Comscore Tracker

Ini 5 Nasihat Untukmu yang Sedang Larut Dalam Duka Kematian

#ANGPOIN Bangkit dan tata kembali harimu!

Tiap manusia tentu mengalami duka yang beragam dalam hidupnya. Termasuk duka kematian anggota keluarga yang kamu cintai. Momen in tentu menoreh perasan sedih di dalam hatimu. Demikianlah garis ilahi yang tak bisa dipungkiri.

Kendati demikian, sebenarnya ada banyak hikmah penting yang bisa kamu petik dari segala peristiwa yang menimpamu. Berikut ini 5 nasihat untukmu yang tengah larut dalam duka kematian. 

1. Kamu semakin menyadari betapa waktu bersama mereka yang kamu cintai itu sangatlah berarti

Ini 5 Nasihat Untukmu yang Sedang Larut Dalam Duka KematianUnsplash.com/Nijwam Swargiary

Saat seseorang telah kehilangan sosok yang ia cintai, ketika itulah ia baru menyadari bahwa waktu tak dapat berputar ulang. Manusia yang kehilangan manusia yang lainnya, tentu harus bisa bersikap lapang dada dan ikhlas menerima kenyataan.

Mungkin selama ini kamu larut dalam rutinitas harianmu sehingga tanpa sengaja melupakan waktu untuk sejenak bersama orang yang kamu sayangi. Lantas, saat mereka yang kamu cintai itu pergi, saat itu lah segala penyesalan datang.

Maka dari itu, jadikan peristiwa ini sebagai pelajaran berharga bagimu untuk tidak melupakan waktu bersama mereka yang kamu cintai. Karena kita tidak pernah tahu apakah momen bersama tersebut bisa terulang kembali di masa yang akan datang. 

2. Dengan adanya momen kehilangan sosok yang kamu cintai, kamu belajar untuk tegar

Ini 5 Nasihat Untukmu yang Sedang Larut Dalam Duka KematianUnsplash.com/Kristina Tripkovic

Ikhlas dan merelakan mereka yang telah pergi adalah sikap terbaik saat duka kehilangan menyelimutimu. Lihatlah batu karang, meski di tengah samudra, ia senantiasa tegar menghadapi ombak-ombak yang datang. Meski ombak yang menimpanya terkadang besar namun karang tak pernah surut untuk selalu tegar.

Karena itu, jangan lah larut dalam duka nestapa. Bangkitlah dan coba tegar. Tata kembali hati dan harimu untuk kehidupanmu yang masih terus berjalan.

3. Kematian mengingatkanmu untuk tidak lagi menyia-nyiakan waktu demi menyiapkan bekal pulang

Ini 5 Nasihat Untukmu yang Sedang Larut Dalam Duka KematianUnsplash.com/ Naqi Shahid

Waktu terus berjalan dan setiap hari usia pun terus berkurang. Demikian juga kehidupan yang kita jalani saat ini. Setiap hari jatah umur terus menyusut dan kita bersiap menghadapi kematian yang entah kapan akan menghampiri kita.

Petiklah hikmah dari duka yang tengah kamu hadapi sebagai pengingat diri, bahwa jangan lagi menyia-nyiakan waktu yang masih tersisa. Jadikan kepergian orang yang kamu cintai sebagai alarm bagimu untuk tidak lupa menyiapkan bekal pulang kembali ke pada Sang Maha Pencipta kelak.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Bangkit dari Keterpurukan, Jangan Berlama-lama!

4. Mengingatkanmu bahwa tak ada yang abadi di dunia ini

Ini 5 Nasihat Untukmu yang Sedang Larut Dalam Duka KematianPixabay.com/StockSnap

Sejatinya dunia adalah tempat tinggal sementara yang tak abadi. Karena itu hidup di dunia ini memiliki akhir dan tak abadi. Demikian juga orang-orang di sekelilingmu yang kamu cintai, satu-persatu tentu akan pergi menghadap Ilahi. Untuk itu tak perlu larut dalam sedih tak berkesudahan, sebab setiap suka duka dalam hidup adalah ujian. Ikhlas dan jangan berhenti mendoakan mereka yang telah berpulang lebih dulu.

5. Mengajarkanmu untuk semakin baik lagi memperbaiki diri

Ini 5 Nasihat Untukmu yang Sedang Larut Dalam Duka KematianPixabay.com/Free-Photos

Ketika kamu kehilangan seseorang yang mungkin selama ini sangat berpengaruh dalam mendukung mimpi-mimpimu, jangan lah patah arah atau menyerah saat orang tersebut sudah tiada lagi di dunia ini. Mulailah bicara pada hati kecilmu untuk tidak letih melangkah dan semakin baik lagi dalam memperbaiki diri. Selagi masih hidup, tanamkan dalam dirimu untuk tidak pernah lupa menebar kebaikan setiap harinya meskipun itu kecil.

Demikianlah 5 nasihat untukmu yang sedang larut dalam duka kematian. Sebagai seorang manusia, sudah seharusnya kita bijaksana dalam menyikapi segala hal yang datang dalam hidup kita. Ingatlah, warnai harimu dengan berbuat kebaikan, niscaya dukamu perlahan kan sirna.

Baca Juga: 7 Momen Ketegaran SBY Usai Ditinggal Ani Yudhoyono

Anggita RA Photo Community Writer Anggita RA

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You