Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Jadi Orang Plin-plan Jika Ingin Sukses!

Jangan ragu-ragu dan ambilah sikap dengan tegas

Sifat plinplan memang tidak baik dipelihara. Apalagi dalam mengambil sikap atau keputusan penting dalam hidupmu. Misalnya, kamu akan melanjutkan S2 ke Inggris dan sudah menyiapkan segala hal untuk berangkat ke sana. Namun sehari sebelum hari keberangkatan tiba, kamu malah memutuskan untuk kuliah S2 ke Jepang saja hanya karena banyak temanmu yang berkuliah di sana. Ini sama saja dengan plinplan memutuskan sikap.

Dalam bersikap, tentu dibutuhkan keputusan yang matang dan tidak tergesa-gesa, dengan begitu apapun keputusan yang diambil, kamu sudah siap dengan segala konsekuensinya.

Maka dari itu, kita harus hindari sikap plinplan dalam menentukan atau menjalani sesuatu, apalagi jika keputusan tersebut adalah keputusan besar yang kamu ambil dalam hidupmu. Berikut ini 5 alasan kenapa kamu harus hindari sifat plinplan dalam menentukan sikap.

1. Kamu jadi mudah menyesal jika sikap yang kamu ambil ternyata tidak cocok dengan karaktermu

5 Alasan Kamu Gak Boleh Jadi Orang Plin-plan Jika Ingin Sukses!Unsplash.com/whoislimos

Orang yang plinplan akan mudah dihantui rasa penyesalan di ujung cerita. Penyesalan biasanya kerap datang karena kamu merasa keputusan yang kamu ambil tidak tepat atau tidak cocok dengan karaktermu sendiri.

Sebagai contoh, jika kamu mengambil sekolah kepolisian karena ingin membuat orang tua bangga, namun di tengah jalan kamu merasa tidak kuat menjalaninya lantaran beratnya kegiatan fisik yang harus dilakukan. Alhasil, kamu malah menyesal sudah membuang waktu ikut sekolah kepolisan dan mulai memikirkan kuliah di jurusan bahasa Indonesia seperti yang kamu idamkan sebelumnya.

Seharusnya, jika kamu dihadapkan pada dua pilihan yang membingungkan dan berat untuk kamu putuskan, ada baiknya memikirkan hal itu matang-matang, serta mengajak bicara orang tuamu dalam mengambil keputusan yang terbaik.

2. Mudah terpengaruh orang lain, sehingga sulit mencerna baik dan buruk suatu perbuatan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Jadi Orang Plin-plan Jika Ingin Sukses!Unsplash.com/Andrik Langfield

Alasan lain yang membuat kamu harus meninggalkan sifat plinplan lantaran dapat membuatmu sulit mencerna plus dan minus suatu hal. Ini karena kamu terpengaruh dengan omongan dan pola pikir orang lain. Boleh saja meminta saran dan kritikan dari orang lain, namun jangan sampai kamu langsung mengambil sikap tanpa mencerna dan berpikir matang terhadap semua masukan-masukan itu.

Sebagai contoh, jika temanmu memberi saran agar kamu bekerja di dunia malam supaya lebih cepat mendapatkan uang, kamu seharusnya berpikir dua kali untuk menjalankan saran itu. Tentunya bekerja di dunia malam merupakan satu dari sekian pekerjaan yang ditanggapi negatif oleh masyarakat.

Jangan hanya karena diimingi uang besar dan kebutuhan mendesak, kamu langsung meng-iyakan dan mengikuti seruan temanmu itu. Itulah mengapa dibutuhkan sikap yang tegas dan tidak plinplan dalam kondisi seperti ini.

3. Mudah gelisah kalau orang lain berbeda pandangan denganmu

5 Alasan Kamu Gak Boleh Jadi Orang Plin-plan Jika Ingin Sukses!Unsplash.com/ Greg Raines

Seseorang yang suka plinplan kerap tidak punya pendirian dan mudah terpengaruh omongan orang dalam menentukan sikap. Padahal punya pendirian itu penting selagi pendirianmu itu benar dan tidak menyalahi kaidah dalam hidup.

Orang yang plinplan biasanya gelisah jika orang lain berpandangan berbeda terhadap apa yang ia lakukan. Itu artinya orang yang plinplan mudah terhasut dan tak mampu menjaga pendirian dari keputusan yang sudah ia ambil.

Plinplan sama saja dengan ragu-ragu dalam melangkah, setiap satu langkah yang kamu ayunkan untuk mengejar impianmu, jangan sampai kamu berhenti hanya karena orang lain mencemooh atau punya pandangan berbeda dengan dirimu. Teruslah melangkah dan buat kepercayaan dirimu tetap hidup.

Baca Juga: 5 Kelakuan Ini Tanda Kamu Terlalu Plin-plan Sebagai Cowok

4. Kamu jadi gak bisa konsisten dalam setiap langkah yang kamu ambil

5 Alasan Kamu Gak Boleh Jadi Orang Plin-plan Jika Ingin Sukses!Unsplash.com/ christopher lemercier

Konsistensi itu penting dalam hidup ini. Jika tidak konsisten, segala pekerjaan yang kita lakoni jadi berantakan. Sebagai contoh, jika kamu memutuskan ingin menjadi seorang penulis handal, kamu harus terus berlatih menulis dan menggelutinya terus untuk mengasah kemampuanmu. Namun, jika ditengah jalan kamu terkecoh dengan kondisi temanmu yang lebih baik kehidupannya dengan bekerja di perbankan, kamu jadi terkecoh dan menginginkan kehidupan seperti dia.

Ini sama saja kamu tidak konsisten karena plinplan menjalani keputusan yang kamu ambil. Apapun risiko dan tantangannya, sikap yang kamu ambil merupakan ikhtiar yang selama ini kamu perjuangkan, untuk itu kamu jangan ragu-ragu. 

5. Gampang pesimis dan mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah

5 Alasan Kamu Gak Boleh Jadi Orang Plin-plan Jika Ingin Sukses!Pixabay.com/ Free-Photos

Seseorang yang mudah plinplan dalam bersikap akan mudah pesimis dalam mencapai cita-cita atau mimpinya. Hal ini rentan membuat kamu gagal mencapai apa yang kamu impikan hanya karena sifat plinplanmu. Besar atau kecilnya impian yang ingin kamu raih, berusahalah untuk meyakini keputusanmu itu dan jalani sepenuh hati dalam meraihnya.

Dengan begitu kamu jadi pantang menyerah dan tetap punya ide untuk mengembangkan diri. Jika pesimis sudah menyerangmu, kamu akan sulit untuk mempercayai dirimu sendiri. Kepercayaan diri akan memudar hanya karena sifat plinplan yang ada pada dirimu.

Dengan demikian, plinplan mudah dihilangkan asal punya kemauan untuk mengubah sifat tersebut. Percayalah, setiap hal yang dijalani dengan serius dan yakin, maka akan menuai hasil yang tidak mengecewakan.

Baca Juga: 7 Perbedaan Orang Tegas dan Plin-Plan, Kamu yang Mana Nih?

Anggita RA Photo Community Writer Anggita RA

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 09:30:04

Progress: 759.987 dari 813.350 TPS (93.43911%)

Just For You