Comscore Tracker

5 Bahan Masker Organik Terbaik, Atasi Noda Hitam dan Bekas Jerawat!

Bantu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat

Memiliki kulit yang glowing, mulus, bersih tanpa noda apa pun pada kulit wajah menjadi dambaan para wanita. Namun, tak bisa dimungkiri adanya berbagai masalah pada kulit wajah seperti bintik hitam dan bekas jerawat. Hal itu kerap mengganggu penampilan.

Untuk mencegah hal itu, ada beragam produk kecantikan yang membantu wujudkan kulit wajah glowing, mulus, dan bersih. Kamu bisa memanfaatkan masker berbahan alami, lho. Berikut lima bahan masker organik terbaik untuk mengatasi noda hitam dan bekas jerawat yang bisa kamu coba!

1. Masker almond

5 Bahan Masker Organik Terbaik, Atasi Noda Hitam dan Bekas Jerawat!ilustrasi almond (pexels.com/karolina grabowska)

Di dalam kacang almond terdapat kandungan vitamin E yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit wajah, lho. Selain itu, sifat antioksidan pada kacang almond juga dapat menangkal radikal bebas dalam kulit.

Kandungan asam oksalat baik untuk merawat kulit dan mencegah jerawat. Jenis kacang ini juga bisa mengurangi warna kulit yang belang akibat masalah pigmentasi. Jika kamu ingin membuat masker almond sendiri, cukup rendam almond secukupnya di dalam wadah. Diamkan semalaman, kupas almond, lalu giling. Yuk, coba!

2. Masker oatmeal

5 Bahan Masker Organik Terbaik, Atasi Noda Hitam dan Bekas Jerawat!ilustrasi oatmeal (pexels.com/monserrat soldu)

Masker dengan kandungan oatmeal dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan bintik-bintik hitam yang membandel pada kulit wajah, lho. Selain itu, oatmeal mampu melembapkan, mengurangi kemerahan sekaligus mengatasi jerawat.

Oatmeal juga mampu menyerap produksi minyak berlebih pada wajah dan sebagai eksfoliasi alami yang membantu menghilangkan komedo. Kamu juga bisa membuat masker oatmeal sendiri, girls! Caranya gampang, cukup mix oatmeal dan air sampai kental. Kemudian, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

3. Masker kunyit

5 Bahan Masker Organik Terbaik, Atasi Noda Hitam dan Bekas Jerawat!ilustrasi kunyit (pexels.com/karolina grabowska)

Tahukah kamu, kunyit memiliki kandungan curcumin yang bisa membantu proses menyembuhkan luka sekaligus mencerahkan kulit wajah. Efektif untuk bintik hitam, bekas jerawat, warna tidak rata, dan masalah pigmentasi.

Kamu juga bisa membuat masker kunyit di rumah. Caranya dengan campurkan bubuk kunyit dan air perasan lemon secukupnya. Gabungan lemon dan kunyit akan memberikan efek yang maksimal pada kulit wajah. Oleskan pada bekas jerawat, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Jangan lupa untuk gunakan pelembap setelah pakai masker kunyit ini, ya!

4. Masker pepaya

5 Bahan Masker Organik Terbaik, Atasi Noda Hitam dan Bekas Jerawat!ilustrasi pepaya (pexels.com/any lane)

Buah pepaya sering digunakan sebagai bahan dasar krim atau masker wajah. Pepaya memiliki sifat antioksidan juga tinggi vitamin C yang bermanfaat bagi kulit. Pepaya juga memiliki enzim papain yang bisa mencegah terjadinya hiperpigmentasi, lho.

Buah ini memang bisa menghilangkan bekas luka dan bintik hitam. Manfaat lainnya untuk kulit wajah dapat membantu mengurangi keriput dan tanda-tanda penuaan. Cara membuatnya mudah, kok. Cukup tumbuk pepaya, lalu aplikasikan pada wajah. biarkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Masker kentang

5 Bahan Masker Organik Terbaik, Atasi Noda Hitam dan Bekas Jerawat!ilustrasi kentang (pexels.com/daisy anderson)

Kentang merupakan sumber enzim catecholase yang bisa menghentikan masalah pigmentasi, noda hitam, dan bekas jerawat. Kandungan pati di dalam kentang juga dapat membantu menghilangkan bekas luka, lho.

Jika kamu ingin membuat masker kentang sendiri, caranya cukup sederhana. Parut kentang, saring dengan kain bersih untuk dapatkan ekstrak pati, lalu campurkan perasan air lemon. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Cara lebih praktis, kamu bisa memotong kentang dalam irisan agak tebal, kemudian aplikasikan secara lembut pada bekas jerawat dan diamkan sampai meresap. Kentang bahan yang paling mudah ditemukan di dapur, girls!

Itulah kelima bahan masker organik terbaik untuk mengatasi noda hitam dan bekas jerawat. Kamu juga bisa membuat masker sendiri dirumah, lho. Jika kamu memiliki alergi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu, ya.

Baca Juga: 5 Masker Organik Berbahan Dasar Kopi Ini Bisa Hilangkan Bekas Jerawat

Anggraini R Photo Verified Writer Anggraini R

Enjoy readers!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya