Comscore Tracker

Hidupmu Berharga, Lawan Keinginan Bunuh Diri dengan 5 Hal Ini

Jangan nekat mengakhiri hidupmu karena hal apapun

Mengakhiri hidup dengan cara menyakiti diri sendiri atau bunuh diri merupakan dosa besar. Tidak ada satu agama pun di dunia yang membenarkan tindakan bunuh diri. Apapun alasannya, mengakhiri hidup dengan menyakiti diri sendiri adalah salah.

Mungkin kamu merasa beban hidup kamu sangat berat sehingga membuatmu menderita. Kamu merasa tak kuat lagi untuk bertahan dan menghadapi semua hal dalam hidupmu, sehingga pemikiran untuk mengakhiri hidup pun muncul dan menggoda pikiranmu. 

Saat semua itu terjadi, cobalah untuk bertahan dan melawan dengan melakukan 5 hal berikut ini: 

1. Berdoa

Hidupmu Berharga, Lawan Keinginan Bunuh Diri dengan 5 Hal Inipexels.com/Luis Quintero

Segeralah mengucapkan doa dan beribadah. Berdoa meminta ampunan kepada Tuhan dan bertaubat. Yakinlah bahwa Tuhan akan selalu memberikan pertolongan kepada umatNya yang membutuhkan bantuan.

2. Bicara dengan orang terpercaya

Hidupmu Berharga, Lawan Keinginan Bunuh Diri dengan 5 Hal Inidramabeans.com

Jujur, terbuka, dan berterus terang. Ungkapkan apa yang menurut kamu harus diungkapkan kepada orang yang kamu percaya. Ungkapkan apa yang menjadi beban kamu hingga membuatmu putus asa. Siapa tahu setelah bercerita beban kamu terasa lebih ringan sehingga dapat berpikir jernih.

Siapa tahu juga kamu akan mendapat pencerahan dari orang yang kamu ajak bicara. Intinya kalau ada masalah jangan dipendam sendiri, karena kamu juga yang akan rugi nantinya.

3. Minta seseorang untuk menemanimu

Hidupmu Berharga, Lawan Keinginan Bunuh Diri dengan 5 Hal Inipexels.com/Tirachard Kumtanom

Saat kamu sudah merasa sangat down dan putus asa, teruslah berusaha melawan perasaan itu. Jangan pergi menyendiri atau sendirian. Cari teman dan minta dia untuk menemani kamu.

Ungkapkan apa yang sedang kamu rasakan supaya dia tahu dan mengerti kondisi kamu. Keberadaan seorang teman bersamamu bisa membantu alihkan pikiran dan perasaan negatif yang ada pada diri kamu.

Baca Juga: 18 Alasan Orang Bunuh Diri, Kenali dan Lindungi Mereka di Sekitarmu

4. Ingat hal yang indah dan lucu

Hidupmu Berharga, Lawan Keinginan Bunuh Diri dengan 5 Hal Inipexels.com/pixabay

Ketika keinginan untuk mengakhiri hidup kian kuat dalam diri kamu, coba lawan sekuat mungkin dengan mengingat kenangan indah yang pernah kamu alami atau hal-hal yang lucu dan konyol. Ingatlah bahwa hidupmu terlalu berharga untuk diakhiri secara sia-sia.

5. Sibukkan dirimu dengan kegiatan

Hidupmu Berharga, Lawan Keinginan Bunuh Diri dengan 5 Hal Inidramafever.com

Sebaiknya kamu juga menyibukkan diri dengan melakukan suatu kegiatan yang menyenangkan untuk mengalihkan pikiran negatif. Misalnya, melakukan hobi, makan makanan favorit, bermain di wahana bermain, menonton film, dan lain-lain.

Ingatlah bahwa diri kamu berharga. Hidupmu pun berharga. Jangan sampai kamu termakan pikiran negatif yang hanya akan merugikan dirimu sendiri. Selalu ingat Tuhan dan sayangi dirimu.

Baca Juga: Nyaris Bunuh Diri, Ini Cara 10 Artis Dunia Berjuang Melawan Depresi

Anisa Luciana Photo Verified Writer Anisa Luciana

Mencurahkan isi otak dalam bentuk kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya