Comscore Tracker

5 Cara Mengendalikan Diri Agar Tidak Mengulang Kesalahan yang Sama 

Jangan berhenti evaluasi diri!

Manusia merupakan makhluk tak sempurna, sehingga tak mungkin setiap perbuatannya berjalan tanpa cela. Karena itu manusia kerap melakukan kesalahan. Namun demikian, bukan berarti seorang manusia tidak bisa menjadi lebih baik dari hari kemarin.

Terkadang saat seseorang sudah merasa lebih baik dari sebelumnya, ia kerap terjerat lagi sehingga melakukan kesalahan yang sama seperti di masa lalu. Lantas, apakah bisa seseorang lepas dari belenggu kesalahan yang terus berulang? Tentu  hal tersebut butuh proses agar tidak kembali jatuh kepada kesalahan yang sama. Ingat, setiap manusia pasti ingin hari esok lebih baik dari hari ini. Untuk itu jangan menyerah agar selalu wawas diri. Berikut ini 5 cara mengendalikan diri agar tidak kembali mengulang kesalahan yang sama. Yuk disimak!

1. Niat bersungguh-sungguh untuk menjauhkan diri dari kesalahan yang pernah terjadi

5 Cara Mengendalikan Diri Agar Tidak Mengulang Kesalahan yang Sama Unsplash.com / Jakob Owens

Niat adalah hal dasar yang timbul dari diri seorang manusia sebagai landasan melakukan sesuatu hal. Semakin kuat niat seseorang dalam mewujudkan sesuatu, maka ia akan berusaha keras untuk melakukan hal tersebut hingga menjadi kenyataan. Demikian juga ketika kamu ingin agar tidak melakukan kesalahan yang sama seperti sebelumnya, maka niat yang kuat adalah modal utama. Tanamkan selalu niat yang tulus dari hati agar langkahmu untuk meninggalkan kesalahan lama semakin dipermudah oleh-Nya.

2. Menjauhkan diri dari kegiatan yang bisa menjerumuskanmu ke kesalahan yang sama.

5 Cara Mengendalikan Diri Agar Tidak Mengulang Kesalahan yang Sama Unsplash.com /Yutacar

Untuk bisa mengendalikan diri agar tidak terjerumus ke dalam kesalahan yang sama, kamu perlu menjauhkan diri dari hal-hal yang mengarah ke kesalahan tersebut. Misalnya saja, jika kamu sudah berikrar pada diri untuk tidak lagi minum-minum, maka sudah seharusnya kamu menghindari tempat hiburan malam, bahkan menolak tawaran minum dari orang-orang di sekitarmu. Berusahalah sebisa mungkin untuk menjauh dari kegiatan yang dapat membuatmu terperosok kembali ke lubang yang sama. Dengan demikian kamu akan lebih mudah untuk menjaga diri.

3. Menghindari lingkungan dan pertemanan yang dapat memberi toxic padamu

5 Cara Mengendalikan Diri Agar Tidak Mengulang Kesalahan yang Sama Unsplash.com/ Jenny Hill

Tak hanya menghindari kegiatan yang dapat memicumu terjerat kepada kesalahan yang sama, kamu juga perlu menghindari lingkungan, seperti pertemanan yang tidak sehat yang malah dapat menjadi toxic dalam hidupmu. Jika kamu adalah tipe pribadi yang mudah terpengaruh lingkungan dan teman, maka sudah sepatutnya kamu menghindari lingkungan dan pertemanan yang tidak memberi efek positif dalam hidupmu. Mulailah mencari lingkungan pertemanan yang sehat dan jalinlah relasi yang baik dengan mereka. Jangan pernah minder membuka diri dengan orang-orang yang bisa dengan tulus berteman denganmu.

Baca Juga: Ini 5 Langkah Mudah Memberi Motivasi pada Sahabatmu yang Suka Minder

4. Teruslah berbuat baik setiap hari

5 Cara Mengendalikan Diri Agar Tidak Mengulang Kesalahan yang Sama Unsplash.com / Element5 Digital

Membiasakan diri berbuat baik akan melatih kognitifmu untuk senantiasa melakukan sesuatu yang positif. Jangan biarkan hari-harimu berjalan dengan melakukan perbuatan yang sia-sia. Mulailah dengan hal-hal sederhana seperti memberi sedekah atau membantu tetangga agar kamu bisa bermanfaat bagi sekitar. Semakin banyak perbuatan baik yang kamu lakukan, maka perlahan-lahan peluang untuk melakukan kesalahan yang sama akan semakin mengecil. Teruslah berbuat baik setiap hari, meski kecil, namun selalu menjadi agenda harianmu.

5. Selalu berusaha mengevaluasi diri setiap saat

5 Cara Mengendalikan Diri Agar Tidak Mengulang Kesalahan yang Sama Unsplash.com/ Alex Blăjan

Jangan lupa untuk memanfaatkan momentum pergantian hari ke hari sebagai momen memperbaiki diri. Apapun kondisimu, jangan pernah jemu untuk mengevaluasi diri. Setiap manusia tentu tak lepas dari namanya salah, namun hanya manusia yang mau mengakui kesalahan dan berusaha memperbaiki dirinya adalah orang yang hebat. Sebab ia berusaha melawan nafsu dalam diri agar tidak sampai menguasai dirinya. Ingatlah, ketika kamu melakukan kesalahan yang sama, jangan langsung memvonis diri tidak punya kesempatan lagi untuk berbenah. Lakukan yang terbaik selagi masih hidup dan teruslah berusaha menjadi pribadi yang pantang menyerah memperbaiki diri.

Demikianlah 5 cara mengendalikan diri agar tidak kembali mengulang kesalahan yang sama. Setiap manusia memiliki kesempatan menjadi lebih baik. Karena itu, jangan sia-siakan waktu yang diberikan Sang Maha Pencipta untuk selalu mengevaluasi diri ya.

Baca Juga: Kehilangan Motivasi? Yuk Dengar 5 Lagu KPop dengan Arti Menyentuh Ini

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You