Comscore Tracker

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Masih Labil Saat Membuat Keputusan

#GoodLife Apa kamu mengalami hal ini?

Saat akan mengambil sebuah keputusan kamu sering merasa kesulitan, hal ini menandakan kalau diri kamu masih labil. Karena kamu masih terpengaruh dengan hal-hal yang berada di luar diri kamu. Enam tanda di bawah ini menunjukan diri kamu yang masih sering labil saat akan membuat sebuah keputusan!

1. Kamu terlalu mengkhawatirkan pemikiran orang lain

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Masih Labil Saat Membuat Keputusanpexels.com/ Rene Asmussen

Saat akan menentukan sebuah pilihan kamu terlalu memikirkan bagaimana pendapat orang lain terhadap pilihan yang kamu ambil. Sehingga membuat kamu sulit untuk memutuskan pilihan dan pada akhirnya kamu akan merasa paranoid setiap akan mengambil sebuah keputusan.

Sebaiknya saat akan mengambil sebuah keputusan jangan terlalu memikirkan pendapat orang lain yang terpenting keputusan itu diambil tanpa merugikan siapapun dan apapun.

2. Kamu terlalu banyak berpikir

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Masih Labil Saat Membuat Keputusanpexels.com/ Demeter Attila

Kamu terlalu banyak menganalisa sebuah situasi dan kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi. Kalau kamu terlalu overthinking seperti ini hanya akan membuatmu mudah stres. Sebaiknya ubahlah pola pikirmu menjadi lebih positif sehingga akan lebih memudahkan kamu dalam mengambil sebuah keputusan.

3. Kamu tidak mau menyakiti perasaan orang lain

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Masih Labil Saat Membuat Keputusanpexels.com/ Segopotso Makhutja

Kamu lebih memprioritaskan perasaan orang lain dibandingkan perasaan kamu sendiri. Namun, terkadang kamu harus mengutamakan perasaanmu sendiri dan juga kebahagaianmu sendiri agar kamu bisa fokus mencapai tujuan-tujuanmu. Ingat bahwa sebelum kamu membahagiakan orang lain diri kamu sendiri harus bahagia.

Baca Juga: Ketika Mulai Meragukan Mimpimu, Ingatlah 5 Alasan Ini

4. Kamu tidak mau mengecewakan orang lain

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Masih Labil Saat Membuat Keputusanpexels.com/ Chinmay Singh

Kamu sangat bersimpati kepada orang lain sehingga kamu tidak ingin membuat orang lain tidak nyaman dengan keputusan yang kamu ambil. Namun terkadang kamu hanya perlu memikirkan dirimu sendiri. Karena kamu tidak bisa menyenangkan semua orang.

5. Orang lain yang selalu membuat keputusan untuk kamu

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Masih Labil Saat Membuat Keputusanpexels.com/Oleg Magni

Kamu selalu mengandalkan orang-orang terdekatmu untuk mengambil keputusan, bahkan keputusan penting untuk hidupmu. Kamu tidak terbiasa untuk mengambil keputusanmu sendiri, inilah tanda bahwa kamu orang yang labil.

Belajarlah untuk menentukan keputusan sendiri karena ada saatnya kamu hanya perlu mempercayai insting dalam dirimu. Kalau hal ini dirasa terlalu sulit mintalah nasihat dari orang-orang terdekat untuk melihat persepsi lain bukan untuk meminta mengambil keputusan. Ingatlah bahwa kamu sendiri yang memegang kendali atas hidupmu sendiri.

6. Kamu trauma membuat keputusan

6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Masih Labil Saat Membuat Keputusanpexels.com/Inzmam Khan

Saat dulu kamu pernah membuat sebuah keputusan yang salah, sehingga kamu takut untuk mengambil keputusan lagi. Ingatlah yang perlu kamu lakukan belajar dari kesalahan tersebut, jangan biarkan kesalahan di masa lalu terus membayang-bayangi hidupmu.

Di mana-mana, orang yang membuat keputusan itu harus selalu siap dengan konsekuensinya. Nah kalau mindset seperti ini sudah ada di pikiranmu, berarti kamu sudah makin dewasa dan berani menjalani keputusan itu.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Sosok Peragu yang Sering Bimbang Saat Ambil Keputusan

Anisa Lestari Photo Verified Writer Anisa Lestari

Teruslah belajar dan berkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya