Comscore Tracker

5 Nasihat Buat Kamu yang Mau Hilangkan Unek-unek, Tetaplah Bijak!

Jangan sampai salah jalan, guys...

Pesatnya perkembangan zaman membuat segala hal mengalami perubahan. Tak terkecuali cara manusia menjalankan kehidupannya sebagai seorang makhluk hidup modern. Contohnya bisa terlihat dari cara seseorang menyingkirkan unek-unek atau masalah dalam hidupnya tanpa pandang tujuan.

Hal ini umumnya terjadi di wilayah perkotaan di mana sebagian orang memilih jalur yang salah demi membuang segala unek-unek dalam dada. Tak ayal, karena memilih jalan yang keliru, tidak sedikit orang tergelincir dan akhirnya malah bernasib berantakan. Alhasil, unek-unek tak kunjung hilang, malah masalah baru datang di hadapan.

Contoh sederhananya seperti sejumlah orang yang memilih menggunakan obat terlarang demi meraih sensasi hidup tanpa beban. Padahal nyatanya, cara keliru tersebut malah berujung buntung dengan konsekuensi masuk bui.

Karena itu, jangan sampai kita salah langkah demi cita-cita menghilangkan kepenatan dalam diri. Yuk, renungkan 5 nasihat ini agar kamu gak salah mengambil langkah demi menghilangkan unek-unek yang ada.

1. Nikmatnya hanya sebentar, setelah itu kamu bakal menyesal seumur hidup

5 Nasihat Buat Kamu yang Mau Hilangkan Unek-unek, Tetaplah Bijak!Unsplash/Raj Eiamworakul

Saat seseorang mengambil jalan pintas yang keliru untuk menumpahkan unek-uneknya, ujungnya malah membuat diri menjadi nestapa. Sebab, kenikmatan untuk menghilangkan unek-unek bakal berujung dengan penyesalan sepanjang hidup.

Ingatlah, jangan sampai mengorbankan diri sendiri hanya untuk menghilangkan beban di kepala lewat cara menenggak minuman keras, atau meminum pil-pil terlarang. Sebab, kenikmatannya hanya sementara dan akan menyeretmu ke dalam masalah baru yang membuat diri semakin tersiksa.

2. Pikirkan kembali orang-orang yang kamu sayangi, mereka pasti akan kecewa jika kamu salah menginjakkan kaki

5 Nasihat Buat Kamu yang Mau Hilangkan Unek-unek, Tetaplah Bijak!pexels.com/ Helena Lopes

Jangan pernah gegabah dalam melakukan sesuatu. Pikirkan dampak baik dan buruknya jika kamu ingin melangkahkan kaki. Demikian juga saat ingin menumpahkan unek-unek, pastikan jalur yang kamu tempuh adalah jalan yang tepat, bukan jalur sebaliknya.

Ingat, saat kamu memilih jalan yang keliru demi menumpahkan unek-unekmu, maka akan banyak pihak yang kecewa terhadap sikapmu. Mereka adalah orang-orang yang kamu sayangi seperti keluarga, istri, suami, atau anakmu sendiri. Untuk itu jangan buat mereka kecewa dengan perbuatan yang sia-sia.

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Dewasa dan Tak Suka Ambil Pusing Masalah 

3. Menghilangkan unek-unek tak perlu dengan menenggak bir, cukup dengan mensyukuri apa yang kamu miliki hari ini

5 Nasihat Buat Kamu yang Mau Hilangkan Unek-unek, Tetaplah Bijak!greatmind.id

Cobalah pergi ke luar ruangan dan lihatlah beberapa sudut seperti pinggiran jalan raya, mungkin kamu akan temukan anak-anak jalanan tengah duduk menghitung recehan hasil mengamen seharian. Coba tiru semangat mereka berjuang melawan kerasnya hidup. Mungkin jika mereka lemah dan tak kuasa melalui hidup ini, mereka bisa saja mengakhiri hidupnya jauh-jauh hari yang lalu.

Dari potret sederhana itu, kamu tentu bisa belajar memaknai rasa syukur. Saat orang lain begitu susah payah membanting tulang demi sesuap nasi, kamu masih bisa menikmati nasi di atas meja dengan aneka lauk yang menggugah selera. Mungkin tidak semua orang bisa bernasib sama sepertimu.

Ketahuilah, saat kamu sudah bisa mensyukuri apa yang kamu miliki hari ini, tentu kamu tak akan ambil pusing dengan masalah hidup yang masih menderamu. Hal itu akan kamu anggap biasa sebagai bumbu kehidupan. Dengan begitu kamu tak perlu memilih jalan yang keliru demi menuntaskan unek-unek yang menggunung dalam hatimu. Cukup dengan bersyukur, bersyukur, dan bersyukur.

4. Dalam hidup tentu ada pasang surut, begitu juga unek-unek yang kamu miliki, ada saatnya perasaan itu akan pergi

5 Nasihat Buat Kamu yang Mau Hilangkan Unek-unek, Tetaplah Bijak!Pixabay.com/Free-Photos

Ingatlah, bahwa hidup ini tak selamanya statis, tentu ada pasang surutnya. Begitu juga segala beban hidup dan juga unek-unek yang kamu rasakan. Percayalah, semua itu tak abadi. Akan ada masa atau titik di mana masalah hidupmu pelan-pelan terurai.

Untuk itu, tegaplah berdiri dan jangan pernah menyerah atau mundur ke belakang. Langkahkan kaki dengan energi positifmu. Dengan begitu unek-unekmu pun perlahan sirna.

5. Dekatkan diri pada Sang Pencipta adalah yang terbaik, perasaanmu akan jauh lebih bahagia

5 Nasihat Buat Kamu yang Mau Hilangkan Unek-unek, Tetaplah Bijak!Unsplash.com/ Alex Blăjan

Kunci utama kebahagiaan adalah memperbaiki hubungan dengan Sang Pemilik Semesta. Sebab hanya dengan kembali pada-Nya, hatimu akan menjadi tenang dan lapang. Ingat-ingat kembali segala kesalahan yang pernah kamu lakukan dengan tak jemu introspeksi diri.

Dengan begitu, kamu akan menyadari bahwa hidup ini tak luput dari salah dan kekurangan. Karena itu, dekatkan diri pada-Nya dan tumpahkan segala keluh kesah yang menumpuk di dadamu. Bermunajatlah dengan indah hingga berderai air matamu. Setelah itu, perasaanmu akan jauh lebih lapang.

Sebagai manusia, setiap kita tentu tak luput dari masalah hidup. Sejatinya tak ada manusia yang tidak memikul beban atau unek-unek dalam dirinya. Karena itu jangan langsung putus asa menghadapi segala kemelut, hadapi dan serahkan segala keputusannya pada Sang Ilahi.

Baca Juga: 8 Pelajaran Hidup dari Bebek Ini Bisa Kamu Teladani, Yuk Bijaksana!

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You