Comscore Tracker

5 Kesempatan yang Sering Manusia Lewatkan Karena Lalai! 

Latih diri untuk tidak melepas kesempatan yang ada! 

Banyak faktor yang membuat manusia menyia-nyiakan kesempatan emas dalam hidupnya, salah satunya karena lalai dan tidak mau peduli dengan momen yang ia rasakan. Padahal, hidup ini tak selamanya. Setiap jiwa akan merasakan kematian dan seketika itulah semua yang manusia genggam hari ini tak ada manfaatnya lagi.

Untuk itu selagi masih muda, jangan biarkan waktu berjalan tanpa mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat. Sebelum terlambat, yuk ketahui beberapa macam kesempatan yang sering manusia lewatkan karena lalai. Semoga bisa mencerahkanmu.

1. Kesempatan waktu luang, namun disia-siakan

5 Kesempatan yang Sering Manusia Lewatkan Karena Lalai! Pixabay.com/fancycrave1

Mungkin ada sebagian orang yang santai saja dalam melalui hidup ini, menikmati roda waktu yang berputar tanpa mau berbuat sesuatu yang bermakna dalam hidupnya. Padahal, setiap hari yang berjalan menandakan waktu atau jatah hidup kita di dunia ini semakin berkurang. Alhasil kesempatan untuk bisa hidup lebih lama di dunia akan terus terkikis.

Oleh karena itu, jangan pernah menyia-nyiakan waktu luang. Sebab kesempatan waktu luang kerap kali kita lalaikan dengan berbagai alasan. Jangan sampai penyesalan muncul karena lalai memanfaatkan waktu yang ada.

2. Kesempatan tubuh sedang sehat

5 Kesempatan yang Sering Manusia Lewatkan Karena Lalai! Pixabay.com/Free-Photos

Saat kamu sakit, mungkin kamu pernah berkata seperti ini,  "andai saja aku sehat, aku akan mudah menyelesaikan banyak pekerjaan hari ini," mungkin demikian perkataan yang kamu lontarkan.

Benar memang, ketika tubuh sudah drop dan sakit melanda, barulah kita menyadari betapa berharganya tubuh yang sehat. Inilah kesempatan yang sering manusia lalaikan dalam hidup ini, yakni kesempatan memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Bayangkan, jika kamu memiliki kesehatan tubuh yang prima, maka banyak hal positif yang bisa kamu kerjakan.  Kamu pun bisa melalui hari dengan bersemangat dan dapat menginspirasi banyak orang.

Namun, jika tidak menjaga kesehatan tubuh, maka badan pun akan merasakan sakit, sehingga akhirnya kamu harus menempuh jalur medis atau meminum sejumlah obat-obatan demi kesembuhan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Positif Ini Bakal Bermanfaat di Dunia Kerja Lho!

3. Kesempatan saat diri masih muda

5 Kesempatan yang Sering Manusia Lewatkan Karena Lalai! Unsplash.com /Martin Péchy

Masa muda adalah masa emas di mana manusia memiliki kesempatan untuk bisa menabung banyak kebaikan dalam kesehariannya. Kenapa demikian? Karena hanya di masa muda, manusia lebih banyak memiliki energi untuk bisa berbuat sesuatu. Sebab setelah masa tua menghampiri, maka tubuh pun semakin renta dan diri mulai kesulitan untuk bisa beraktivitas penuh seperti masa muda dahulu.

Untuk itu jangan sia-siakan kesempatan masa muda untuk menjadi manusia yang bermanfaat. Agar tak menyesal kelak ketika masa tua menjelma.

4. Kesempatan saat punya banyak rezeki tapi tak mau berbagi

5 Kesempatan yang Sering Manusia Lewatkan Karena Lalai! Pixabay.com/TheDigitalWay

Rezeki adalah karunia dari Ilahi. Dengan rezeki, manusia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan bisa melakukan banyak kebaikan untuk sesama. Namun demikian, tidak sedikit orang yang masih menyia-nyiakan kesempatan memiliki rezeki yang berlimpah dengan enggan membantu sesama.

Jangan pernah berpikir bahwa rezeki akan habis jika kamu senantiasa berbagi, namun yakinlah semakin banyak kamu berbagi dengan orang lain, maka kamu pun akan menuai banyak kebaikan. Ikhlaslah dalam memberi dan biarkan Sang Pencipta menyiapkan kejutan istimewa untukmu.

5. Kesempatan memiliki keluarga yang lengkap tapi tidak dijaga dengan baik

5 Kesempatan yang Sering Manusia Lewatkan Karena Lalai! Unsplash.com /Alex Radelich

Ketahuilah, memiliki keluarga yang lengkap adalah karunia yang harus setiap orang syukuri. Sebab tidak semua orang mempunyai keberuntungan memiliki keluarga yang lengkap.

Di beberapa negara, seperti negara yang mengalami perang atau konflik, tidak sedikit dari mereka yang harus kehilangan sanak keluarga lantaran terdampak gencatan senjata di tanah kelahirannya.

Sementara kita yang diberikan karunia berupa keluarga yang masih utuh kerap kali alpa dalam mensyukuri anugerah tersebut. Alhasil, nasib keluarga jadi tidak menentu lantaran tak ada cinta yang tumbuh di antara satu sama lain, sehingga harmonisnya keluarga hanya menjadi angan-angan belaka.

Demikianlah 5 kesempatan yang sering manusia lewatkan karena lalai. Jangan pernah mundur dalam melangkah menuju kebaikan. Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki hari ini, dan jangan sia-siakan. Selagi ada kesempatan, kerahkan yang terbaik agar hidupmu jauh lebih bermakna.

Baca Juga: Ini 5 Kebiasaan Positif yang Mulai Tergerus Perubahan Zaman

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya