereka bisa tinggal satu atap dalam keharmonisan. Kalau boleh memilih, temanmu pasti ingin orangtuanya bisa rujuk lagi seperti dulu. 

Manusiawi kok, jika kamu merasa penasaran dengan kisah temanmu yang mengalami perceraian orangtua. Tapi sebagai teman dan manusia yang punya hati nurani, sebaiknya buang jauh rasa penasaran itu.

Kalau dia tidak bercerita, jangan sampai kamu berusaha untuk memancingnya. Cukup berikan semangat dan bantu dia melewati masa sulit ini dengan tegar. Nah, itu baru gunanya persahabatan. 

Baca Juga: 5 Hikmah dari Sulitnya Mendapat Restu Orangtua untuk Hubunganmu

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya