Comscore Tracker

Dukung Entrepreneur Lokal, Blibli.com Beri Hadiah Total 1,3 M Rupiah! 

Jadi pengusaha memang mimpi semua millennials

Jakarta, IDN Times - Di awal tahun 2019 ini IDN Times merilis Indonesia Millennial Report 2019 yang menyebutkan tentang minat millennials untuk menjadi seorang pengusaha. Hasilnya cukup mengejutkan, ternyata 69,1% millennials memiliki minat sebagai seorang entrepreneur lho. Hal ini ternyata dibuktikan oleh Blibli.com yang Sabtu kemarin menggelar Malam Penganugerahan Blibli.com Big Start Indonesia (BBSI) Season 4 yang diadakan di IDEAFest 2019 (5/10). Berikut beberapa kejutan yang disiapkan oleh Blibli.com, keep scrolling, guys!

1. Blibli.com siapkan hadiah lebih hingga 1,3 M untuk pemenang BBSI Season 4

Dukung Entrepreneur Lokal, Blibli.com Beri Hadiah Total 1,3 M Rupiah! IDN Times/Anindya Roswita

BBSI sendiri merupakan kompetisi creativepreneur dari Blibli.com yang fokus memberi kesempatan pada pelaku ekonomi kreatif dalam mengembangkan bisnis mereka. BBSI sendiri dilaksanakan pertama kali pada tahun 2016. Di BBSI Season 4 kali ini, Blibli.com menyiapkan kejutan berupa hadiah total 1,3 M Rupiah yang disiapkan untuk para pemenang. Nggak tanggung-tanggung, bahkan ada 6 pamenang yang akan membawa pulang hadiah spektakuler ini.

2. Blibli.com berkomitmen untuk mendorong perkembangan para pelaku usaha kreatif

Dukung Entrepreneur Lokal, Blibli.com Beri Hadiah Total 1,3 M Rupiah! IDN Times/Anindya Roswita

Di balik terlaksananya BBSI Season 4, ada Blibli.com yang memiliki komitmen yang besar dalam mendorong perkembangan para wirausahawan kreatif yang mana telah mendorong pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. Dalam acara ini Kusumo Martanto selaku CEO Blibli.com mengatakan bahwa tahun ini dunia kreatif akan menyumbang 1200 Triliun Rupiah ke perekonomian Indonesia. Beliau juga menegaskan bahwa dunia kreatif ini yang menjadi pilar buat perekonomian Indonesia.

Dalam kesempatan ini. Kusumo Martanto juga mengucapkan harapannya untuk para finalis maupun pemenang BBSI Season 4, “Para pemenang BBSI Season 4 ini mewakili pengusaha kreatif dengan produk paling inovatif yang didukung oleh strategi bisnis yang sangat tajam. Dengan demikian mereka memiliki potensi besar untuk menjadi pemain yang kuat di pasar lokal serta merambah pasar internasional di mana kedua hal ini juga menjadi penilaian penting BBSI 2019,” ungkap Kusumo Martanto.

3. BBSI Season 4 memiliki 4 kategori usaha yang banyak diminati oleh entrepreneur muda

Dukung Entrepreneur Lokal, Blibli.com Beri Hadiah Total 1,3 M Rupiah! IDN Times/Anindya Roswita

BBSI Season 4 kali ini punya 4 kategori usaha nih buat para creativepreneur muda seperti Fashion, Kuliner, Kriya dan Kesehatan dan Kecantikan (KKE). BBSI ini sudah membuka pendaftaran sejak Juni - Agustus 2019 dan terhitung 8,900 pengusaha mendaftar BBSI Season 4. Dari 8,900 pengusaha yang suudah mendaftar, tersaring menjadi Top 100 dan kemudian menjadi Top 20.

Proses seleksi para finalis ini dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, seperti  sudah menjalankan usaha selama minimal satu tahun, memiliki setidaknya dua produk, menampilkan produk inovatif, serta menjalankan strategi bisnis yang berpeluang besar untuk berkembang.Wah, ketat ya proses seleksinya!

4. Proses pencarian pemenang juga diikuti oleh para mentor keren

Dukung Entrepreneur Lokal, Blibli.com Beri Hadiah Total 1,3 M Rupiah! IDN Times/Anindya Roswita

Blibli.com melakukan proses seleksi pemenang dengan sangat ketat. Selain dengan kriteria yang menantang bagi para finalis, proses penyeleksian juga dilakukan dengan bekerja sama dengan beberapa juri yang juga menjadi mentor selama sepekan dalam Mentorship Week untuk masing-masing kategori seperti Rinrin Marinka dari Masterchef Indonesia untuk bidang kuliner, Didiet Maulana dari IKAT Indonesia untuk bidang fashion, Priscilla Pangemanan selaku Co-Founder SASC untuk bidang KKE, dan Luthfi Hasan dari Jakarta Vintage untuk bidang Kriya. 

Tidak hanya menggandeng para mentor keren, Dalam Mentorship Week, BBSI Season 4 ini juga dibantu oleh para mitra BBSI Season 4 yang mana terdiri dari Kementerian Perindustrian, Universitas Prasetya Mulya, BCA, Google, AXA, Kontak Hukum, JNE, Co-Founder Inspigo Yoris Sebastian, dan director of Coaching MAESTRO Consulting-Coaching-Communicating Handoko Wignjowargo. BBSI Season 4 ini juga bekerja sama dengan beberapa pihak lainnya lho, seperti perwakilan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Catalyst Arts Indonesia. 

5. Cahaya Naturalis bawa pulang 500 Juta Rupiah dalam ajang BBSI Season 4

Dukung Entrepreneur Lokal, Blibli.com Beri Hadiah Total 1,3 M Rupiah! IDN Times/Anindya Roswita

Setelah melalui proses panjang, akhirnya pada malam penganugerahan BBSI Season 4 ini, Amadeus Wibowo dengan Cahaya Naturalis dari kategori KKE berhasil membawa pulang pendanaan sebesar 500 juta Rupiah. Cahaya Naturalis merupakan produsen minyak alami lokal di mana minyak yang ia produksi memiliki khasiat yang bisa dibuktikan secara ilmiah, seperti minyak tamanu. 

Di Posisi kedua Muhammad Nur Rijaldi dengan Mango Day dari kategori kuliner yang membawa pulang 400 juta Rupiah. Kemudian di posisi ketiga ada Elsana Bekti Nugroho dengan Arane dari kategori fashion yang membawa pulang 300 juta Rupiah. Selanjutnya untuk posisi keempat ada Ilham Pinastiko dengan Pala Nusantara dari kategori kriya yang membawa pulang 100 juta Rupiah. Nggak hanya sampai di situ, Blibli.com juga menyiapkan hadiah untuk kategori Editor’s Choice dan Favorite Winner yang masing-masing dimenangkan oleh La Dame in Vanilla dan Kemayu and Co di mana masing-masing mendapatkan total pendanaan sebesar Rp 50.000.000,- 

Setelah kompetisi berakhir, semua pemenang dan juga pengusaha kreatif yang masuk ke Top 100 akan terus mendapatkan pelatihan serta pendampingan dari Blibli.com melalui Galeri Indonesia, kategori khusus untuk pengusaha kreatif dengan produk lokal. Dukungan ini merupakan komitmen jangka panjang Blibli.com untuk terus mendorong perkembangan usaha kreatif dan produk lokal Indonesia.  Wah, selamat dan semoga bermanfaat ya!

6. Ada talkshow inspiratif tentang entrepreneurship yang dijalankan oleh millennials

Dukung Entrepreneur Lokal, Blibli.com Beri Hadiah Total 1,3 M Rupiah! IDN Times/Anindya Roswita

Nggak hanya momen penganugerahan para finalis aja nih yang bikin seru. Rangkaian acara Malam Penganugerahan BBSI Season 4 ini juga diisi dengan talkshow inspiratif dengan Arie Kriiting dan Andreas Maryoto.  Selaku Pimpinan Redaksi Kompas yang ikut membagikan pandangan mereka seputar dunia wirausaha.

7. Dimeriahkan juga oleh beberapa performance spektakuler dari musik hingga tarian

Dukung Entrepreneur Lokal, Blibli.com Beri Hadiah Total 1,3 M Rupiah! IDN Times/Anindya Roswita

Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh beberapa bintang tamu seperti Goodnight Electric, tarian yang memukau dari Funky Papua juga ditutup oleh penampilan spesial dari Kikan eks-vokalis Cokelat. Wah, semoga dengan adanya acara seperti BBSI Season 4 ini semakin menginspirasi para millennials dan gen z dalam berkreasi di dunia industri kreatif ya. Buat kamu yang ingin terjun ke dunia kreatif, semangat ya!

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya