Comscore Tracker

5 Hal Ini Bisa Menimpa Seseorang jika Terlalu Ambisius Memperkaya Diri

Bisa bikin seseorang jadi egois!

Sah-sah saja jika seseorang berambisi untuk memperkaya dirinya, namun akan menjadi berbeda ketika ambisi itu terlampau berlebihan. Sebab, jika terlalu ambisius dalam memperkaya diri, bisa membuat seseorang tergelincir dan mudah menghalalkan segala cara demi mencapai tujuan, contohnya koruptor.

Mereka dengan mudah mengambil uang yang bukan haknya demi kepuasan sendiri. Jadi, biar gak salah melangkah, yuk, kenali beberapa hal yang bisa menimpa seseorang jika terlalu ambisius memperkaya diri.

1. Dapat menjadi manusia yang egois

5 Hal Ini Bisa Menimpa Seseorang jika Terlalu Ambisius Memperkaya DiriUnsplash.com / Alex Blăjan

Saat seseorang sudah terlena dalam ambisi memperkaya diri, ia akan gampang menjadi pribadi yang egois. Hal ini timbul karena begitu tingginya ambisi untuk mencapai sesuatu, hingga akhirnya melupakan orang-orang di sekitar.

Alhasil, seseorang yang terlampau ambisius memperkaya diri, akan kehilangan rasa empati dan kepedulian dengan sesama. Ia lebih mementingkan dirinya sendiri.

2. Menjadikan perilaku hedonisme sebagai tujuan utama hidup

5 Hal Ini Bisa Menimpa Seseorang jika Terlalu Ambisius Memperkaya DiriUnsplash.com / Austin Distel

Ketika seseorang mulai larut dengan aktivitas memperkaya diri, ia pun akan mudah untuk terjerat perilaku hedonisme, yakni pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam kehidupan.

Kalau sudah begini, tentu akan berbahaya bagi seseorang. Sebab, secara tidak langsung, ia berupaya untuk menuhankan harta yang ia miliki dan menjadikannya sebagai tolok ukur kebahagiaan yang hakiki.

Pada kenyataannya, perilaku hedonisme malah membuat hidup seseorang menjadi tak karuan karena sibuk menjadikan kekayaan sebagai segalanya.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk yang Biasanya Diderita oleh Pengidap FoMO

3. Mudah terjerat korupsi

5 Hal Ini Bisa Menimpa Seseorang jika Terlalu Ambisius Memperkaya DiriUnsplash.com / Travis Essinger

Saat seseorang sudah tergelincir dengan ambisinya dalam memperkaya diri, ia pun mudah untuk terjerat perbuatan-perbuatan buruk, salah satunya korupsi. Saat ini, tidak sedikit pejabat-pejabat pemerintah yang tertangkap kasus korupsi.

Karena itu, terlalu ambisius memperkaya diri akan membuat seseorang diperbudak nafsu, sehingga menafikan alias menabrak aturan-aturan demi mencapai tujuannya. Ingatlah, jangan sampai mengejar kekayaan dengan cara-cara batil, sehingga kelak harta yang akan diperoleh pun tak akan bermanfaat.

4. Tidak punya lagi rasa malu

5 Hal Ini Bisa Menimpa Seseorang jika Terlalu Ambisius Memperkaya DiriPixabay.com/RoyalAnwar

Seperti para koruptor yang tidak punya malu mengambil yang bukan haknya, seseorang yang sudah termakan ambisinya untuk memperkaya diri akan menggunakan segala cara. Ia akan mudah dan tanpa malu melakukan segala hal demi mencapai tujuan.

Sebagai contoh, seseorang yang terlalu ambisi memperkaya diri dengan jabatan tinggi akan melakukan hal-hal yang tidak pantas, seperti memberi gratifikasi orang lain agar bisa memuluskan niatnya untuk naik jabatan.

Tindakan ini bisa muncul lantaran sudah tidak ada lagi rasa malu di dalam dirinya, sehingga ia menganggap gratifikasi adalah hal wajar. Padahal, hal itu justru menghancurkan martabatnya sendiri.

5. Bisa menjadi manusia yang kikir

5 Hal Ini Bisa Menimpa Seseorang jika Terlalu Ambisius Memperkaya DiriPixabay.com /stevepb

Tidak semua orang kaya mau memberikan sedikit hartanya untuk berbagi kepada orang lain. Demikian juga bagi mereka yang telah sukses memperkaya diri. Ia akan mudah untuk bersikap kikir atau pelit terhadap orang lain, sehingga ia tak mau membantu orang yang membutuhkan uluran tangannya.

Ini bisa saja terjadi lantaran seseorang yang sudah mampu memperkaya diri menganggap bahwa kekayaan yang telah ia peroleh adalah milik sendiri, sehingga tidak boleh dibagi kepada orang lain.

Alhasil, hidupnya pun akan jauh dari manfaat karena hanya sibuk membuat dirinya menjadi kaya. Sementara, rasa kepeduliannya dengan orang lain telah mati.

Demikian lima hal yang bisa menimpamu jika terlalu ambisius memperkaya diri. Jangan sia-siakan hidupmu untuk menjadi manusia yang egois dan tidak memedulikan sesama. Bercita-cita menjadi kaya itu sah-sah saja, namun jangan sampai menghalalkan segala cara untuk meraihnya, ya.

Baca Juga: Gibah Membawa Dampak Buruk, 5 Alasannya yang Perlu Kamu Tahu

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You