Comscore Tracker

Gampang Baper? 7 Keistimewaan Ini Pasti Kamu Miliki

Kenapa sih dia sensitif banget? Dasar baper!

Apakah kamu merasa suka baper?

Atau kamu suka merasa teman atau kenalanmu adalah seseorang yang sensitif?

Dan merasa aneh dengan sikap mereka?

"Jadi orang kok sensitif banget sih? Heran!"

"Gitu aja nangis! Aneh."

"Ah, lemah.. nonton film sad ending aja pakai nangis segala."

Mungkin statement di atas seringkali muncul dalam benakmu, atau pun kamu pernah dengar perkataan tersebut keluar dari orang lain. Terlepas dari semua keherananmu terhadap orang yang super sensitif dan mudah menangis. Memang ada kepribadian yang dinamakan melankolis di dalam dunia psikologi. 

Dilansir dari psychoshare.com, kepribadian melankolis sendiri digambarkan sebagai orang yang memiliki tipe kepribadian yang khas seperti mudah kecewa, daya juang kecil, muram, pesimistis, penakut, dan kaku. Mereka menganggap segala sesuatu amat penting. Di segala tempat mereka menemukan alasan untuk merasa khawatir dan yang pertama-tama mereka perhatikan dari sesuatu keadaan ialah kesulitan-kesulitannya. Ini dilakukannya tidak atas dasar pertimbangan keakhlakan melainkan karena pergaulan dengan orang lain membuat ia khawatir, berprasangka, dan sibuk berpikir. Justru karena sebab inilah rasa bahagia menjauhinya.

Tetapi daripada ngeluarin sentimen negatif melulu, mendingan kita lihat yuk lima keistimewaan dari orang yang peka dan sensitif atau disebut si melankolis.

Supaya kita bisa belajar menghargai dan lebih mengerti orang lain lagi.

1. Analitis, mendalam, dan penuh pikiran

Gampang Baper? 7 Keistimewaan Ini Pasti Kamu MilikiPexels.com/freestock.org

Si melankolis ini suka menganalisa sesuatunya. Jadi dapat disimpulkan, ia tidak mengambil keputusan secara gegabah. Ia memikirkan baik-baik keputusan apa yang akan ia ambil, omongan atau statement apa yang akan ia keluarkan, kegiatan apa yang akan ia lakukan, reaksi dia atas segala sesuatunya. Jadi lebih teratur deh hidupnya.

2. Artistik, musikal dan kreatif

Gampang Baper? 7 Keistimewaan Ini Pasti Kamu Milikiunsplash.com/Jon Ly

Orang dengan selera artistik dan musikal yang tinggi, wow banget! Bukan hanya pintar dalam bidang akademis saja, tetapi si melankolis juga unggul dalam bidang artistik dan musikal. Kepekaannya akan kreatifitas pun lebih tinggi. Memang Tuhan ciptakan seperti itu, mungkin supaya dapat membuat mahakarya yang luar biasa. Orang dengan sisi kreatifitas yang tinggi, berarti diharapkan dapat membuat inovasi-inovasi di dalam hidupnya, agar tidak cepat bosan dan hidupnya tidak monoton dan berjalan seperti itu saja.

3. Mau mengorbankan diri dan idealis

Gampang Baper? 7 Keistimewaan Ini Pasti Kamu MilikiPexels/Pixabay

Di jaman modern seperti ini, sepertinya cukup langka orang yang benar-benar mau mengorbankan diri untuk orang lain. Bagi kamu yang suka mengorbankan dirinya bagi orang lain, mungkin sepuluh jempol akan diacungkan kepadamu. Maka ada pepatah yang mengatakan bahwa memberi lebih baik daripada menerima. Apabila kita dapat membantu orang lain rasa senangnya pakai banget! Dibutuhkan juga orang yang idealis akan apa yang baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Baca Juga: 5 Cara Agar Kamu Lebih Santai & Tidak Terlalu Sensitif

4. Senang dengan hal-hal yang detil, tekun, serba tertib dan rapi

Gampang Baper? 7 Keistimewaan Ini Pasti Kamu Milikionehallyu.com

Memulai segala sesuatu mungki tidak mudah, apalagi tekun dalam mengerjakan sesuatu, pasti dibutuhkan usaha lebih untuk konsisten dan tidak cuma angin-anginan saja. Usaha apa saja bila dijalankan dengan tekun, peluang kesuksesannya terbuka lebih lebar lagi. Coba lihat orangtuamu, tekun dalam mengurus anak-anaknya hingga sebesar ini kan?

5. Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi

Gampang Baper? 7 Keistimewaan Ini Pasti Kamu MilikiUnsplash/Benwhite

Orang yang mau mendengarkan orang lain, bukan hanya mendengar sepintas lalu saja, berpeluang besar untuk meraih kesuksesan. Karena orang seperti ini yang sangat dibutuhkan, mereka dapat mendengarkan masalah orang lain, lalu dapat memikirkan bagaimana jalan keluar dari permasalahannya. Terus siapa sih yang ga suka dengan orang yang setia, yang ga suka mengkhianati kepercayaan kita? Bisa dijadiin kandidat pacar nih. Hehe..

6. Sangat memperhatikan orang lain

Gampang Baper? 7 Keistimewaan Ini Pasti Kamu Milikikpopmap.com

Hayooo siapa yang ga suka diperhatikan orang lain?

Suka memperhatikan orang lain dan memiliki tenggang rasa juga merupakan salah satu kelebihan si melankolis ini, jadi bukan hanya menuntut doang bisanya atau egois, si melankolis ini suka memperhatikan orang lain dan membantu mereka apabila dibutuhkan.

7. Kalau sudah mulai, pasti akan dituntaskan

Gampang Baper? 7 Keistimewaan Ini Pasti Kamu MilikiPexels/Mentatdgt

Banyak sekali orang di dunia ini, yang semangatnya pada saat awal-awal saja. Ini yang seringkali jadi kendala kita di dalam kehidupan. Nah kelebihan orang dengan tipe melankolis ini, suka menyelesaikan apa yang sudah di mulai. KAlau sudah mulai, ya dituntaskan, bukannya dibiarkan mengambang begitu saja.

Baca Juga: Terlalu Sensitif, 5 Zodiak ini Sering Banget Bad Mood!

Angelin Irena Photo Community Writer Angelin Irena

I love writing to keep my thoughts in the world. Thankyou for reading my articles. IG: @angelinirena. E-mail: angelinirena@yahoo.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila
  • Siantita Novaya

Just For You