Comscore Tracker

Ketahui 5 Penyebab Umum Mengapa Banyak Millennials Kurang Percaya Diri

Setelah kenal, coba belajar untuk mengatasinya, ya!

Hidup di era modern bukan berarti millennials terlepas dari masalah-masalah yang terkesan kecil, namun sangat berpengaruh pada hidupnya. Salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh millennials adalah kurangnya rasa percaya diri.

Tentu saja ada banyak dampak yang timbul ketika seseorang mengalami masalah kurang percaya diri. Misalnya tidak bisa mengekspresikan keinginan hingga merasa tidak memiliki potensi apa pun.

Oleh sebab itu, ada baiknya sedini mungkin millennials harus mengetahui penyebab mereka kurang percaya diri agar dapat mengatasi hal tersebut ke depannya. Penulis sudah merangkum setidaknya ada 5 penyebab mengapa millennials kurang percaya diri. Penasaran? Yuk, disimak artikel berikut ini!

1. Takut pada kesalahan

Ketahui 5 Penyebab Umum Mengapa Banyak Millennials Kurang Percaya DiriPixabay.com/lukasbieri

Awal mula dari timbul perasaan tidak percaya diri adalah ketika millennials menganggap bahwa segala sesuatu harus dilakukan secara sempurna tanpa kesalahan. Hal tersebut kemudian menciptakan stigma bahwa jangan mencoba sesuatu jika tidak bisa melakukannya secara sempurna.

Alhasil, banyak millennials yang enggan untuk mencoba sesuatu yang baru akibat rasa takut pada kesalahan yang kemudian dapat berimbas pada kurangnya rasa percaya diri millennials tersebut.

2. Menganggap kalau berani beda itu sebagai hal yang aneh

Ketahui 5 Penyebab Umum Mengapa Banyak Millennials Kurang Percaya DiriPixabay.com/Baruska

Menilai bahwa menampilkan sesuatu yang berbeda dari yang dilakukan kebanyakan orang adalah hal yang aneh juga bisa berdampak pada kepercayaan diri seseorang, lho. Itu karena berani tampil beda daripada orang lain merupakan wujud dari ekspresi diri.

Jika menahan diri dengan hanya melakukan kegiatan yang dilakukan oleh mayoritas orang, secara tidak langsung millennials sedang menyembunyikan jati dirinya. Nah, jati diri yang tersembunyi dan tertahan tersebut lah yang dapat menyebabkan seorang millennials menjadi kurang percaya diri.

Baca Juga: 5 Pemikiran yang Membuat Orang Kurang Percaya Diri, Segera Hentikan!

3. Terlalu membanding-bandingkan antara diri sendiri dengan orang lain

Ketahui 5 Penyebab Umum Mengapa Banyak Millennials Kurang Percaya DiriPixabay.com/Free-Photos

Menilai diri dengan membandingkannya dengan orang lain terkadang memang diperlukan. Akan tetapi, jika terlalu berlebihan dalam membandingkan diri sendiri dengan orang lain malah dapat mengakibatkan berkurangnya rasa percaya diri, lho.

Berlebihan yang dimaksud adalah membandingkan diri sendiri dengan orang lain hingga detil-detil terkecil sekalipun sehingga membuat seseorang semakin minder. Apalagi jika ia membandingkannya dengan seseorang yang terkenal dan serbabisa. Sudah pasti perasaan bahwa diri sendiri lebih kecil daripada orang yang dibandingkan akan semakin terasa.

4. Tidak bisa move on dari masa lalu

Ketahui 5 Penyebab Umum Mengapa Banyak Millennials Kurang Percaya DiriPexels.com/Demeter Attila

Ini nih salah satu masalah yang terkesan sepele dari millennials yang tanpa disadari dapat mengakibatkan kurangnya rasa percaya diri. Gagal move on dari berbagai hal jika terjadi berulang-ulang bisa berdampak pada kepercayaan diri seseorang, lho.

Sebab tertahan pada masa lalu, terutama jika masa lalu tersebut terkesan lebih membahagiakan ketimbang saat ini, malah akan menciptakan pikiran negatif. Misalnya pikiran seperti apakah ke depannya bisa menemukan sesuatu yang lebih baik dari hal tersebut atau tidak. Perasaan negatif seperti itulah yang kemudian dapat membuat seorang millennials sulit untuk menemukan rasa percaya dirinya.

5. Kurang mengenal diri sendiri

Ketahui 5 Penyebab Umum Mengapa Banyak Millennials Kurang Percaya DiriPixabay.com/EliasSch

Seseorang dapat lebih berani untuk menunjukkan ekspresi maupun keinginannya ketika sudah mengenali dirinya sendiri. Maksud dari mengenal diri sendiri adalah mengenal tentang kelebihan dan kekurangan diri yang dapat dilakukan.

Nah, kebanyakan millennials yang serbakhawatir akan segala sesuatu menjadi penghambat mereka untuk mengenal diri mereka sendiri. Hal tersebut pada akhirnya juga akan berujung pada rasa percaya diri mereka yang menjadi rendah.

Itu dia 5 penyebab umum mengapa millennials mengalami perasaan kurang percaya diri. Setelah mengetahui 5 penyebab umum tersebut, semoga saja kalian yang millennials bisa menemukan solusi yang tepat dari masalah-masalah yang ada di atas agar merasa lebih percaya diri, ya!

Baca Juga: 5 Hal Baik yang Akan Terjadi Saat Kamu Mulai Percaya pada Diri Sendiri

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Animal Lovers and Smartphone Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya