Comscore Tracker

Stop Kecewa, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Ikhlas Menjalani Hidup

Bersiap dan terima segala kondisi hidupmu dengan lapang dada

Setiap manusia pasti pernah mengalami rasa kecewa. Jika mengacu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makna kecewa adalah kecil hati atau tidak puas lantaran keinginan yang tidak terkabul. Kecewa bisa membuat anak manusia jadi berputus asa menjalani roda hidupnya, bahkan bisa tidak ikhlas menerima ketentuan dari Tuhan.

Percaya deh, kecewa tidak membuat hidupmu  lebih baik. Berlapang dada adalah kuncinya, yakni menerima segala kondisi hidup ini.

Berikut terdapat 5 hal yang bisa kamu lakukan agar kamu ikhlas menjalani hidupmu.

1. Berhenti mengeluh dan selalu bersyukur

Stop Kecewa, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Ikhlas Menjalani Hiduppixabay.com/Sasint

Bertemu kesulitan dalam hidup kerap membuat manusia suka mengeluh. Padahal mengeluh tidak membuat hatimu lapang, malah akan memperkeruh suasana. Gantilah kebiasan mengeluh dengan selalu bersyukur.

Saat kita terus menggemakan rasa syukur atas segala keadaan, Tuhan akan berikan kelapangan hati pada kita. Terlepas hidup kita diliputi senang atau susah, jangan pernah lupa bersyukur.

Lihatlah sekitar dan kita akan banyak menemui orang-orang yang hidupnya lebih sulit dari yang kita hadapi. Seperti anak kecil yang sudah jadi yatim piatu, atau seorang ibu yang baru kehilangan anaknya setelah menanti 10 tahun. Semua kejadian itu mengandung hikmah yang bisa kita petik agar terus bersyukur.

Ingatlah, Tuhan akan menambah nikmat kepada kita ketika kita rajin mensyukuri apapun.

 

2. Yakinlah bahwa Tuhan memberi ujian sesuai kemampuan dirimu

Stop Kecewa, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Ikhlas Menjalani HidupPixabay.com/ Skitterphoto

Setiap manusia memiliki ujian hidup yang berbeda-beda. Percayalah, Tuhan memberi kita ujian sesuai kemampuan kita sekaligus menyiapkan jalan keluarnya.

Berhenti merasa bahwa dirimu adalah orang yang paling sengsara di dunia ini.  Ketika kamu terlalu sering melihat kepada orang-orang di atasmu, maka kamu akan terus merasa bahwa dirimu kecil.

Namun cobalah untuk melihat ke bawah yakni orang-orang yang lebih kekurangan darimu, maka kamu akan melihat betapa banyak orang yang hidup penuh kesederhanaan atau mungkin kurang dari kata "cukup" namun mereka bisa bersyukur dan menerima keadaan mereka.

Ingatlah, jadikan ujian hidupmu sebagai tangga kehidupan, kamu harus terus menaiki anak tangga itu agar kamu bisa naik kelas menuju pribadi yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Siap Buka Lembaran Baru, Begini 6 Cara Mengikhlaskan Kenangan Lama

3. Jangan berhenti berdoa dan berusaha membuat hidupmu lebih baik

Stop Kecewa, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Ikhlas Menjalani HidupPixabay.com/ picjumbo_com

Sebagai manusia sudah selayaknya kita memohon kepada Tuhan agar diberikan jalan terbaik dalam hidup ini. Sombong jika kita hanya mengandalkan usaha sendiri tanpa melibatkan Tuhan dalam mencapai kesuksesan hidup. Namun, tidak tepat juga jika kita hanya berdoa saja dan memohon kepada Tuhan tanpa ada usaha yang menyeimbangkannya.  Jadi, hendaknya kita menyelaraskan antara usaha dan doa dalam menjalani hidup.

Percayalah, Tuhan tidak akan tinggal diam jika kita senantiasa berdoa dan berusaha.

 

4. Buang penyakit hati agar hidupmu plong

Stop Kecewa, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Ikhlas Menjalani HidupPixabay.com/ Sasint

Jangan jadikan penyakit hati ini berkembang dalam dirimu, belajarlah mensyukuri apa yang kamu dapatkan selama ini. Jadikanlah keberhasilan yang seseorang peroleh membuatmu termotivasi untuk bangkit dan bersemangat menjalani hari-harimu.

Percayalah, hidup kamu tidak akan pernah tenang  jika hanya memelihara penyakit hati seperti iri atau dengki.

5. Jangan ragu berbagi dengan menyisihkan hartamu, agar hatimu lapang

Stop Kecewa, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Ikhlas Menjalani HidupPixabay.com/ Bess-Hamiti

Manusia diciptakan untuk saling berbagi dan tolong menolong, karena pada  hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Kamu tidak akan rugi jika saling berbagi antar sesama.

Keliru jika ada pernyataan bahwa dengan berbagi, hidup menjadi makin sengsara dan miskin. Sebaliknya, kamu menjadi kaya hati karena turut  berkontribusi menebar kebaikan untuk orang lain. Jadikan berbagi sebagai tabungan amalmu.

Jadi, mulai dari sekarang, stop untuk kecewa terhadap apapun yang terjadi dalam skenario hidupmu. Lakukan yang terbaik dan jangan sia-siakan hidupmu.

 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Bisa Berlapang Dada Dalam Menjalani Hidup

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya