Comscore Tracker

Jangan Galau, Ini 5 Cara Menenangkan Diri Saat Menghadapi Kegagalan

Gagal itu biasa, jangan ragu melangkah lagi

Kegagalan kerap menjadi bumbu dalam kehidupan. Orang-orang yang menghadapi kegagalan terkadang merasa sangat dilema dengan kelanjutan hidupnya, bahkan memilih untuk takut menghadapi hari karena tidak berani lagi bermimpi.

Wajar saja jika gagal membuat seseorang menjadi kecewa, namun jangan sampai terlena hingga tak kuasa mengontrol diri.

Sebagai manusia biasa, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan diri saat menghadapi kegagalan. Ingatlah bahwa kegagalan adalah guru yang berharga sehingga jangan pernah takut untuk melangkah meski sudah sekian kali terjatuh.

Berikut ini 5 cara menenangkan diri saat menghadapi kegagalan dalam hidup.

1. Tenangkan diri dengan mengingat-ngingat nikmat yang sudah Tuhan beri

Jangan Galau, Ini 5 Cara Menenangkan Diri Saat Menghadapi KegagalanUnsplash.com/ César Abner Martínez Aguilar

Percayalah dengan mengingat nikmat yang Tuhan beri, maka hatimu perlahan akan merasa lapang. Teruslah bersyukur di segala keadaan yang kamu lalui. Anggaplah kegagalan sebagai pelajaran berharga yang memberikan banyak pengalaman dalam hidupmu dan modal untuk lebih matang lagi mengayunkan kaki ke depannya. Jangan pernah berhenti bersyukur dengan apapun kondisi yang menimpamu.

2. Berdoa sepenuh hati

Jangan Galau, Ini 5 Cara Menenangkan Diri Saat Menghadapi KegagalanPixabay.com/ aamiraimer

Berdoa adalah cara paling romantis dan intens antara seorang hamba dan Tuhannya. Melibatkan Sang Maha Pencipta dalam mengarungi setiap aspek kehidupan adalah keharusan seorang hamba. Maka tak perlu ragu menengadah tangan dan memohon.

Di saat-saat paling sulit dalam hidupmu, jangan putuskan untuk mangkir dan tak mau lagi berjuang meraih kesuksesan. Berdoalah sepenuh hati, sebab Dia akan selalu mendengar pinta hamba-hamba-Nya yang tulus meminta.

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sendiri Saat Alami Kegagalan 

3. Bertukar pikiran dengan orangtuamu

Jangan Galau, Ini 5 Cara Menenangkan Diri Saat Menghadapi KegagalanPixabay.com/Free-Photos

Terkadang saat dirimu tengah terpuruk dan larut dalam kegagalan, biasanya orang terdekat menjadi tempatmu untuk mencurahkan segala rasa. Dan orangtua adalah mereka yang lebih dulu tahu siapa dan bagaimana kemampuanmu dibandingkan orang lain.

Untuk itu tidak ada salahnya membagi kisahmu dengan bertemu orangtua. Bicaralah dengan bertukar pikiran dengan mereka. Orang tua punya cara tersendiri menenangkan anaknya yang tengah larut dalam kesedihan.

Jangan merasa membebani orangtua ketika mencurahkan kisah gagalmu pada mereka karena pada hakikatnya orangtua lebih dulu mengecap pahit getir kehidupan dibandingkan kita. Kamu akan mendapatkan banyak pelajaran hidup dari mereka.

4. Tanamkan dalam diri untuk selalu percaya diri di segala kondisi

Jangan Galau, Ini 5 Cara Menenangkan Diri Saat Menghadapi KegagalanUnsplash.com/ Ben Konfrst

Percaya diri menjadi modal untukmu melangkah. Saat kepercayaan dirimu rontok dan hilang karena kamu mengalami kegagalan, maka sirna sudah mimpi yang ingin kamu realisasikan.

Jika kamu pernah gagal dalam berumah tangga atau gagal mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan pendidikan di sebuah universitas, maka yang perlu kamu lakukan adalah terus menjaga kepercayaan diri agar tak luntur dan senantiasa belajar dari kegagalan.

Saat percaya diri masih terpatri dalam dirimu, maka kamu akan selalu kuat dan terus berpikir positif untuk melangkah lagi.

5. Ingat bahwa kegagalan bukan akhir, jangan berhenti mencoba

Jangan Galau, Ini 5 Cara Menenangkan Diri Saat Menghadapi KegagalanPixabay/Free-Photos

Pola pikir seperti ini penting menjadi trigger untuk bangkit. Terlepas kamu sudah gagal berulang kali, jangan langsung mengangkat kedua tangan dan menyerah begitu saja.

Untuk menuju Roma, kita punya banyak jalan agar bisa sampai ke sana, asalkan jalan yang ditempuh tidak menyalahi kaidah dan tetap berada di jalur yang benar. Jangan sampai demi meraih sukses, kamu malah menghalalkan segala cara. Untuk itu tidak ada kata menyerah dalam hidupmu. Gagal itu biasa. Bangkit dari kegagalan dan terus mencoba adalah yang terbaik.

Demikianlah 5 cara menenangkan diri ketika menghadapi kegagalan. Apapun rasa gagal yang kamu kecap, tetap yakin akan rencana terbaik Sang Maha Pencipta. Dia tak akan menyia-nyiakan ikhtiar yang telah kamu perbuat.

Baca Juga: 10 Kutipan Bijak Jeff Bezos "Amazon" yang Bakal Melecut Semangatmu

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya