Comscore Tracker

Coba Lakukan 6 Hal Ini Supaya Kamu Bisa Dipercaya Orang Lain!

Mendapat dan menjaga kepercayaan itu mahal, lho

Mendapat kepercayaan dari orang lain bukanlah sesuatu yang mudah. Hal ini dikarenakan orang tersebut sudah yakin akan sifatmu sehingga berani mempercayakan sesuatu padamu. Nyatanya, mendapatkan kepercayaan dari orang lain bisa mendatangkan banyak dampak positif dalam kehidupan, lho!

Meskipun tidak mudah, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Oleh karena itu, coba terapkan 6 hal ini supaya kamu bisa dipercaya oleh orang lain!

1. Hindari berdebat dengan orang lain

Coba Lakukan 6 Hal Ini Supaya Kamu Bisa Dipercaya Orang Lain!pexels/Edmond Dantès

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda satu sama lainnya terhadap sesuatu. Tak sedikit dari kita yang memilih untuk berdebat dengan orang lain untuk membuktikan pandangannya adalah yang terbaik. Namun, ternyata melakukan hal itu hanyalah hal yang sia-sia, guys.

Alih-alih berdebat dan berargumen, kamu bisa melakukan diskusi dan negosiasi agar menemukan titik tengah dari suatu masalah tersebut. Dengan bernegosiasi, akan terbuka dengan lebar kesempatan baru untuk kamu berkolaborasi dengan lawan bicaramu karena kamu bisa mendapatkan insight baru dari lawan bicaramu. Jadi, manfaatkan dengan baik kesempatan ini, ya!

2. Jangan pernah mudah menyalahkan orang lain

Coba Lakukan 6 Hal Ini Supaya Kamu Bisa Dipercaya Orang Lain!pexels/Alex Green

Gajah di pelupuk mata tidak tampak, kuman di seberang lautan tampak. Memang, manusia lebih mudah untuk menemukan kesalahan orang lain sebelum melihat dirinya terlebih dahulu. 

Ketika kamu menemukan bahwa orang lain melakukan kesalahan, kamu bisa mengajak mereka untuk berbincang dengan damai. Kamu bisa memberikan pendapat dan menegurnya dengan baik mengenai kesalahannya. Jangan lupa, gunakan kepala yang dingin, ya! Jangan sampai menggunakan egomu dan malah membuat orang lain merasa tidak nyaman.

3. Jika kamu berbuat salah, segera akui kesalahanmu!

Coba Lakukan 6 Hal Ini Supaya Kamu Bisa Dipercaya Orang Lain!pexels/Brett Jordan

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Ketika kamu sadar bahwa kamu telah berbuat salah, segera akuilah. Percaya, deh, orang lain cenderung akan memaafkanmu dan memberikanmu kesempatan lagi jika kamu mengakui kesalahanmu dengan jujur. Saat kamu malah denial akan kesalahanmu, orang lain bisa salah paham denganmu dan justru berdampak negatif bagimu juga. 

Ketika kamu mengakui kesalahanmu dan minta maaf, kamu telah berhasil mengalahkan opini-opini negatif yang ada. Orang lain akan salut denganmu karena keberanianmu untuk mengakui kesalahan. Tapi ingat, jangan sampai jatuh pada lubang yang sama, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Orang yang Tertutup agar Bisa Berteman denganmu

4. Bersikaplah ramah pada semua orang

Coba Lakukan 6 Hal Ini Supaya Kamu Bisa Dipercaya Orang Lain!pexels/Armin Rimoldi

Saat berbicara dengan lawan bicara, sudah sepatutnya kita untuk menjaga ramah-tamah. Kita tentunya akan cenderung setuju dengan orang lain yang sudah ramah dengan kita dibanding orang yang berbicara dengan kasar, bukan? Oleh karena itu, keramah-tamahan terbukti menjadi pendekatan yang efektif saat membangun sebuah hubungan.

Percaya, deh. Dampak dari sifat ramah tadi sangat besar, lho! Mungkin tidak terlihat langsung, namun besar kemungkinan orang yang bertemu kamu akan mengajakmu berkolaborasi setelah melihat sifatmu yang tamah. 

5. Sharing pengalaman dengan orang lain juga perlu, lho!

Coba Lakukan 6 Hal Ini Supaya Kamu Bisa Dipercaya Orang Lain!pexels/nappy

Kamu bisa membagikan cerita perjalanan hidupmu dengan beberapa orang yang bisa kamu percaya. Dengan demikian, orang tersebut juga akan bersedia membagikan kisah mereka dan mulai percaya denganmu. Inilah yang disebut dengan membangun relasi dengan orang lain. 

Hal ini terbukti lebih efektif dalam membangun suatu hubungan karena tanpa disadari, kesuksesan itu bergantung pada kedalaman hubungan antar personal. Semakin banyak teman, rekan, dan sahabat kamu yang berbagi cerita perjalanan, semakin banyak hal yang bisa diraih bersama, dan besar kemungkinan kamu untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari mereka. 

6. Jangan lupa untuk jujur pada diri sendiri dan orang lain

Coba Lakukan 6 Hal Ini Supaya Kamu Bisa Dipercaya Orang Lain!pexels/Thirdman

Orang lain akan menaruh kepercayaan padamu karena mereka melihat sifatmu yang jujur. Ketika kamu berkata jujur, orang lain tidak akan ragu untuk percaya padamu. Ketika kamu sudah berjanji pada orang lain, tepati lah janji itu. Jika tidak bisa menepati janji, maka jangan pernah membuat janji pada orang lain.

Ketika kamu sudah ketahuan berbohong dan mengingkari janji, reputasi yang kamu bangun dengan susah payah bisa jadi hancur dalam sekejap dan kepercayaan yang diberikan padamu akan berkurang atau bahkan menghilang. Oleh karena itu, selalu ingat peribahasa “nila setitik rusak susu sebelanga” yang artinya “hanya karena satu kesalahan kecil, dapat menyebabkan semuanya salah.”

Nah, itulah 6 tips untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Setelah mendapatkan kepercayaan itu, jangan pernah untuk mengkhianati kepercayaan tersebut, ya. Selamat mencoba, guys!

Baca Juga: 7 Etika yang Sering Dianggap Sepele dan Diabaikan di Tempat Kerja

Angeline Shane Photo Writer Angeline Shane

Hanya seseorang yang ingin menyalurkan pikirannya melalui tulisan~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya