Comscore Tracker

Sederhana Sih, Tapi 5 Hal ini Bikin Kamu Tangguh Saat Diuji

#GoodLife Akan terasa susah kalau gak dicoba dari sekarang!

Ujian dan cobaan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Sehingga kita harus tangguh menghadapi berbagai ujian yang datang dalam hidup kita. Karena pada hakikatnya, ujian yang datang akan menjadikan kita pribadi yang jauh lebih baik lagi.

Lima hal sederhana ini akan menjadikan kita pribadi yang tangguh saat menghadapi berbagai ujian dalam hidup.

1. Bersikap positif dalam menghadapi ujian

Sederhana Sih, Tapi 5 Hal ini Bikin Kamu Tangguh Saat DiujiPexels/Oleksandr Pidvalnyi

Kita memang tidak bisa memilih ujian seperti apa yang datang dalam kehidupan kita. Namun kita memiliki pilihan bagaimana cara menyikapi ujian tersebut. Satu yang bisa dilakukan yaitu dengan selalu berusaha bersikap positif setiap ujianmu datang.

Karena dengan bersikap positif akan melahirkan semangat untuk tidak pernah menyerah, dan tentunya semangat untuk mencari solusi yang terbaik.

2. Yakinlah bahwa kita sanggup menghadapi ujian tersebut

Sederhana Sih, Tapi 5 Hal ini Bikin Kamu Tangguh Saat Diujipexels.com/ João Jesus

Yakinlah bahwa setiap ujian yang diberikan Tuhan kepada kita sesuai dengan kadar kemampuan kita. Jika merasa tidak sanggup menghadapi ujian tersebut, tandanya kita harus terus meningkatkan kualitas diri sendiri.

Keyakinan dalam diri dalam menghadapi ujian membuat kita tidak akan mudah menyerah. Sehingga kita akan mampu mengambil tindakan untuk memperbaiki diri dan mencari solusi.

Ingatlah bahwa tidak ada ujian yang berat. Malah kita yang terlalu malas untuk meningkatkan kualitas diri agar mampu menghadapi berbagai ujian.

3. Sabar

Sederhana Sih, Tapi 5 Hal ini Bikin Kamu Tangguh Saat Diujipexels.com/ bruce mars

Definisi sabar di sini bukan berarti diam. Melainkan sabar dengan tetap teguh untuk mencari solusi dari setiap ujian yang dihadapi. Inilah definisi sabar yang benar. Ketika ujian datang, terimalah dengan keikhlasan dan sabar, sambil terus mencari solusi yang terbaik untuk setiap ujian.

4. Yang kita benci bisa jadi baik untuk kita

Sederhana Sih, Tapi 5 Hal ini Bikin Kamu Tangguh Saat Diujipexels.com/ freestocks.org

Saat ujian datang, terkadang kita membencinya. Padahal belum tentu itu buruk untuk kita. Yakinlah bahwa Tuhan akan selalu memberikan yang terbaik untuk kita. Meski terasa pahit, tapi ujian itu merupakan hal yang terbaik untuk hidup kita. Teruslah berprasangka baik bahwa ujian yang menimpa kita merupakan kebaikan untuk hidupmu.

5. Tenanglah kemudahan akan datang

Sederhana Sih, Tapi 5 Hal ini Bikin Kamu Tangguh Saat Diujipexels.com/bruce mars

Tidak ada yang abadi dalam kehidupan di dunia ini. Begitu pun dengan ujian. Baik kesulitan, kesedihan dan juga kebahagiaan akan silih berganti untuk menghiasi hidup kita.

Maka, tenanglah dalam menyikapi setiap ujian. Karena dalam setiap ujian akan ada kemudahan, asalkan kita mau melalui ujian tersebut, sesulit apapun itu.

Anisa Lestari Photo Verified Writer Anisa Lestari

Teruslah belajar dan berkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya