Comscore Tracker

Daerahmu Terdampak Banjir? Jangan Lupakan 7 Hal Penting Ini!

Agar tetap selamat sampai banjir surut

Awal 2020, Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya langsung menghadapi masalah klasik yang telah melekat selama bertahun-tahun yaitu banjir. Banjir yang terjadi akibat hujan yang turun seharian penuh pada malam pergantian tahun disertai berbagai masalah lain menyebabkan sebagian besar wilayah Jabodetabek terendam.

Tentunya, ada berbagai bahaya yang mengintai masyarakat ketika bencana banjir melanda. Akan tetapi, hal tersebut tentunya bisa dicegah, terutama jika masyarakat yang terdampak banjir tidak melupakan tujuh hal penting ini!

1. Angkut semua barang berharga ke tempat yang lebih tinggi dan aman

Daerahmu Terdampak Banjir? Jangan Lupakan 7 Hal Penting Ini!Pexels.com/hitesh choudhary

Hal pertama yang harus dilakukan bagi korban terdampak banjir ialah mengamankan seluruh barang berharganya agar tidak terendam atau terbawa oleh air yang menggenang.

Cara paling mudah untuk mengamankan barang berharga tersebut dengan meletakkannya ke tempat yang lebih tinggi atau menyimpannya ke lantai atas jika rumahnya bertingkat.

2. Matikan seluruh aliran listrik di rumah

Daerahmu Terdampak Banjir? Jangan Lupakan 7 Hal Penting Ini!Pexels.com/Pixabay

Air merupakan media penghantar listrik yang sangat baik. Oleh sebab itu, untuk mencegah korsleting listrik, ada baiknya untuk segera memutus seluruh aliran listrik di rumah ketika mendapati adanya air yang masuk.

Hal tersebut bertujuan agar ketika air sudah mencapai ketinggian tertentu, arus listrik rumah tidak akan merambat ke air yang tentunya akan membahayakan penghuni rumah.

3. Jauhi tiang-tiang listrik dan selalu kenakan alas kaki berbahan karet

Daerahmu Terdampak Banjir? Jangan Lupakan 7 Hal Penting Ini!Pixabay.com/Nature_Blossom

Selain harus waspada pada aliran listrik dalam rumah, korban terdampak banjir juga harus waspada akan aliran listrik yang mengalir di sekitar daerahnya. Salah satu benda yang harus dihindari ketika banjir menerjang yaitu tiang listrik.

Tiang listrik menjadi berbahaya karena aliran listrik yang tetap mengalir pada tiang tersebut mampu membuat orang yang berada di sekitarnya tersetrum hingga menyebabkan kematian!

Oleh sebab itu, ada baiknya, jika korban banjir terpaksa harus keluar rumah, hindari tiang listrik dan selalu memakai alas kaki berbahan karet agar terhindar dari arus listrik yang menyebar.

Baca Juga: 7 Teknik Medis Pertolongan Darurat yang Bisa Menyelamatkan Orang Lain

4. Jangan berenang di air banjir karena berbahaya!

Daerahmu Terdampak Banjir? Jangan Lupakan 7 Hal Penting Ini!Unsplash.com/Peace Itimi

Ketika banjir melanda, pasti ada saja orang-orang, terutama anak-anak, yang dengan sukacita berenang seakan-akan sedang berada di kolam renang. Padahal, berenang di air banjir justru menyimpan sejuta bahaya, lho.

Bahaya yang mengintai, mulai dari penyebaran penyakit akibat air kotor yang bercampur dengan material sampah hingga bahaya tersedot aliran air deras yang tentunya dapat mengancam keselamatan. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk tidak berenang secara sengaja ketika banjir, ya!

5. Waspada hewan-hewan buas yang terlepas

Daerahmu Terdampak Banjir? Jangan Lupakan 7 Hal Penting Ini!Pixabay.com/musthaqsms

Belakangan ini, ramai perbincangan mengenai ular kobra yang ditemukan di berbagai tempat di Jakarta. Nah, banjir kali ini juga berpotensi membawa bahaya yang sama.

Air yang naik ke badan jalan dapat menyebabkan lepasnya berbagai jenis hewan ke jalanan. Oleh sebab itu, selain harus waspada pada benda-benda mati, masyarakat juga dituntut untuk waspada dengan hewan-hewan berbahaya tersebut.

6. Segera mengungsi ke tempat yang sudah disediakan pemerintah jika ketinggian air terus bertambah

Daerahmu Terdampak Banjir? Jangan Lupakan 7 Hal Penting Ini!Unsplash.com/Piyush Priyank

Jika ketinggian air terus bertambah, sangat disarankan agar korban terdampak banjir segera mengungsi ke tempat-tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Sebenarnya, masyarakat juga sudah harus mengungsi jika merasakan berbagai gejala penyakit agar dapat ditangani secara lebih intensif. Jadi, sebisa mungkin, jangan memaksakan diri untuk tinggal di rumah ketika banjir melanda, ya!

7. Pantau terus berita tentang banjir di daerahmu lewat media-media terpercaya!

Daerahmu Terdampak Banjir? Jangan Lupakan 7 Hal Penting Ini!Unsplash.com/Austin Distel

Ini salah satu hal wajib ketika banjir melanda. Tunggulah berita resmi dari media-media terpercaya mengenai update terkini mengenai bencana tersebut.

Jangan mudah percaya pada informasi yang tersebar secara berantai tanpa adanya sumber yang jelas. Hal tersebut bertujuan agar tidak tersebarnya berita salah atau bohong yang dapat menimbulkan kecemasan maupun kepanikan di kalangan masyarakat yang terdampak banjir.

Itu dia tujuh hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh korban terdampak banjir agar tetap selamat hingga banjir mereda. Tetap utamakan keselamatan diri, ya!

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Pertolongan Pertama, Bisa Berbahaya!

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Dreamer with unrealistic mind

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya