Comscore Tracker

Ingat 5 Pesan Ini Agar Kamu Gak Tergolong Pribadi yang Narsis  

Bisa bikin seseorang semakin menyombongkan diri!

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Begitu juga jika seseorang berlebihan dalam mencintai dirinya sendiri atau narsisme, hal ini akan membuat ia kehilangan kendali dalam memuji diri sendiri. Akibatnya, narsisme malah akan membuat seseorang lupa diri dan semakin mudah untuk jatuh ke dalam perbuatan tercela. 

Agar kamu tidak tergolong pribadi yang menganut paham narsisme, yuk introspeksi diri dengan mengingat 5 pesan berikut ini. 

1. Narsis ada tempatnya, tidak perlu semua inci kehidupanmu diketahui orang

Ingat 5 Pesan Ini Agar Kamu Gak Tergolong Pribadi yang Narsis  Unsplash.com /Alejandro

Di zaman digital seperti hari ini, tidak sedikit orang yang gemar membagikan setiap momen kehidupan yang ia lewati ke media sosial. Hal ini sebenarnya merupakan kewenangan pribadi yang sah-sah saja untuk dilakukan. Namun demikian jika semua lini kehidupan menjadi konsumsi publik, maka hal tersebut justru akan memberi dampak tidak baik bagi kehidupan seseorang.

Ingat, tidak semua hal dalam hidupmu harus kamu umbar ke ranah publik, karena tidak semua inci dari kehidupanmu perlu diketahui orang lain. Jangan sampai hanya karena ingin dilihat orang, sikap narsismu muncul dan bisa memicu rasa tidak senang dari orang lain atas perilakumu.

Gak hanya itu, seseorang yang memiliki pribadi narsisme cenderung merasa dirinya inferior sehingga menganggap diri di atas rata-rata orang lain. Hal ini sangat berbahaya karena setiap perbuatannya akan berlandaskan kesombongan sehingga sulit untuk bersikap murni dari hati.

2. Jangan jadikan narsisme sebagai tujuan hidup, kamu gak akan berpuas diri dan jadi sibuk menyalahkan sekitar

Ingat 5 Pesan Ini Agar Kamu Gak Tergolong Pribadi yang Narsis  Unsplash.com /Benjaima Kamel

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), narsisme tak lain adalah hal atau keadaan mencintai diri sendiri secara berlebihan. Ketika narsisme sudah menjadi bagian dalam dirimu, maka bisa jadi kamu akan merasa tidak puas dengan dirimu sendiri, kamu akan menjadi pribadi yang haus akan pujian manusia dan akan marah ketika tak dapat sanjungan dari sesama.

Alhasil, saat perbuatan narsisme yang dilakukan seseorang tidak mendapatkan respons dari sekitar, ia akan berontak dengan sekitar dan menyalahkan orang lain sebagai biang kerok yang merusak citranya. Sadarilah bahwa narsisme tak membawa dampak yang baik bagi hidupmu, justru perlahan-lahan rasa empatimu terhadap orang lain akan terus memudar.

3. Jadilah apa adanya karena dengan demikian kamu lebih mudah menjalani hidup

Ingat 5 Pesan Ini Agar Kamu Gak Tergolong Pribadi yang Narsis  Unsplash.com / Jakob Owens

Menjalani hidup dengan pola sederhana akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi setiap orang. Makanya tidak sedikit orang-orang yang sudah kaya raya seperti para pengusaha tetap tampil minimalis meskipun kantongnya tebal bukan main. Hal ini terjadi karena mereka menjalani hidup layaknya orang biasa sehingga tidak mengedepankan unsur narsisme agar terlihat bersahaja di mata orang lain.

Ingat, saat seseorang tampil apa adanya, ia akan lebih mudah dalam menjalani hidup. Sementara orang yang sibuk dengan perkara narsisme, justru hidupnya akan diwarnai drama dan malah mendatangkan masalah baru di kemudian hari.

Baca Juga: Awas Narsis, Ini 5 Alasan Mencintai Diri Berlebihan Bukan Hal Positif

4. Jangan buat dirimu terjerat narsisme hanya karena gengsi dengan orang lain

Ingat 5 Pesan Ini Agar Kamu Gak Tergolong Pribadi yang Narsis  Unsplash.com /Steve Gale

Biasanya seseorang terperosok ke dalam narsisme hanya karena alasan klise, salah satunya karena tidak ingin disamakan dengan orang lain sehingga membuatnya gengsi dengan orang lain. Jangan sampai hanya karena tidak mau terlihat rendah di mata orang, jadi memilih narsisme sebagai ajang terlihat oke di mata manusia.

Hati-hati, narsisme bisa membuat seseorang lupa diri dan ujungnya menjadi sulit mengendalikan diri karena tidak mau dirinya menjadi setara dengan orang lain. Alhasil seseorang yang berpaham narsisme selalu menonjolkan dirinya agar orang lain terpukau sebagai bentuk eksistensi diri yang berlebihan.

5. Jadilah pribadi yang berbudi luhur yang mampu menghasilkan karya, namamu pun dengan sendirinya bisa harum

Ingat 5 Pesan Ini Agar Kamu Gak Tergolong Pribadi yang Narsis  Unsplash.com /Warren Wong

Coba renungkan sejenak, para pahlawan bangsa, meskipun mereka sudah tiada di dunia ini namun nama mereka tetap harum bak bunga yang senantiasa segar. Salah satu yang membuat nama mereka tetap terkenang lantaran jasa para pahlawan yang tanpa pamrih membela bangsa hingga titik nadir.

Demikian pula dalam hidup ini, tak perlu berusaha mencolok dengan mengedepankan narsisme dengan cita-cita agar terkenal dan dipandang orang banyak. Mulai lah mengubah pola pikir dengan menjadi pribadi yang berbudi luhur dan mampu menghasilkan karya, maka dengan sendirinya namamu pun akan harum.

Jadilah pribadi yang tetap mengakui bahwa tiada manusia yang sempurna, sehingga dengan begitu seseorang akan lebih mudah mengontrol dirinya dan tidak mengecap diri paling unggul dari semua orang sehingga haus akan sanjungan.

Baca Juga: 8 Beda Kamu yang Narsis Vs Percaya Diri

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You