Comscore Tracker

5 Etika Ketika Bertemu Bayi di Tempat Umum, Jangan Asal Gemas!

Jangan mentang-mentang karena menggemaskan

Ketika lagi asyik jalan-jalan, bersantap di rumah makan, atau menunggu antrean, tidak jarang kita bertemu dengan ibu yang membawa bayi. Jika bayinya terlihat menggemaskan, kita merasa ingin menggoda bahkan menciumnya.

Eits, tunggu dulu! Ketika bertemu bayi di tempat umum, kita ga boleh sembarangan lho! Ada aturannya ketika kita ingin menggodanya. Apa saja ya? Simak etika ketika bertemu bayi di tempat umum berikut ini!

1. Jangan menyentuhnya sembarangan!

5 Etika Ketika Bertemu Bayi di Tempat Umum, Jangan Asal Gemas!pexels/Pixabay

Ketika kamu sedang berada di transportasi umum, terkadang kamu bertemu dengan ibu yang membawa bayi. Perlu diingat, jangan sekali-kali kamu sembarangan menyentuhnya meski ingin menghiburnya. Kita tidak pernah tahu kondisi kulit bayi yang kamu sentuh.

Jika ingin menyentuh, ada baiknya bertanya atau meminta izin dahulu kepada orangtuanya. Lebih baik lagi jika kamu tidak menyentuhnya sama sekali. Kuman yang ada di tanganmu, akan berpindah ke kulit bayi yang kamu sentuh.

2. Jangan asal memotret!

5 Etika Ketika Bertemu Bayi di Tempat Umum, Jangan Asal Gemas!unsplash/Jonathan Borba

Bagi beberapa orangtua, memperhatikan privasi anaknya itu sangat penting. Seperti membatasi wajah anaknya tersebar di media sosial hingga umur yang ditentukan.

Jadi, ketika kamu sedang di tempat umum dan bertemu dengan bayi yang menurutmu menggemaskan, jangan asal memotret dan mengunggahnya ke media sosial ya! Tentunya, sebelum memotret atau mengunggah, kamu harus dapat izin dari orangtuanya dahulu.

3. Jangan memberi makanan atau minuman sembarangan!

5 Etika Ketika Bertemu Bayi di Tempat Umum, Jangan Asal Gemas!pexels/amsw photography

Jangan sekali-kali memberikan makanan atau minuman sembarangan ke bayi atau anak-anak yang kamu temui. Kamu tidak mengetahui makanan dan minuman apa saja yang bisa dicerna oleh bayi atau anak kecil tersebut.

Kamu juga tidak tahu, apakah bayi tersebut memiliki alergi khusus. Jadi, jika kamu ingin memberi makanan atau minuman, kamu tetap harus tanya dan izin orangtuanya ya!

Baca Juga: 5 Misteri Perilaku Unik Bayi yang Perlu Kamu Tahu

4. Jangan asal menciumnya!

5 Etika Ketika Bertemu Bayi di Tempat Umum, Jangan Asal Gemas!pexels/Nandhu Kumar

Menyentuh sembarangan saja, harus dihindari apalagi menciumnya! Meski mencium  adalah perbuatan yang terlihat sepele, ternyata ini bisa berakibat fatal dan membahayakan kesehatannya lho!

5. Jangan mencoba ingin menggendongnya!

5 Etika Ketika Bertemu Bayi di Tempat Umum, Jangan Asal Gemas!pexels/Monika Balčiūnienė

Demi menghindari resiko yang tidak diinginkan, jika bertemu bayi di tempat umum, hindari rasa ingin menggendongnya. Kita tidak tahu bagaimana kondisi bayi yang jarang sekali kita jumpai itu.

Meskipun orangtuanya mengizinkan, tapi lebih baik jangan lakukan! Kecuali jika memang orangtuanya berada dalam keadaan terdesak, mau tidak mau, kamu harus menolongnya.

Itulah etika bertemu bayi di tempat umum. Meskipun kamu menyukai anak kecil, tetaplah menjaga etika ya! Ini juga berlaku ketika kamu mengunjungi teman yang baru saja melahirkan, lho!

Baca Juga: 5 Etika Saat Ingin Mengajukan Resign, Jangan Langsung Pergi!

Topic:

  • Anjani Eka Lestari
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya