Comscore Tracker

Ini 5 Sikap yang Bisa Kamu Lakukan Saat Permintaan Maafmu Tak Terbalas

Bersabar dan berdoalah sepenuh hati

Kamu mungkin pernah berbuat salah dan melukai perasaan temanmu, lalu akhirnya meminta maaf padanya.  Namun, saat permintaan maaf kamu ucapkan, sang teman tidak merespon apa-apa. Jika hal ini pernah terjadi dalam hidupmu, maka sudah seharusnya kamu bersikap bijak.

Belajarlah dari pengalaman tersebut sebagai bahan renungan untuk introspeksi diri agar tidak lagi melakukan kesalahan yang sama di hari kemudian. Berikut ini 5 sikap yang bisa kamu lakukan saat permintaan maafmu tak terbalas. Yuk, disimak!

1. Perbanyak mawas diri, sebab semua kesalahan yang kamu buat merupakan bagian dari sumbangsih kecerobohan diri

Ini 5 Sikap yang Bisa Kamu Lakukan Saat Permintaan Maafmu Tak TerbalasPixabay.com/Free-Photos

Ingatlah, setiap kesalahan yang manusia perbuat merupakan bagian dari sumbangsih kecerobohan diri sendiri. Oleh karena itu jangan buru-buru menyalahkan orang lain atas setiap kesalahan yang terjadi, namun mulailah introspeksi diri. Sebagai manusia biasa, kita perlu untuk wawas diri sepanjang waktu agar diri tak lagi terjebak oleh kesalahan yang sama, sehingga seseorang akan terus berupaya memperbaiki dirinya. 

Oleh karena itu, saat kamu berada di posisi pihak yang bersalah dan permintaan maafmu tak terbalas, maka jangan buru-buru menghardik keadaan. Tenangkan dirimu dan teruslah introspeksi diri. Ketahuilah, semua hal yang kamu alami dalam hidup mengandung hikmah-hikmah, maka jangan sia-siakan hikmah tersebut sebagai guru kehidupan.

2. Cobalah ikhlas menerima keadaan

Ini 5 Sikap yang Bisa Kamu Lakukan Saat Permintaan Maafmu Tak TerbalasUnsplash.com/ Cem Ersozlu

Jika kamu merasa hatimu bak terhimpit alias sempit, bahkan sampai susah hati, bisa jadi ini terjadi karena kekosongan rasa ikhlas di dalam sanubari. Ingatlah, menghadirkan rasa ikhlas sangatlah penting dalam menjalani kehidupan ini, termasuk saat kamu meminta maaf pada orang lain. Hadirkan rasa ikhlas, karena bisa saja permohonan maafmu diterima atau malah tidak dibalas alias tidak dimaafkan oleh orang tersebut.

Tetaplah ikhlas meskipun orang lain tidak memaafkanmu. Ingat, Sang Pencipta Maha Membolak-balikkan hati, jangan pernah sedih meski orang tersebut belum memaafkanmu. Percayalah, jika kamu meminta maaf dari hati, kelak di suatu hari, ia pun akan merasakan keikhlasan dari permohonan maafmu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Menunggu Seseorang Minta Maaf Saat Dia Salah

3. Berpikirlah positif, mungkin temanmu belum membalas permintaan maafmu karena masih dirundung emosi

Ini 5 Sikap yang Bisa Kamu Lakukan Saat Permintaan Maafmu Tak TerbalasUnsplash.com/Jeremy Yap

Jangan isi pikiranmu dengan pemikiran negatif, sebab semua itu akan menjadi bumerang dan akan membuat hidupmu menjadi tidak tenang. Cobalah untuk berpikir positif dan rasakan sendiri manfaat luar biasanya.

Kamu akan mudah untuk lapang dada dan menerima segala kondisi, bahkan kamu mudah untuk menerima sikap orang lain yang tidak membalas permohonan maafmu.

Teruslah berbuat kebaikan dan jangan pernah jemu introspeksi diri. Mungkin orang lain belum memaafkanmu karena masih dirundung emosi. Maka solusi terbaik adalah tetap berpikir positif dan tetap menjalin hubungan baik dengannya.

4. Bersabarlah

Ini 5 Sikap yang Bisa Kamu Lakukan Saat Permintaan Maafmu Tak TerbalasUnsplash.com/Charis Gegelman

Sabar sudah seharusnya menjadi sifat mulia yang dimiliki setiap orang. Sebab hanya dengan sabar seseorang bisa tenang dan tidak panik ataupun nelangsa dalam menghadapi kemelut yang ia hadapi.

Untuk itu, jika kamu merasa permohonan maafmu tidak terbalas oleh orang lain maka jangan langsung menyerah, teruslah bersabar dan tunggulah. Dengan bersabar, hatimu akan jauh lebih lapang dan tidak timbul rasa cemas juga curiga.

Yakinlah, meskipun permohonan maafmu tak berbalas, kamu sudah melakukan yang terbaik dalam hidupmu.

5. Teruslah berdoa pada sang Pencipta agar permintaan maafmu diterima oleh sang teman

Ini 5 Sikap yang Bisa Kamu Lakukan Saat Permintaan Maafmu Tak TerbalasPixabay.com/Free-Photos

Jangan pernah sepelekan doa, karena hanya dengan berdoa kepada Sang Maha Pencipta maka hidupmu akan jauh lebih tenang. Sebab kamu mencurahkan segala daya dan upaya hanya pada-Nya.

Mintalah pada Sang empunya jagat agar membukakan pintu hati temanmu agar ia bisa memaafkan kesalahan yang kamu perbuat. Yakinlah, Sang Pencipta tidak pernah tidur, ia akan senantiasa mendengar dan menjawab doa-doa indahmu.

Ketahuilah, jangan menjadi pribadi yang kehilangan harapan meskipun kamu pernah berbuat salah. Jadilah manusia bijak dengan tidak jemu memperbaiki diri. Kelak hidupmu akan lebih terarah dan jauh lebih baik. Dengan demikian, jangan pernah tinggalkan perilaku baik dan jadilah pemaaf, ya.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Masih Belum Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya