Comscore Tracker

Ini 5 Cara Membentengi Diri Agar Tidak Tersulut Amarah 

#RamadanMasaKini Tahan diri agar tak terpancing emosi

Sebagai manusia biasa, kita tentu mudah sekali tersulut amarah, bahkan karena hal sepele sekalipun. Marah jika tidak dikendalikan dampaknya akan sangat berbahaya, baik bagi diri sendiri maupun orang lain yang berhubungan dengan kita.

Untuk itu menjaga diri dari amarah sangatlah dibutuhkan oleh setiap individu. Dengan begitu kamu bisa membentengi diri agar tidak mudah terpancing emosi jika orang lain marah-marah padamu.

Ingat kembali, mungkin orang lain marah padamu karena beberapa alasan, untuk itu tak perlu membalas dengan amarah, memilih diam adalah yang terbaik. Ada 5 cara membentengi diri agar tidak mudah tersulut amarah. Yuk, disimak.

1. Jangan balas argumen orang lain yang penuh emosi kepadamu, pilihlah untuk diam

Ini 5 Cara Membentengi Diri Agar Tidak Tersulut Amarah Unsplash.com/Dimi Katsavaris

Memilih diam dan tidak ikut membalas argumen orang yang sedang marah padamu adalah tindakan tepat. Dengan begitu kamu gak mudah tersulut amarahnya. Ingatlah, kendali hanya ada di dirimu sendiri, jika kamu bisa mengendalikan diri, maka amarah bisa kamu redam.

Jangan terbawa suasana, bentengi dirimu dengan sikap positif. Jika kamu terpancing amarah, maka bisa saja kamu mengeluarkan kata-kata tidak layak dan membuat orang yang memarahimu semakin menjadi-jadi. Yuk tahan diri.

2. Pupuk kesabaran dalam hati agar kamu tetap tenang

Ini 5 Cara Membentengi Diri Agar Tidak Tersulut Amarah Unsplash.com/ Jordan McQueen

Sabar sangat penting dan menjadi vital dalam membuat suasana hati kita tetap tenang. Dengan sabar, kita mudah untuk melalui hari-hari baik dalam kondisi suka maupun duka. Oleh karena itu, jangan buat dirimu terpancing emosi dengan sikap orang lain padamu.

Pupuklah kesabaran dan latih hati agar senantiasa tenang dalam menghadapi masalah. Jangan sampai kamu gegabah dan membuat masalah jadi tambah runyam hanya karena gak bisa sabar. Ingat, sabar itu manfaatnya sangat banyak buat dirimu sendiri, salah satunya membuatmu semakin dewasa dalam menghadapi setiap ujian hidup.

Baca Juga: 7 Tips Menahan Amarah Saat Puasa, Sabar ya!

3. Basuh diri dengan air wudu

Ini 5 Cara Membentengi Diri Agar Tidak Tersulut Amarah www.nu.or.id

Dalam ajaran Islam, seseorang yang tengah marah dapat meredamnya dengan berbagai cara, salah satunya dengan berwudu. Wudu dapat membuat amarah seseorang berkurang. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW berikut ini yang artinya :

"Sesungguhnya amarah itu dari setan dan setan diciptakan dari api. Api akan padam dengan air. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya berwudhu.” (HR. Abu Daud, no. 4784)"

Untuk itu berwudulah dan buat dirimu tenang. Jangan sesekali terpancing amarah, sebab amarah tak akan menyelesaikan masalah, justru malah memperunyam masalah dan membuat hatimu semakin sempit.

4. Perbanyak mengingat Sang Pencipta

Ini 5 Cara Membentengi Diri Agar Tidak Tersulut Amarah Unsplash.com/ humberto chavez

Sebagai manusia biasa, meminta pertolongan pada sang Khalik adalah keharusan bagi setiap hamba. Begitu juga dengan perkara menjaga diri dari amarah, kita dianjurkan untuk meminta kepada Sang Pencipta.

Karenanya, jangan ragu untuk meminta pada sang Khalik agar diberi pertolongan untuk bisa terhindar dari perilaku amarah. Sebab kita sebagai manusia tak punya kuasa mengendalikan diri tanpa bantuan-Nya. Berdoalah dan minta petunjuk pada-Nya.

5. Mengingat-ingat kebaikan orang yang sedang marah padamu

Ini 5 Cara Membentengi Diri Agar Tidak Tersulut Amarah Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Jika temanmu atau keluargamu sedang marah padamu, maka cobalah untuk tidak langsung terpancing dan ingin membalas amarah tersebut. Ingatlah, orang yang sedang marah-marah padamu mungkin tengah khilaf, sehingga kamu tak perlu membalas amarahnya. Cobalah untuk berpikir jernih.

Agar kamu bisa meredam amarahmu, kamu dapat mengingat-ingat kebaikan orang yang sedang marah padamu. Orang tersebut entah itu keluarga atau temanmu tentu pernah menoreh kebaikan dalam warna hidupmu.

Kamu dapat mengingat kebaikan yang pernah mereka torehkan, dengan begitu kamu bisa meredam amarahmu pada mereka. Cobalah untuk memaafkan kesalahan yang mereka perbuat, sikap itu lebih bijaksana dan lebih baik bagi setiap kita dalam berhubungan dengan sesama manusia.

Demikianlah 5 cara membentengi diri agar tidak tersulut amarah dengan orang lain. Yuk buat diri kita terhindar dari perkara yang menyulut amarah. Mari kita jaga diri dari perbuatan tercela.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You