Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengajak Debat Kusir

Debat gak membawa manfaat

Mungkin kamu suka kesal menghadapi teman yang selalu mengajak debat, mulai dari masalah sepele sampai masalah gede. Terkadang debat kusir tak berkesudahan bukannya membawa kebaikan, malah semakin memperparah situasi. Bisa-bisa hubunganmu dengan teman menjadi runyam hanya karena dipicu debat.

Debat panjang tanpa ujung tentu banyak kerugian dan justru gak menghasilkan solusi. Ada beberapa sikap yang mungkin bisa kamu lakukan untuk menghadapi teman model seperti ini.

Cek lima cara menyikapi teman yang doyan ajak debat.

1. Diam dan tidak membalas debatnya

5 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengajak Debat KusirUnsplash.com/ humberto chavez

Cara pertama untuk menyudahi aksi temanmu yang mengajak debat yakni dengan bersikap diam. Jangan sesekali menggubris omongannya dan tak perlu membalas setiap argumen-argumen debat yang temanmu lontarkan. Jadilah bijaksana dengan bersikap diam, dengan begitu temanmu pun tidak punya lawan debat. Diam adalah cara elegan untuk meminimalisir debat tak berkesudahan.

2. Bersabarlah dan dengarkan saja apa yang ia lontarkan

5 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengajak Debat KusirUnsplash.com/Landis Brown

Tarik nafas dalam-dalam dan dengarkan saja dahulu apa yang ia lontarkan. Jangan bersikap emosional dengan memukul meja atau berteriak lantaran malas mendengar debat dari temanmu. Yakinlah, orang yang terus berbicara tanpa mendapat umpan balik dari lawan bicara tentu akan merasa bosan sendiri. Ujungnya ia akan berhenti berdebat dan memilih menyerah.

3. Tersenyumlah meski temanmu sedang naik pitam saat berdebat

5 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengajak Debat KusirUnsplash.com/ Ben Konfrst

Dengan melemparkan senyum, kamu mencoba untuk bersikap tenang dan tidak terpancing debat temanmu. Bisa jadi temanmu juga akan heran melihat sikapmu yang tidak terpengaruh emosi akibat kondisinya yang tengah naik pitam. Semoga dengan sikap ini temanmu menjadi berhenti berdebat.

Baca Juga: Jangan Berdebat dengan Orang Jika Kamu Tak Miliki 5 Hal Ini!

4. Jika ia belum juga berhenti berdebat, minta dengan sopan untuk tidak melanjutkan debatnya

5 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengajak Debat KusirUnsplash.com/Ashkan Forouzani

Apabila temanmu belum juga mau berhenti berdebat, mulailah untuk memintanya untuk berhenti. Gunakan kalimat yang sopan dan tidak menyakiti perasaannya. Meminta teman berhenti berdebat merupakan cara untuk menyelamatkannya agar tak larut dalam debat tak berkesudahan.

5. Minta maaf dan tinggalkan dia jika masih bersikukuh untuk mengajak debat

5 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengajak Debat KusirUnsplash.com/ Warren Wong

Cara terakhir ketika temanmu masih juga tak mau menyerah dengan debatnya, maka tidak ada cara lain selain meninggalkan temanmu dengan debatnya. Katakan pada temanmu bahwa sikapmu tersebut bukan untuk memusuhinya, namun untuk menghindari debat kusir tak berkesudahan. Sebab debat tak ada manfaat.

Ketahuilah, debat hanya membuat kita sibuk berargumen paling benar dengan persepsi masing-masing. Ujungnya malah membuat kita jadi terpecah belah. Yuk lebih baik kita sibuk introspeksi diri sendiri daripada menghabiskan waktu berdebat tanpa jemu.

Baca Juga: Mumpung Masih Hangat, 5 Gombalan Maut Ala Debat Ini Bikin Ngakak

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You