Comscore Tracker

5 Pesan Positif Untukmu yang Suka Menganggap Hidup Begini-begini Saja

Bersyukurlah sebanyak-banyaknya

Setiap orang mungkin pernah mengalami satu titik jenuh sehingga merasa hambar dalam menjalani dinamika kehidupan. Jika kamu pernah berada di titik ini, janganlah berkubang dalam kesedihan terlalu lama, bahkan sampai menganggap hidupmu tidak berarti alias begini-begini saja.

Yuk, sebelum terlambat, ada baiknya kita introspeksi diri dan menyadari kealpaan diri selama ini. Berikut ini 5 pesan positif untuk kamu yang suka menganggap hidup begini-begini saja. Semoga bisa mencerahkanmu.

1. Jangan sibuk membandingkan hidupmu dengan orang lain

5 Pesan Positif Untukmu yang Suka Menganggap Hidup Begini-begini SajaPixabay.com/PublicDomainPictures

Tidak sedikit dari sebagian kita yang merasa hidupnya tidak seberuntung hidup orang lain. Alhasil, karena tak terima dengan kondisi tersebut, seseorang nekat untuk menjelma menjadi orang lain dalam menjalani dinamika kehidupannya. Tadinya tidak punya apa-apa, nekat melakukan perbuatan keliru demi mendulang pundi-pundi rupiah, tujuannya supaya bisa pamer dan bisa sejajar taraf hidupnya dengan orang lain yang lebih mapan darinya.

Ingatlah, hidup dengan ritme demikian malah bikin hidupmu semakin kusut, karena pada hakikatnya kamu menjalankan semua episode kehidupan bukan berangkat dari hati yang paling dalam, namun hanya karena gengsi dan ingin terlihat beda di mata orang lain. Mungkin hal inilah yang membuatmu menganggap hidup hanya begini-begini saja lantaran tidak ada pola yang jelas terhadap tujuan hidup yang ingin kamu capai.

Jadilah apa adanya dan tidak perlu menjadi orang lain dalam menjalani hidup. Dengan begitu kamu akan mengecap rasa lega.

2. Lewat bersyukur manusia mudah untuk berdamai dengan kehidupannya

5 Pesan Positif Untukmu yang Suka Menganggap Hidup Begini-begini SajaUnsplash.com/ Samuel Branch

Sebagai manusia, mensyukuri segala nikmat yang diberikan-Nya adalah keharusan bagi setiap kita. Bayangkan, kita bisa melakukan banyak hal bahkan sampai bernapas pun tidak dipungut biaya oleh sang Khalik. Ini seharusnya menjadi bahan renungan kita semua bahwa betapa banyak nikmat yang kadang luput untuk kita syukuri.

Alhasil, ketika hidup sudah sedemikian jauh berjalan, seseorang merasa bagai tak punya arti dalam menjalani hidup, atau merasa hidupnya begini-begini saja tanpa makna. Padahal, banyak makna yang tersimpan dalam setiap lini kehidupan kita, namun sering kita abaikan karena kurangnya rasa syukur pada-Nya.

Yuk, dengan banyak bersyukur maka akan banyak nikmat yang akan kamu dapatkan. Bahkan dengan bersyukur, kamu mudah untuk berdamai dengan segala dinamika kehidupanmu, termasuk melewati masa sulit seperti hari-hari ini.

Baca Juga: Mulai Jenuh? Ini 12 Rutinitas WFH Produktif Berdasarkan Zodiak

3. Mungkin selama ini kamu sibuk menuhankan nafsu dan ego sehingga terjerumus ke hal yang keliru

5 Pesan Positif Untukmu yang Suka Menganggap Hidup Begini-begini SajaUnsplash.com/Joshua Ness

Manusia memang tidak luput dari salah dan khilaf. Namun sebaik-baik manusia adalah yang mau menyadari kealpaan diri, lalu berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik setelahnya. Jadi, bangkit dan tata hidupmu ke arah yang lebih baik. Bisa jadi selama ini kamu merasa hidup begini-begini saja karena sibuk mengedepankan nafsu dan ego, hingga akhirnya terperosok ke dalam perbuatan keliru. Namun jangan khawatir,  belum terlambat untuk mengubah peta hidupmu hari ini. Mulailah dari diri sendiri dan berkomitmenlah untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari ya. 

4. Luangkan waktu untuk melihat orang-orang yang tidak seberuntung kamu

5 Pesan Positif Untukmu yang Suka Menganggap Hidup Begini-begini SajaUnsplash.com/Aziz Acharki

Di dunia ini, ada orang-orang yang hidupnya mungkin tidak seberuntung kamu. Misalnya mereka yang hidup di tengah-tengah kondisi peperangan seperti di Suriah atau orang-orang yang hidupnya miskin hingga untuk makan saja sulit. Tidak hanya itu, ada banyak anak-anak panti asuhan yang sejak kecil sudah harus kehilangan kedua orangtuanya. Lihatlah, betapa masih banyak orang yang hidup dengan kondisi tak menentu. Namun hebatnya, mereka masih bisa bertahan dan mencoba melewati segala dinamika hidup yang terus berjalan.

Cobalah meluangkan waktu untuk melihat orang-orang di bawahmu, karena dengan berbuat demikian kamu akan mudah menghargai hidupmu sendiri. Sebab hidup kamu bisa jadi lebih baik dari mereka, dan sudah saatnya kamu bersyukur dan mulai berempati dengan orang-orang yang hidupnya kesulitan. Semoga dengan aksi demikian, kamu tidak lagi menganggap hidupmu berjalan begini-begini saja.

5. Merasa hidup begini-begini saja mungkin dipicu oleh kekosongan hati

5 Pesan Positif Untukmu yang Suka Menganggap Hidup Begini-begini SajaPixabay.com/darwisalwan

Hati yang kosong butuh sesuatu untuk diisi, sebab hati ibarat perut, yang butuh asupan makanan ketika lapar melanda. Namun demikian, janganlah sembarangan
dalam mengisi bejana hati, sebab salah asupan dalam memberi nutrisi pada hati malah akan membuat seseorang semakin tidak bersyukur terhadap hidupnya. Ingatlah, bisa jadi kamu merasa hidupmu begini-begini saja karena kalbu yang tengah kosong tanpa pegangan. Jika hal ini menimpamu, cobalah untuk membuka diri dan merajut hubungan mesra dengan empunya semesta. Mungkin selama ini langkahmu terlalu jauh hingga akhirnya melupakan-Nya dalam setiap lini kehidupan.

Dekatilah Sang Khalik tanpa perlu malu, dengan demikian hatimu akan terisi kembali dan lahirlah rasa lapang dan ketenangan hidup.

Demikian 5 pesan positif untukmu yang menganggap hidupmu begini-begini saja. Semoga bisa membantumu bangkit dan kembali menata kehidupan yang terus berjalan. Andalkan Sang Pencipta dalam meminta petunjuk agar hidupmu tak kehilangan peta, niscaya kamu pun tak akan mengecap rasa kecewa.

Baca Juga: Biar Gak Bosan, Ini 20 Ide Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Kos

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya