Comscore Tracker

5 Upaya Menahan Diri Agar Tak Termakan Berita Simpang Siur di Medsos

Jangan ditelan mentah-mentah!

Berita simpang siur merupakan sekumpulan informasi yang masih samar-samar, bahkan tak jelas sumber dan kebenarannya. Berita semacam ini terkadang mudah tersebar di media sosial.  

Penyebaran berita simpang siur biasanya karena memang ada unsur kesengajaan dari suatu oknum untuk membuat berita tersebut menjadi rancu di tengah khayalak, atau memang terjadi kesalahpahaman dalam menerjemahkan sebuah berita, sehingga berita  tersebut menjadi tidak lengkap saat telah tersebar. Alhasil, bisa menjadi sebuah informasi yang simpang siur. 

Jika kamu menemukan berita yang masih simpang siur, maka sebaiknya menahan diri agar tidak termakan informasi tersebut. Berikut ini 5 upaya yang bisa kamu lakukan agar tidak termakan berita simpang siur di media sosial.

1. Jangan malas verifikasi berita yang kamu baca

5 Upaya Menahan Diri Agar Tak Termakan Berita Simpang Siur di MedsosUnsplash.com / freestocks.org

Banyak hal yang bisa kamu lakukan agar tidak termakan berita simpang siur, salah satunya dengan tidak malas melakukan verifikasi berita yang ada. Lakukan pengecekan seperti cek fakta terkait berita simpang siur yang kamu baca dengan mencari referensi sumber berita terpercaya atau kredibel.

Dengan begitu kamu tidak langsung percaya berita yang masih diragukan kebenarannya. Pastikan keakuratan berita dengan cara membandingkannya dengan berita sejenis pada sumber-sumber lainnya. 

2. Hindari akun yang menampilkan berita yang belum jelas sumbernya

5 Upaya Menahan Diri Agar Tak Termakan Berita Simpang Siur di MedsosUnsplash.com / Austin Distel

Biasanya akun-akun media sosial yang tak jelas pemiliknya berseliweran di media sosial.  Isi akun tersebut terkadang tidak jelas dan malah memunculkan berita-berita yang belum tentu kebenarannya. Jika kamu menemukan akun demikian, jangan buru-buru percaya isi di dalamnya. Cek terlebih dahulu keakuratan berita di dalamnya baru kemudian kamu mengambil kesimpulan. 

3. Jangan buru-buru memberi komentar tanpa tahu kondisi yang sesungguhnya

5 Upaya Menahan Diri Agar Tak Termakan Berita Simpang Siur di MedsosUnsplash.com /freestocks.org

Hari ini tidak sedikit pengguna media sosial yang mudah melontarkan  komentar sesuka hati terkait suatu konten atau sebuah informasi, bahkan sampai berita yang belum jelas sumbernya juga tidak luput mendapatkan komentar dari pengguna media sosial. Hal ini tentu tidak baik untuk kamu lakukan. Sebab berita yang simpang siur masih belum jelas kredibilitasnya, sehingga kamu tak perlu sibuk memberi komentar terkait berita tersebut, apalagi jika komentar berisi cibiran. 

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Hate Comment di Media Sosial yang Bikin Sakit Hati

4. Tidak melakukan share berita yang masih simpang siur

5 Upaya Menahan Diri Agar Tak Termakan Berita Simpang Siur di MedsosUnsplash.com / NordWood Themes

Jika kamu menemukan berita yang masih simpang siur baik itu di media sosial atau grup chat aplikasi WhatsApp yang kamu ikuti, maka jangan buru-buru untuk membagi berita tersebut ke orang lain. Ini karena bisa membahayakan lantaran berita simpang siur belum bisa dibuktikan kebenarannya. 

Bisa saja berita tersebut hanya berupa asumsi sebagian pihak yang belum valid. Menyebarkan berita yang belum jelas akan memberi dampak buruk bagi orang lain, sebab kamu berkontribusi untuk membagi informasi kepada orang lain yang bisa saja mengandung kebohongan belaka alias hoax.

5. Lebih baik memilih diam dari pada banyak berspekulasi

5 Upaya Menahan Diri Agar Tak Termakan Berita Simpang Siur di MedsosUnsplash.com / Thought Catalog

Ambil sikap yang bijaksana dalam menanggapi berita yang masih simpang siur, misalnya dengan memilih diam dan tidak latah untuk mengomentari informasi yang belum jelas. Hal ini penting sehingga kamu bisa menahan diri dalam menanggapi hal-hal yang masih diragukan kebenarannya.

Jangan menebak-nebak fakta dari sebuah informasi yang datang dengan sibuk memberi beragam spekulasi, sebab hal ini malah bisa membuat kamu mudah menyimpulkan sesuatu tanpa menunggu berita tersebut menjadi jelas. 

Ingatlah, salah mengartikan sebuah informasi dapat memberi dampak yang fatal. Untuk itu jangan buru-buru termakan berita yang belum jelas sumbernya. Lebih baik lakukan pengecekan dan jangan lupa untuk tidak langsung menghakimi info yang baru kamu dapatkan ya. 

Baca Juga: 8 Cara Terbebas dari Racun Media Sosial, Jangan Hapus Akunmu!

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You