Comscore Tracker

5 Mindset Tak Sehat Ini Bikin Dirimu Gak Berkembang!

Kurang-kurangin ini deh bermindset seperti ini

Self-sabotage adalah salah satu negativity yang tanpa sadar sering hadir dalam masing-masing individu. Self-sabotage biasanya hadir dalam bentuk mindset yang terus-menerus menjadi mantra untuk mencegahmu dari meraih impian atau berkembang. Sederhananya kumpulan mindset tersebut menyabotase dirimu agar tak berjalan maju.

Setiap kali ada momen tak terduga yang tak diinginkan, kamu cenderung menutup-nutupinya (sugar-coating) agar terkesan baik-baik saja dan mudah “diterima” oleh dirimu sendiri.

Nyatanya, hal tersebut adalah tindakan tak sehat yang bisa merugikanmu. Seperti halnya 5 mindset tak sehat berikut yang acap kali bersemayam dalam pikiran dan membawa pengaruh negatif.

1. “Tenang, masih banyak waktu. Nanti saja”

5 Mindset Tak Sehat Ini Bikin Dirimu Gak Berkembang!Unsplash.com/Aricka Lewis

Sebagai seorang manusia kita diberkahi kehidupan hanya sekali. Kehidupan terus berjalan dan seolah-olah berlalu begitu saja dalam sekali kedipan. Ada banyak sekali waktu dan kesempatan yang terbuang sia-sia apabila kamu tak bertindak proaktif dalam membangun masa depanmu selagi muda.

Terlalu lama dalam memutuskan apa yang kamu inginkan dan selalu menunda-nunda aksi untuk mewujudkankannya, bisa jadi kamu malah melewatkan kesempatan berharga yang tak pernah kamu dapatkan kembali.

Jika kamu selalu bermindset seperti ini, ada kemungkinan suatu saat kamu akan menyesal ketika mendapati pilihan dan kesempatan emas tersebut tak lagi ada. Just do it now!

2. “Aku ikuti arus saja. Apa yang ada aku terima”

5 Mindset Tak Sehat Ini Bikin Dirimu Gak Berkembang!Unsplash.com/Brooke Cagle

Menjalani kehidupan dengan prinsip “go with the flow”, sama dengan membiarkan dirimu terus-menerus mendekam dalam zona aman. Di mana kamu terbiasa nyaman dan terjaga dari beragam tantangan yang sejatinya mengasah kemajuan diri. Kamu membiarkan segala sesuatunya terjadi begitu saja dan pasrah apa pun adanya.

Percayalah, hidupmu tak akan berubah sesuai keinginan apabila kamu sendiri tak memulai ikut campur tangan dan beraksi secara nyata. Begitu pula dengan kesuksesan yang kamu idamkan tak pula akan terbangun dengan sendirinya. Dare yourself to take a risk!

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Ingat Saat Sedang Mengalami Kegagalan

3. “Aku belum siap, tunggu waktu yang tepat saja”

5 Mindset Tak Sehat Ini Bikin Dirimu Gak Berkembang!Unsplash.com/Allef Vinicius

Mempersiapkan rencana sematang mungkin sebelum menghadapi sesuatu itu lebih baik daripada tak sama sekali. Namun sayangnya terkadang kamu menghabiskan banyak waktu untuk menunggu momen yang paling tepat untuk mulai mengerjakannya.

Over-thinking dan self-criticism biasanya menahan lajumu untuk segera beraksi, maka tak heran bila yang lain sudah jauh didepan, kamu tetap jalan di tempat. There is no perfect time. The time is now, or never.

4. “Itu bukan salahku kok”

5 Mindset Tak Sehat Ini Bikin Dirimu Gak Berkembang!unsplash.com/Tim Gouw

Menyalahkan orang lain atas kesalahanmu sendiri adalah sebuah mindset yang sangat tak sehat. Kesampingkan ego dan beranikan diri untuk mengakui kesalahan. Karena dari kesalahan tersebut kamu bisa mendapatkan pembelajaran yang berguna di waktu selanjutnya, salah satunya ialah tanggung jawab.

Mempertanggung jawabkan kesalahan dan kegagalan akan menjadikanmu lebih respek pada diri sendiri dan mendorongmu untuk membuat pilihan yang lebih baik.

5. “Aku takut dengan perubahan. Cari aman aja deh”

5 Mindset Tak Sehat Ini Bikin Dirimu Gak Berkembang!pexels.com./Do Trung

Kebiasaan, gaya hidup, mindset, dan rutinitas yang selama ini kamu jalani sudah menjadi bagian dari hidupmu hingga rasanya sulit untuk menerima perubahan baru diluar zona nyaman tersebut. Perubahan memang bisa menjadi hal yang begitu mengintimidasi. Namun, justru keterbukaan terhadap perubahan dapat membuka jalan bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Fase kehidupan terus berubah, jika kamu terus menutup diri dari perubahan, akan sulit bagimu untuk menghadapi tiap fase kehidupan tersebut bahkan untuk mewujudkan impianmu sendiri.

Demikian itu tadi 5 mindset tak sehat yang berpeluang besar menghambat pertumbuhan untuk menjadi pribadi lebih baik. Mulai sekarang, yuk biasakan diri untuk menanamkan mindset positif.

Baca Juga: 5 Mindset Ini Harus Dimiliki Pejuang Kesuksesan, Biar Gak Mudah Ngeluh

Anna Mei Photo Community Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You